Powered By Blogger

Saturday 11 May 2013

ABSTRAK PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN ASSURANCE RELEVANCE INTEREST ASSESSMENT SATISFACTION (PUZZLE VS VIDEO) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA TENTANG EKOSISTEM DI MAN 8 JAKARTA


ABSTRAK PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN ASSURANCE RELEVANCE INTEREST ASSESSMENT SATISFACTION (PUZZLE VS VIDEO) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA TENTANG EKOSISTEM DI MAN 8 JAKARTA

ROSID MARWANTO. Pengaruh Strategi Pembelajaran Assurance Relevance Interest Assessment Satisfaction (Puzzle Vs Video) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa tentang Ekosistem di MAN 8 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta. 2013.

Salah satu permasalahan pembelajaran adalah lemahnya proses pembelajaran, sehingga siswa akan bosan dalam pembelajaran. Oleh karena itu, dalam proses pembelajaran harus menggunakan strategi pembelajaran yang menyenangkan seperti ARIAS. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh strategi pembelajaran ARIAS dan media pembelajaran puzzle dengan strategi pembelajaran ARIAS dan media pembelajaran video terhadap hasil belajar kognitif siswa tentang ekosistem di MAN 8 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 8 Jakarta pada bulan November 2012. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen (Post test-only Group Design). Sampel penelitian yang digunakan adalah siswa kelas X.1 dan X.3 masing-masing 30 siswa dengan simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes berupa soal pilihan ganda dengan lima pilihan jawaban. Berdasarkan hasil perhitungan didapatkan rata-rata hasil belajar kognitif siswa di kelas eksperimen dengan puzzle sebesar 74,03, sedangkan rata-rata hasil belajar kognitif siswa di kelas kontrol dengan video sebesar 61,93. Uji prasyarat analisis yang digunakan adalah uji normalitas dengan uji Kolmogorov–Smirnov dan uji homogenitas dengan uji F. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh data berasal dari populasi berdistribusi normal dan homogen. Pengujian hipotesis menggunakan uji t pada Ī± = 0,05 diperoleh hasil t hitung > t tabel (1,91 > 1,67), maka tolak H0 yang berarti hasil belajar kognitif siswa tentang ekosistem menggunakan strategi pembelajaran ARIAS dan media pembelajaran puzzle lebih tinggi dibandingkan dengan strategi pembelajaran ARIAS dan media pembelajaran video.

Kata kunci :    ARIAS, ekosistem, kognitif, siswa  

No comments:

Post a Comment