Powered By Blogger

Friday 10 May 2013

ADAKAH CATATAN FOSIL YANG MEMBUKTIKAN TEORI EVOLUSI?


ADAKAH CATATAN FOSIL YANG MEMBUKTIKAN TEORI EVOLUSI?

Menurut teori evolusi, evolusi dari satu spesies ke spesies lain berlangsung secara bertahap, sedikit demi sedikit dlam jangka waktu jutaan tahun. Kesimpulan logis dari klaim ini adalah bahwa seharusnya pernah terdapat sangat banyak organisme hidup yang disebut “bentuk transisi” selama periode perubahan yang panjang ini. Karena evolusionis berpendapat bahwa semua makhluk hidup berevolusi dari makhluk hidup lain melalui perubahan bertahap, maka seharusnya mereka muncul dalam jumlah dan variasi sampai jutaan.

Jika binatang-binatang seperti ini memang pernah ada, maka kita seharusnya menemukan sisa-sisa mereka di mana-mana. Malah, jika tesis ini benar, jumlah bentuk-bentuk transisi antara ini pun semestinya jauh lebih besar daripada spesies binatang masa kini dan sisa-sisa mereka seharusnya ditemukan di seluruh penjuru dunia.

Semenjak Darwin, evolusionis telah mencari fosil-fosil dan hasil-hasilnya bagi mereka lebih merupakan kekecewaan yang mendalam. Tidak pernah ditemukan di manapun di dunia baik di daratan maupun di kedalaman laut bentuk transisi antara apa pun dari dua spesies.

Darwin sendiri sadar akan ketiadaan bentuk-bentuk peralihan ter-sebut. Ia berharap bentuk-bentuk peralihan itu akan ditemukan di masa mendatang. Namun di balik harapan besarnya ini, ia sadar bahwa rin-tangan utama teorinya adalah ketiadaan bentuk-bentuk peralihan. Kare-na itulah dalam buku The Origin of Species, pada bab “Difficulties of the Theory” ia menulis:

… Jika suatu spesies memang berasal dari spesies lain melalui perubahan sedikit demi sedikit, mengapa kita tidak melihat sejumlah besar bentuk transisi di mana pun? Mengapa alam tidak berada dalam keadaan kacau-balau, tetapi justru seperti kita lihat, spesies-spesies hidup dengan bentuk sebaik-baiknya?.... Menurut teori ini harus ada bentuk-bentuk peralihan dalam jumlah besar, tetapi mengapa kita tidak menemukan mereka terkubur di kerak bumi dalam jumlah tidak terhitung?.... Dan pada daerah peralihan, yang memiliki kondisi hidup peralihan, mengapa sekarang tidak kita temu-kan jenis-jenis peralihan dengan kekerabatan yang erat? Telah lama kesulit-an ini sangat membingungkan saya.

Darwin memang layak untuk khawatir. Masalah ini pun menggang-gu evolusionis lain. Seorang ahli paleontologi Inggris ternama, Derek V. Ager, mengakui fakta ini meskipun dirinya seorang evolusionis:

Jika kita mengamati catatan fosil secara terperinci, baik pada tingkat ordo maupun spesies, maka yang selalu kita temukan bukanlah evolusi bertahap, namun ledakan tiba-tiba satu kelompok makhluk hidup yang disertai kepunahan kelompok lain.

Kekosongan dalam catatan fosil tidak dapat dijelaskan dengan la-munan bahwa belum cukup banyak fosil yang digali dan bahwa fosil yang hilang ini akan ditemukan suatu hari. Seorang evolusionis ahli pale-ontologi, T. Neville George mejelaskan alasannya:

Tidak ada gunanya lagi menjadikan keterbatasan catatan fosil seba-gai alasan. Entah bagaimana, catatan fosil menjadi berlimpah dan hampir tidak dapat dikelola, dan penemuan bermunculan lebih cepat dari pengin-tegrasian... Bagaimanapun, akan selalu ada kekosongan pada catatan fosil. 

No comments:

Post a Comment