Powered By Blogger

Tuesday 7 May 2013

ISOLASI PRAZIGOT


ISOLASI PRAZIGOT

Adalah isolasi yang menyebabkan dua spesies tidak dapat kawin, atau isolasi yang menghalangi terjadinya fertilisasi. Berdasarkan penyebabnya isolasi prazigot dibagi menjadi 5 yaitu sebagai berikut:

a. Isolasi temporal yang disebabkan oleh adanya perbedaan masa kawin atau kematangan gamet terjadi pada saat yang berbeda. Contohnya : Lalat buah Drosophilla pseudobscura memiliki masa kawin di sore hari sedangkan Drosophilla pseusimilis memiliki masa kawin di pagi hari.

b. Isolasi ekologi, disebabkan karena 2 spesies yang berkerabat dekat terdapat di daerah geografi yang sama, namun di habitat yang berbeda. Contohnya , katak pohon kawin di danau yang tidak permanen (kubangan) sedangkan katak banteng kawin di danau atau badan air yang lebih besar / permanen.

c. Isolasi perilaku, disebabkan karena adanya perbedaan perilaku tertentu atau ritual yang berbeda – beda pada masa kawin, dan perilaku tersebut hanya dapat dimengerti oleh pasangan dari spesies yang sama sehingga spesies lain tidak mengerti, sehingga tidak terjadi perkawinan. Contohnya burung bower Australia jantan , akan menghiasi sarangnya untuk menarik perhatian betinanya, setelah betina memasuki sarang maka jantan akan menari dan memainkan nada – nada kicauan setelah ritual selesai maka terjadilah perkawinan dikarenakan pasangan dari satu spesies ini saling mengerti.

d. Isolasi mekanik, disebabkan karena adanya perbedaan struktur kelamin, perbedaan anatomi atau morfologi membuat dua spesies yang berbeda tidak dapat kawin. Contohnya pada tumbuhan sage hitam, memiliki struktur bunga yang kecil sehingga hanya bisa dipolinasi oleh lebah kecil, sedangkan tumbuhan sage putih memiliki struktur bunga yang besar sehingga hanya bisa dipolanasi oleh lebah yang besar.

e. Isolasi gamet , disebabkan karena adanya perbedaan susunan molekul dan kimiawi yang berbeda antara dua gamet. Contoh pada ikan, ikan yang meletakkan telurnya diair tidak akan dibuahi oleh sperma dari spesies yang berbeda karena selaput sel telur mengandung protein tertentu yang hanya dapat mengikat molekul sel sperma dari spesies yang sama.

5 comments: