Powered By Blogger

Friday 10 May 2013

MANFAAT MEMBEKUNYA AIR DARI ATAS


MANFAAT MEMBEKUNYA AIR DARI ATAS

Salah satu sifat air yang paling menarik dan paling penting adalah bahwatidak seperti senyawa lainair berwujud padat itu lebih ringan daripada air berwujud cair, sehingga es lebih ringan dari air. Oleh sebab itu, laut mulai membeku dari atas karena lapisan beku lebih ringan dari-pada air di bawahnya. Dengan demikian, risiko pembekuan seluruh laut-an, yang dapat berakibat lenyapnya kehidupan, tidak akan terjadi. Lapis-an beku yang naik ke permukaan itu menjadi penyekat antara cuaca dingin di luar dan air di bawah.

Andaikan es lebih berat daripada air (seperti yang umumnya terjadi pada zat lain), laut akan mulai membeku dari bawah. Pada kondisi ini, penyekatan seperti yang disebut di atas tidak akan terjadi dan seluruh lautan akan membeku, sehingga kehidupan di air akan musnah. Karena volume es lebih luas daripada volume air untuk massa yang sama, lautan yang membeku akan membutuhkan ruang yang lebih besar dari sebelumnya dan akan menyebabkan air di permukaan naik dan meluap.

Selain itu, air itu paling berat pada suhu 4oC. Fakta ini sangat penting bagi kehidupan. Di lautan, air yang mencapai suhu 4oC akan tenggelam ke dasar karena merupakan badan air yang terberat. Karena alasan ini, pada lautan yang tertutupi gunung es, dasarnya akan selalu berwujud ca-ir dan memiliki suhu 4oC, dan di situ makhluk hidup masih bisa bertahan. Hal yang hampir serupa terjadi pada musim dingin. Bagian dasar danau dan sungai yang ditutupi lapisan es tetap dapat mendukung kehidupan. 

No comments:

Post a Comment