Powered By Blogger

Monday 6 May 2013

MEKANISME EVOLUSI KHAYALAN


MEKANISME EVOLUSI KHAYALAN

Butir penting kedua yang menyangkal teori Darwin adalah bahwa kedua konsep yang dikemukakan ol eh teori ini sebagai mekanisme evolusioner diketahui, pada kenyataannya, tidak memiliki kekuatan evolusioner.

Darwin melandaskan anggapan evolusi sepenuhnya pada mekanisme seleksi alam. Kepentingan yang diletakkannya pada mekanisme ini sangat nyata pada judul bukunya: The Origin of Species, By Means of Natural Selection (Asal - Usul Spesies, Melalui Seleksi Alam… ).

Seleksi alam berpandangan bahwa makhluk hidup yang lebih kuat dan lebih sesuai dengan kondisi alam habitatnya akan bertahan dalam pertarungan untuk hidup. Misalnya, dalam sebuah kawanan rusa yang terancam oleh serangan bintang buas, mereka yang mampu berlari lebih kencang akan bertahan hidup. Maka, kawanan rusa akan terbentuk dari individu-individu yang lebih cepat dan lebih kuat. Namun, tak diragukan, mekanisme ini tidak akan membuat rusa berevolusi dan mengubah dirinya menjadi spesies makhluk hidup lainnya, misalnya, rusa.

Karenanya, mekanisme seleksi alam tidak memiliki kekuatan evolusioner. Darwin juga menyadari fakta ini dan terpaksa menyatakan dalam bukunya The Origin of Species:

Seleksi alam tidak dapat melakukan apa pun hingga variasi yang menguntungkan berkesempatan terjadi.

No comments:

Post a Comment