Monday, 10 March 2014

KISI-KISI PENULISAN SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER 2 KELAS IX SMP BAHASA INGGRIS TAHUN PELAJARAN 2013-2014

KISI-KISI PENULISAN SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER 2

Jenis Sekolah     : SMP/MTs
Mata Pelajaran   : Bahasa  Inggris
Acuan                : KTSP
Alokasi Waktu   : 120’
Jumlah Soal        : 50
Bentuk Soal       : Pilihan Ganda
Bahan Kelas      : 9 (sembilan) Semester 2

NO
KOMPETENSI DASAR
BAHAN SEMESTER
MATERI
INDIKATOR
NOMOR SOAL

1
Berbicara
9.1  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur mengungkapkan kesantunan

9/2
Ungkapan Kesantunan
-       Menentukan makna ungkapan
Disajikan sebuah dialog singkat yg memuat ungkapan kesantunan yg digaris bawahi, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang maksud dari ungkapan tersebut dengan tepat.
1
Ungkapan kesantunan
-       Menentukan informasi tersirat
Disajikan sebuah dialog yang sama tentang mengungkapkan kesantunan, , siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi  tersirat  dari dialog  tersebut
2
2
Berbicara
9.2 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: memberi berita yang menarik perhatian dan memberi komentar terhadap berita
9/2
Ungkapan memberi berita dan komentar terhadap berita
-       Menentukan informasi  tertentu
Disajika dialog tentang ungkapkan memberi berita dan komentar terhadap berita , siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi tertentu dari dialog  tersebut
3
Ungkapan memberi berita dan komentar terhadap berita
-       Menentukan informasi rinci
Disajikan sebuah dialog tentang ungkapkan memberi berita dan komentar terhadap berita , siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi rinci dari dialog  tersebut
4
Ungkapan memberi berita dan komentar terhadap berita
-       Menentukan informasi tersirat
Disajikan sebuah dialog tentang ungkapkan memberi berita dan komentar terhadap berita , siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi tersirat dari dialog  tersebut
5
3
Membaca
11.2  Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

9/2
Notice/Caution
-        Menentukan makna
Disajikan sebuah Notice/Caution di tempat wisata, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang makna dari  notice/caution tersebut.
6

4
Membaca
11.2  Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

9/2
Invitation card
-       Menentukan informasi tertentu
Disajikan teks fungsional pendek bentuk invitation mengenai kegiatan di sekolah, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi tertentu dari teks tersebut
7





-       Menentukan informasi tersirat
Disajikan teks fungsional pendek bentuk invitation mengenai kegiatan di sekolah, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi tersirat dari teks tersebut
8

5
Membaca
11.2     Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

9/2
Greeting card
-       Menentukan informasi tersirat
Disajikan teks fungsional pendek bentuk greeting card mengenai ucapan selamat memenangkan perlombaan tertentu, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi tersirat dari teks tersebut
9

-        Menentukan makna kata
Disajikan sebuah  kutipan kalimat dari teks fungsional pendek bentuk greeting card mengenai ucapan selamat memenangkan perlombaan tertentu dengan salah satu kata digaris bawahi, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang makna kata tersebut
10

6
Membaca
11.2     Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

9/2
Short Message
-       Menentukan informasi rinci
Disajikan teks fungsional pendek bentuk short message mengenai  kegiatan sekolah, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi rinci dari teks tersebut

11
-       Menentukan informasi tersirat
Disajikan teks fungsional pendek bentuk short message mengenai  kegiatan sekolah, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi tersirat dari teks tersebut

12
7
Membaca
11.2      Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

9/2
Announcement
-       Menentukan gambaran umum
Disajikan teks fungsional pendek announcement kegiatan di sekolah/ekstrakurikuler , siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang gambaran umum dari teks tersebut
13

-   Menentukan informasi rinci

Disajikan teks fungsional pendek announcement kegiatan di sekolah/ ekstrakurikuler , siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi rinci dalam teks tersebut
14

-   Menentukan makna kata
Disajikan sebuah  kutipan kalimat dari teks fungsional pendek bentuk  announcement  kegiatan di sekolah / ekstrakurikuler dengan salah satu kata digaris bawahi, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang makna kata tersebut
15
8
Membaca
11.2     Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

9/2
Advertisement
-   Menentukan informasi tertentu


Disajikan teks fungsional pendek bentuk advertisement tentang diklat pelatihan,  siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi tertentu dalam teks tersebut
16

-   Menentukan tujuan komunikatif teks
Disajikan teks fungsional pendek bentuk advertisement tentang diklat pelatihan,  siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang tujuankomunikasi teks tersebut
17

-   Menentukan informasi tersirat



Disajikan teks fungsional pendek bentuk advertisement tentang diklat pelatihan,  siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi tersirat  dalam teks tersebut
18

9
Membaca
11.2     Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
9/2
Schedule
-   Menentukan informasi rinci
Disajikan teks fungsional pendek bentuk schedule tentang kegiatan wisata,  siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi rinci dalam teks tersebut
19

-  Menentukan nformasi tersirat
Disajikan teks fungsional pendek bentuk schedule tentang kegiatan wisata,  siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi tersirat dalam teks tersebut
20

10
Membaca
11.2     Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
9/2
Personal Letter/e-mail
-   Menentukan gambaran umum
Disajikan teks fungsional pendek  personal letter/e-mail berkaitan dengan pengalaman berlibur sekolah, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang gambaran umum dari teks tersebut
21

-  Menentukan informasi tertentu
Disajikan teks fungsional pendek  personal letter/e-mail berkaitan dengan pengalaman berlibur sekolah, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang gambaran umum dari teks tersebut
22

-   Menentukan pikiran utama
Disajikan teks fungsional pendek  personal letter/e-mail berkaitan dengan pengalaman berlibur sekolah, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang pikiran utama sebuah paragraph dalam teks tersebut
23


11
Membaca
11.3     Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan report

9/2
Narrative text
-  Menentukan informasi rinci
Disajikan teks narrative  tentang sebuah legenda , siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi rinci yang terdapat dalam teks tersebut
24
-  Menentukan informasi tersirat
Disajikan teks narrative  tentang sebuah legenda ,  siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi tersirat yang terdapat dalam teks tersebut

25
-  Menentukan makna kata
Disajikan sebuah  kutipan kalimat dari teks narrative  tentang sebuah legenda, dengan salah satu kata  digaris bawahi, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang makna kata tersebut.
26
-  Menentukan pesan moral
Disajikan teks narrative  tentang sebuah legenda,  siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang pesan moral yang terdapat dalam teks tersebut
27



12
Membaca
11.3Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan report

9/2
Report Text
-       Menentukan informasi rinci
Disajikan teks report tentang binatang, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi rinci dari  teks tersebut
28

-       Menentukan pikiran utama suatu paragraph
Disajikan teks report tentang binatang, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang pikiran utama suatu paragraph dalam teks tersebut
29

-        Menentukan informasi tersirat
Disajikan teks report tentang binatang , siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang  informasi tersirat dalam teks tersebut

30

-        Menentukan rujukan kata
Disajikan sebuah  kutipan kalimat dari teks report  tentang binatang, dengan salah satu kata ganti digaris bawahi, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang rujukan kata tersebu
31

13
Membaca
11.3Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan report

9/2
Narrative text
-        Menentukan  gambaran umum
Disajikan teks narrative  tentang sebuah fabel , siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang gambaran umum dari  teks tersebut
32

-        Menentukan pikiran utama
Disajikan teks narrative  tentang sebuah fabel,  siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang pikiran utama sebuah paragraph dalam  teks tersebut

33
-        Menentukan informasi rinci
Disajikan teks narrative  tentang sebuah fabel,  siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentanginformasi rinci dalam  teks tersebut

34




-        Menentukan makna kata
Disajikan sebuah  kutipan kalimat dari teks narrative  tentang sebuah cerita fabel, dengan salah satu kata  digaris bawahi, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang makna kata tersebut
35
-        Menentukan pesan moral
Disajikan teks narrative  tentang sebuah cerita fabel, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang pesan moral dari  teks tersebut

36
14
Menulis
12.2 Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan report
9/2
Kata acak -  Kalimat simple past continous tense dari teks naratif (6-9 kata)
Disajikan satu kalimat sederhana dari teks naratif yang kata - katanya diacak, siswa dapat menentukan susunan yang tepat dari kata-kata yang diacak tersebut menjadi kalimat simple past continous yang bermakna
37

Kata acak -  Kalimat kompleks dari teks report (6-9 kata)
Disajikan satu kalimat sederhana dari teks report  yang kata - katanya diacak, siswa dapat menentukan susunan yang tepat dari kata-kata yang diacak tersebut menjadi kalimat yang bermakna
38

15
Menulis
12.2 Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan report
9/2
Rumpang text narrative
 -   Kata kerja
Disajikan teks narrative sederhana berbentuk rumpang, siswa dapat menentukan kata kerja yang tepat untuk melengkapinya
39
-       Kata ganti
Disajikan teks narrative sederhana berbentuk rumpang, siswa dapat menentukan kata ganti yang tepat untuk melengkapinya
40
-       Kata keterangan
Disajikan teks narrative  sederhana berbentuk rumpang, siswa dapat menentukan kata keterangan yang tepat untuk melengkapinya
41
16
Menulis
12.2 Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan report
9/2
Rumpang text report
 -   Kata kerja
Disajikan teks report sederhana berbentuk rumpang, siswa dapat menentukan kata kerja yang tepat untuk melengkapinya
42

-       Kata sifat
Disajikan teks report sederhana berbentuk rumpang, siswa dapat menentukan kata sifat  yang tepat untuk melengkapinya
43

-        Kata ganti
Disajikan teks report  sederhana berbentuk rumpang, siswa dapat menentukan kata ganti yang tepat untuk melengkapinya
44

17
Membaca
11.3Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan report

9/2
Teks Report
-        Topik sebuah paragarph
Disajikan teks report tentang kegiatan budaya tertentu, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang topik sebuah paragraph  dari teks tersebut
45
-        Menentukan rujukan kata
Disajikan sebuah  kutipan kalimat dari teks report  tentang kegiatan budaya tertentu, dengan salah satu kata ganti digaris bawahi, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang rujukan kata tersebut

46
-        Menentukan informasi rinci
Disajikan teks report tentang kegiatan budaya tertentu, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi rinci dalam  teks tersebut


47
-        Menentukan informasi tersirat
Disajikan teks report tentang kegiatan budaya tertentu, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi tersirat dalam  teks tersebut

48
18
Menulis
12.2 Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan report
9/2
Kalimat acak menjadi sebuah paragraph/teks narrative yang padu
Disajikan satu paragraf/teks dari teks naratif yang kalimat-kalimatnya diacak, siswa dapat menentukan susunan yang tepat dari kalimat yang diacak tersebut menjadi sebuah paragraph/teks yang padu
49

Kalimat acak menjadi sebuah paragraph/teks report yang padu
Disajikan satu paragraf/teks dari teksreport  yang kalimat-kalimatnya diacak, siswa dapat menentukan susunan yang tepat dari kalimat yang diacak tersebut menjadi sebuah paragraph/teks yang padu
50





















No comments:

Post a Comment