Thursday, 10 April 2014

TATA TERTIB PENGAWAS RUANG UJIAN SEKOLAH

YAYASAN TAMAN PENDIDIKAN SITI SARI
SMP JAKARTA 2
Jl. Cempaka Baru Tengah No. 1-3 RT. 06/006 Jakarta Pusat 10640
Telp. (021) 4210272 email: smpjakarta2@gmail.com

TATA TERTIB PENGAWAS RUANG
UJIAN SEKOLAH
TAHUN PELAJARAN 2013/2014

1. Persiapan                                                                
a.  Tiga puluh menit sebelum US/M dimulai, Pengawas Ruang US/M telah hadir di lokasi.
b.  Pengawas Ruang US/M menerima penjelasan dan pengarahan dari Penanggungjawab Penyelenggaraan US/M.
c.  Pengawas Ruang US/M menerima bahan US/M dari Penanggungjawab Penyelenggaraan US/M berupa Paket Soal, LJUS/M, Amplop LJUS/M, Daftar Hadir, dan Berita Acara Pelaksanaan US/M.

2. Pelaksanaan
a.  Pengawas Ruang US/M masuk ke dalam ruang US/M 20 menit sebelum waktu pelaksanaan dan memeriksa kesiapan ruang US/M.
b.  Pengawas Ruang US/M meminta peserta US/M untuk memasuki ruang US/M dengan menunjukkan kartu peserta US/M, dan menempati tempat duduk sesuai nomor yang telah ditentukan.
c.  Pengawas Ruang US/M memeriksa setiap peserta US/M untuk tidak membawa tas, buku atau catatan lain, alat komunikasi elektronik, kalkulator dan sebagainya ke dalam ruang US/M kecuali alat tulis yang akan digunakan.
d.  Pengawas Ruang US/M membacakan Tata Tertib US/M setiap pelaksanaan US/M.
e.  Pengawas Ruang US/M meminta peserta US/M menandatangani Daftar Hadir US/M.
f.  Pengawas Ruang US/M membagikan LJUS/M kepada peserta dan memandu serta memeriksa pengisian identitas peserta US/M (nomor US/M, nama, tanggal lahir, dan tanda tangan) sebelum waktu US/M dimulai.
g.  Setelah seluruh peserta US/M selesai mengisi identitas, Pengawas Ruang US/M membuka amplop paket soal, memeriksa kelengkapan bahan US/M, dan meyakinkan bahwa amplop tersebut dalam keadaan baik dan tertutup rapat (disegel), disaksikan oleh peserta US/M.
h.  Pengawas Ruang US/M membagikan paket soal US/M dengan cara meletakkan di atas meja peserta US/M dalam posisi tertutup (terbalik). Peserta US/M tidak diperkenankan untuk menyentuhnya sampai tanda waktu US/M dimulai.
i.   Pengawas Ruang US/M mengecek kelengkapan paket soal US/M.
j.   Setelah tanda waktu mengerjakan dimulai, Pengawas Ruang US/M mempersilahkan peserta US/M untuk mulai mengerjakan soal dan mengingatkan peserta agar terlebih dahulu membaca petunjuk cara menjawab soal.
k.  Kelebihan paket soal US/M selama US/M berlangsung tetap disimpan di ruang US/M dan tidak boleh dibawa keluar ruangan sampai US/M selesai.
l.   Selama US/M berlangsung, Pengawas Ruang US/M wajib menjaga ketertiban dan ketenangan suasana sekitar ruang US/M, memberi peringatan dan sanksi kepada peserta yang melakukan kecurangan, serta melarang orang lain yang tidak berkepentingan memasuki ruang US/M.
m. Pengawas Ruang mencatat setiap kejadian termasuk kecurangan selama penyelenggaraan US/M di dalam Berita Acara Pelaksanaan US/M.
n.  Pengawas Ruang US/M dilarang memberi isyarat, petunjuk, dan bantuan apapun kepada peserta berkaitan dengan jawaban dari soal US/M yang diujikan.
o.  Lima menit sebelum waktu US/M selesai, Pengawas Ruang US/M memberi peringatan kepada peserta US/M bahwa waktu tinggal lima menit.
p.  Setelah waktu US/M selesai, Pengawas Ruang US/M mempersilakan peserta untuk berhenti mengerjakan soal. Pengawas mengumpulkan LJUS/M dan Paket Soal US/M. Peserta US/M dipersilahkan meninggalkan ruang US/M, setelah pengawas menghitung jumlah LJUS/M sama dengan jumlah peserta US/M.
q.  Pengawas Ruang US/M menyusun secara urut LJUS/M dari nomor peserta terkecil, dan memasukkannya ke dalam amplop LJUS/M disertai dengan Daftar Hadir Peserta, dan kemudian ditutup dan dilak serta ditandatangani oleh Pengawas Ruang US/M di dalam ruang US/M.
r.   Pengawas Ruang US/M menandatangani Berita Acara Pelaksanaan US/M yang berisi catatan kejadian selama US/M berlangsung.

s.  Pengawas Ruang US/M menyerahkan amplop berisi LJUS/M yang sudah dilak serta Berita Acara Pelaksanaan US/M kepada Penanggung jawab US/M Satuan pendidikan.

TATA TERTIB PESERTA UJIAN SEKOLAH

YAYASAN TAMAN PENDIDIKAN SITI SARI
SMP JAKARTA 2
Jl. Cempaka Baru Tengah No. 1-3 RT. 06/006 Jakarta Pusat 10640
Telp. (021) 4210272 email: smpjakarta2@gmail.com

TATA TERTIB PESERTA
UJIAN SEKOLAH
TAHUN PELAJARAN 2013/2014

1.    Peserta US/M memasuki ruangan setelah tanda masuk dibunyikan, yakni 15 menit sebelum US/M dimulai.
2.    Peserta US/M yang terlambat hadir hanya diperkenankan mengikuti US/M setelah mendapat izin dari Penanggung Jawab Satuan Pendidikan, tanpa diberi perpanjangan waktu.
3.    Peserta US/M dilarang membawa alat komunikasi elektronik, kalkulator, tas, buku, dan catatan dalam bentuk apapun ke dalam ruang US/M.
4.    Peserta US/M membawa alat tulis menulis berupa pensil 2B, penghapus, penggaris, dan bolpoin berwarna hitam/biru serta kartu tanda peserta US/M.
5.    Peserta US/M mengisi Daftar Hadir.
6.    Peserta US/M mulai mengerjakan soal setelah ada tanda waktu mulai US/M.
7.    Peserta US/M mengisi identitas pada LJUS/M secara lengkap dan benar.
8.    Peserta US/M yang memerlukan penjelasan cara pengisian identitas pada LJUS/M dapat bertanya kepada Pengawas Ruang US/M dengan cara mengacungkan tangan terlebih dahulu.
9.    Selama US/M berlangsung, peserta US/M hanya dapat meninggalkan ruangan dengan izin dan pengawasan dari Pengawas Ruang US/M, serta tidak melakukannya berulang kali.
10.    Peserta US/M yang memperoleh Paket Soal yang cacat atau rusak, pengerjaan soal tetap dilakukan sambil menunggu penggantian Paket Soal.
11.    Peserta US/M yang meninggalkan ruangan setelah membaca soal dan tidak kembali lagi sampai tanda selesai dibunyikan, dinyatakan telah selesai menempuh/mengikuti US/M pada mata pelajaran yang terkait.
12.    Peserta US/M yang telah selesai mengerjakan soal sebelum waktu US/M berakhir tidak diperbolehkan meninggalkan ruangan sebelum berakhirnya waktu US/M.
13.    Peserta US/M berhenti mengerjakan soal setelah ada tanda berakhirnya waktu US/M.
14.    Selama US/M berlangsung, peserta US/M dilarang:
a. menanyakan jawaban soal kepada siapa pun;
b. bekerjasama dengan peserta lain;
c. memberi atau menerima bantuan dalam menjawab soal;
d. memperlihatkan pekerjaan sendiri kepada peserta lain atau melihat pekerjaan peserta lain;
e. membawa Paket Soal US/M dan LJUS/M keluar dari ruang US/M;

f. menggantikan atau digantikan oleh orang lain.

SURAT TUGAS PENGAWAS RUANG UJIAN SEKOLAH

YAYASAN TAMAN PENDIDIKAN SITI SARI
SMP JAKARTA 2
Jl. Cempaka Baru Tengah No. 1-3 RT. 06/006 Jakarta Pusat 10640
Telp. (021) 4210272 email: smpjakarta2@gmail.com

SURAT TUGAS
Nomor : 464/SMP J.2/III/2014


Ketua Panitia Ujian SMP Jakarta 2 tahun pelajaran 2013/2014 menugaskan kepada:

Nama                            : Rosid Marwanto, S.Pd
Guru Mata Pelajaran     : IPA

Untuk melaksanakan tugas sebagai Pengawas Ruang Ujian SMP Jakarta 2 pada:

Hari/Tanggal                 : - Kamis/10 April 2014
Tempat                          : SMP Jakarta 2
                                        Jl. Cempaka Baru Tengah No 1-3
Waktu                           : Pukul 07.00 – 12.00 WIB

Demikian, surat tugas ini diberikan agar dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab dan yang berkepentingan menjadi maklum.

Jakarta, 24 Maret 2014
Ketua Panitia Ujian SMP Jakarta 2




Edi Dermawan, S.Pd


SURAT TUGAS PEMBUAT SOAL UJIAN SEKOLAH

YAYASAN TAMAN PENDIDIKAN SITI SARI
SMP JAKARTA 2
Jl. Cempaka Baru Tengah No. 1-3 RT. 06/006 Jakarta Pusat 10640
Telp. (021) 4210272 email: smpjakarta2@gmail.com

SURAT TUGAS
Nomor : 463/SMP J.2/III/2014


Ketua Panitia Ujian SMP Jakarta 2 tahun pelajaran 2013/2014 menugaskan kepada:

Nama                            : Rosid Marwanto, S.Pd
Guru Mata Pelajaran     : IPA

Untuk melaksanakan tugas sebagai Pembuat naskah soal Ujian Sekolah sesuai dengan kisi-kisi yang sudah ditetapkan pada Ujian SMP Jakarta 2, yaitu:

Mata Pelajaran              : IPA
Jenis Soal                      : Pilihan Ganda
Jumlah Soal                   : 40 Soal

Demikian, surat tugas ini diberikan agar dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab dan yang berkepentingan menjadi maklum.

Jakarta, 15 Maret 2014
Ketua Panitia Ujian SMP Jakarta 2




Edi Dermawan, S.Pd




SURAT TUGAS KOREKTOR UJIAN SEKOLAH

YAYASAN TAMAN PENDIDIKAN SITI SARI
SMP JAKARTA 2
Jl. Cempaka Baru Tengah No. 1-3 RT. 06/006 Jakarta Pusat 10640
Telp. (021) 4210272 email: smpjakarta2@gmail.com

SURAT TUGAS
Nomor : 465/SMP J.2/III/2014


Ketua Panitia Ujian SMP Jakarta 2 tahun pelajaran 2013/2014 menugaskan kepada:

Nama                            : Rosid Marwanto, S.Pd
Guru Mata Pelajaran     : IPA

Untuk melaksanakan tugas sebagai Korektor I

Mata Pelajaran              : IPA
Hari/Tanggal                 : Sabtu/12 April 2014
Waktu                           : Pukul 07.00 – 12.00 WIB
Tempat                          : SMP Jakarta 2
                                        Jl. Cempaka Baru Tengah No 1-3

Demikian, surat tugas ini diberikan agar dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab dan yang berkepentingan menjadi maklum.

Jakarta, 24 Maret 2014
Ketua Panitia Ujian SMP Jakarta 2




Edi Dermawan, S.Pd


BERITA ACARA DAN DAFTAR HADIR UJIAN SEKOLAH TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014

YAYASAN TAMAN PENDIDIKAN SITI SARI
SMP JAKARTA 2
Jl. Cempaka Baru Tengah No. 1 – 3 RT. 06/006 Jakarta Pusat 10640
Telp. (021) 4210272 email: smpjakarta2@gmail.com



UJIAN SEKOLAH
TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014
BERITA ACARA DAN DAFTAR HADIR
Pada hari ini ..................... tanggal ............................... April tahun dua ribu empat belas telah diselenggarakan Ujian Sekolah sebagai berikut:
Nama Sekolah                       : .................................................... Kecamatan : ..................................
Mata Pelajaran                     : ....................................................
Kode – Kota Administrasi   :                        - Jakarta Pusat
 


Kode Sekolah                        :                                                                                       RUANG
JUMLAH PESERTA         
Terdaftar                              : ............................... Peserta Didik
Hadir                                     : ............................... Peserta Didik
Tidak Hadir                          : ............................... Peserta Didik
No.
NOMOR PESERTA
NAMA PESERTA
(isi dengan huruf cetak)
TANDA TANGAN
1.










1.
2.
2.










3.










3.
4.
4.










5.










5.
6.
6.










7.










7.
8.
8.










9.










9.
10.
10.










11.










11.
12.
12.










13.










13.
14.
14.










15.










15.
16.
16.










17.










17.
18.
18.










19.










19.
20.
20.










Keterangan                : Dibuat rangkap 2 (dua), masing-masing untuk Penyelenggara dan Tim Korektor
Petunjuk    : 1. Pengawas ruang, menuliskan nomor peserta dan nama peserta dengan lengkap.
                     2. Pengawas ruang menyilang kolom tanda tangan peserta yang tidak hadir.
                     3. Pengawas ruang, menurutkan LJUS yang sudah selesai mulai dari nomor terkecil.
Catatan Kejadian
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Jakarta, ..... April 2014
       Pengawas I                                                                                                        Pengawas II





       Nama jelas                                                                                                         Nama jelas