Wednesday, 14 May 2014

KISI KISI PENULISAN SOAL PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN ULANGAN KENAIKKAN KELAS VIII SEMESTER GENAP ( II ) TAHUN PELAJARAN 2013- 2014

KISI KISI PENULISAN SOAL
ULANGAN KENAIKKAN KELAS 
SEMESTER GENAP ( II )
TAHUN PELAJARAN 2013- 2014.
Jenjang                          : SMP
Mata Pelajaran                : Pendidikan Agama Kristen
Kelas / Semester            : VIII / II
Bentuk Soal                   : Pilihan ganda
Jumlah Soal                   : 50
NO. URUT STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR MATERI INDIKATOR NO. SOAL
1 Hidup bersyukur dalam segala situasi serta mewujudkan hidup beriman dan berpengharapan Mewujudkan kesetiaan imannya walaupun menderita Penderitaan Kristus sebagai  pengganti manusia berdosa  Dapat memperhatikan alasan Yesus Kristus menjelma menjadi manusia 1
   Dapat menunjukkan bahwa PL identik dengan korban persembahan,seperti yang dilakukan oleh : Nabi Nuh dan Abraham. 2-3
         Dapat menunjukkan alasan bahwa semua bentuk dan pelaksanaan korban manusia bertentangan dengan moral Allah. 4
        Dapat menunjukkan yang menyempurnakan bentuk korban manusia. 5
        Dapat menentukan ayat Alkitab yang menyatakan bahwa semua manusia telah jatuh ke dalam dosa . 6
        Dapat menentukan tokoh Alkitab yang dapat menebus manusia dari dosa 7
        Dapat meperhatikan apakah kasih Allah memenuhi tuntutan kasih dan keadilan Allah. 8
        Dapat memperhatikan pernyataan yang dialami Yesus sebelum disalibkan dan penderitaan Yesus setelah berada di kayu salib 9,10
      Salib sebagai peristiwa yang hina Dapat menunjukkan hukuman yang pantas diberikan kepada seorang penjahat   menurut kitab Taurat (PL) 11
      Dapat menentukan negara-negara yang melakukan hukuman penyaliban 12
      Dapat menentukan ayat-ayat Alkitab yang mengatakan bahwa salib adalah lambang kutukan, penderitaan, dan kebodohan 13,14
      Dapat memperhatikan pernyataan tentang makna salib bagi orang percaya kepada Yesus Kristus 15
      Salib sebagai kemuliaan Dapat menunjukkan alasan bahwa salib adalah kemuliaan 16,17
        Dapat memperhatikan pernyataan yang diungkapkan oleh seorang penjahat yang disalibkan disebelah kanan Yesus 18
        Dapat menentukan ayat-ayat Alkitab yang mengungkapkan bahwa setiap orang yang mengikut dia harus menyangkal diri dan memikul salib 19,20
      Makna penderitaan dalam pengertian yang benar Dapat menunjukkan  bentuk-bentuk penderitaan yang dialami manusia karena bencana alam dan cacat sejak lahir 21,22
        Dapat memperhatikan pernyataan tentang dampak positif penderitaan yang dialami manusia 23
        Dapat memperhatikan tujuan Allah mengijinkan iblis mencobai Ayub 24
        Dapat memperhatikan alasan Ayub kecewa terhadap sahabat sahabatnya. 25
        Dapat menunjukkan ucapan Ayub yang tetap memuji Tuhan meskipun dalam penderitaan. 26
      Penderitaan sebagai ketidakadilan Dapat memperhatikan  penderitaan yang disebabkan oleh orang lain 27
        Dapat memperhatikan  kepedihan hati seorang gadis adalah kesalahan diri sendiri atau orang lain 28
        Dapat menentukan tokoh Indonesia yang memperjuangkan HAM dan nyawa sebagai petaruhnya 29
        Dapat memperhatikan beberapa pernyataan Polikarpus untuk mempertahankan imannya kepada Kristus 30
    Meneladani Kristus dalam menghadapi penderitaan Kristus sebagai teladan dalam menghadapi penderitaan Dapat memperhatikan perkataan Tuhan Yesus dikayu salib untuk seorang penjahat yang disalibkan bersama-sama 31
      Dapat menentukan makna sengsara dan kematian Yesus Kristus bagi orang yang percaya kepadaNya 32
      Dapat menentukan arti kata : Eli Eli Lama Sabakhtani 33
      Contoh-contoh penderitaan yang dialami orang kristen Dapat menentukan seorang tokoh Alkitab yang rela mati dirajam dengan batu demi membela nama Kristus 34
        Dapat menentukan bentuk-bentuk penderitaan orang kristen pada saat mencari lahan dan membangun gereja 35
        Dapat menentukan sikap orang kristen dalam menghadapi tantangan dari luar saat beribadah di rumah 36
         Dapat menentukan tokoh Alkitab yang mulanya pembantai umat kristen dan akhirnya menjadi seorang penginjil dan pengikut kristus 37
        Dapat menunjukkan  sikap pelajar kristen dalam menghadapi tantangan sebagai murid Yesus Kristus disekolah. 38,39
      Makna sakramen Perjamuan Kudus.  Dapat menentukan sakramen yang diakui gereja gereja Protestan 40
       Dapat menentukan arti kata sakramen dalam bahasa Latin. 41
      Dapat memperhatikan dasar pelaksanaan perjamuan kudus. 42
       Dapat menunjukkan perjamuan kudus menurut tradisi agama Yahudi. 43
       Dapat memperhatikan makna perjamuan malam bagi kehidupan Yesus pada saat itu dan bagi kehidupan orang percaya . 44-45
       Dapat menunjukkan arti roti dan air anggur dalam perjamuan kudus. 46-47
         Dapat menunjukkan alasan mengapa Perjamuan Kudus dikatakan kebutuhan pokok hidup orang beriman. 48
         Dapat memperhatikan nasihat Rasul Paulus tentang pelaksanaan perjamuan kudus.( 1 kor 11 : 27 ) 49
         Dapat menunjukkan hal hal penting yang perlu dipahami dalam mengikuti perjamuan kudus. 50

3 comments: