Wednesday, 14 May 2014

KISI-KISI SOAL IPS ULANGAN AKHIR SEMESTER 2 KELAS VIII TAHUN PELAJARAN 2013/2014

PEMERINTAH PROPINSI DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA
DINAS PENDIDIKAN
MUSYAWARAH KEPALA SEKOLAH (MKS) SMP
DKI JAKARTA
KISI-KISI ULANGAN AKHIR SEMESTER 2
TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Mata Pelajaran
: IPS

Penyusun :
Kelas / Smt
: VIII

1.   Sutarjo, SPd
Jumlah Soal
: 50 butir

2.   Drs. Warno, M.Si
Bentuk Soal        
:  Pilihan Ganda

3.   Drs. H. Subadri, MM

No
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator
No. Soal
1.
6. Memahami pranata dan penyimpangan sosial
6.1.Mendeskripsikan bentuk-bentuk hubungan sosial

Syarat terjadinya hubungan sosial
Disajikan daftar pernyataan, peserta didik dapat menentukan syarat terjadinya hubungan sosial.
1.       



Kontak sosial
Disajikan gambar tentang kontak sosial, peserta didik dapat menentukan jenis kontak sosial yang terjadi dalam gambar tersebut.
2.       



Jenis hubungan sosial
Disajikan contoh peristiwa hubungan sosial peserta didik mampu mengidentifikasi hubungan sosial tersebut.
3.       



Akomodasi
Disajikan contoh akomodasi, Peserta didik dapat menentukan jenis akomodasi seperti dalam contoh.
4.       



Bentuk-bentuk hubungan disosiatif
Disajikan gambar bentuk hubungan soaial tertentu (asosiatif/disosiatif), peserta didik dapat menentukan bentuk hubungan sosial seperti pada gambar.
5.       



Pertentangan (konflik)
Disajikan contoh pertentangan(konflik) di masyarakat, peserta didik dapat menentukan penyebab terjadinya konflik tersebut.
6.       


6.2 .Mendeskripsikan pranata sosial dalam kehidupan masyarakat
Pranata dan lembaga sosial
Peserta didik dapat menentukan kaitan pranata sosial dengan lembaga sosial.
7.       



Manfaat pranata sosial
Peserta didik dapat menentukan manfaat pranata sosial dalam masyarakat.
8.       



Ciri-ciri pranata sosial
Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menentukan ciri pranata sosial dari pernyataan tersebut.
9.       



Jenis-jenis pranata sosial
Disajikan daftar tujuan pranata sosial, peserta didik dapat menentukan tujuan pranata tertentu.
10.   



Pranata keluarga
Peserta didik dapat mengidentifikasi salah satu fungsi pokok pranata keluarga.
11.   



Peranan  pranata politik dalam masyarakat
Peserta didik dapat mengidentifikasi  peranan  pranata politik dalam kehidupan masyarakat

12.   


6.3. Mendeskripsikan upaya pengendalian penyimpangan sosial
Tujuan pengendalian sosial
Peserta didik dapat menentukan tujuan pengendalian sosial.
13.   



Bentuk penyimpangan sosial dan pengendalian sosial yang sesuai
Disajikan d bentuk penyimpangan sosial di masyarakat, peserta didik dapat menentukan bentuk pengendalian sosial yang sesuai dengan penyimpangan sosial tersebut.
14.   



Pengendalian sosial yang bersifat represif/prefentif dalam masyarakat
Peserta didik dapat mengidentifikasi pengendalian sosial yang bersifat represif/ prefentif dalam kehidupan masyarakat
15.   



Bentuk pengendalian sosial oleh lembaga pengendalian sosial
Disajikan gambar pengendalian sosial di masyarakat yang dilakukan oleh lembaga tertentu, peserta didik dapat menentukan bentuk pengendalian sosial tersebut.
16.   



Tindakan positif untuk pengendalian sosial
Peserta didik dapat menentukan contoh tindakan positif untuk pengendalian sosial.
17.   



Peranan lembaga pengendalian sosial
Disajikan daftar peranan pengendalian sosial, peserta didik dapat menentukan lembaga yang sesuai dengan peranan tersebut.
18.   

5.      Memahami usaha persiapan kemerdekaan.
5.2.Menjelaskan Proses persiapan kemerde-kaan Indonesia.
Alasan Jepang membentuk BPUPKI.
Peserta didik dapat mendeskripsikan alasan/latar belakang dibentuknya BPUPKI.
19.   




Peserta didik dapat mengidentifikasi nama tokoh yang terpilih sebagai Ketua BPUPKI.
20.   



Penyusunan dasar dan konstitusi untuk negara yang akan didirikan
Peserta didik dapat mendeskripsikan hal/materi/masalah yang dibahas pada sidang BPUPKI yang pertama.
21.   




Peserta didik dapat mendeskripsikan tugas Panitia Sembilan.
22.   




Peserta didik dapat mengidentifikasi tokoh ahli hukum tata negara yang menjadi ketua tim perancang UUD 1945.
23.   



Peranan PPKI dalam proses persiapan kemerdekaan Indonesia.
Peserta didik dapat mengidentifikasi nama tokoh yang terpilih sebagai Ketua PPKI
24.   


5.1.Mendeskripsikan peristiwa-peristiwa sekitar proklamasi dan proses terbentuknya negara kesatuan Republik Indonesia
Perbedaan perspektif antar kelompok sekitar proklamassi kemerdekaan Indonesia
Peserta didik dapat mengidentifikasi faktor perbedaan yang mendasar antara Golongan Pemuda dengan Golongan Dewasa mengenai proklamasi kemerdekaan Indonesia.
25.   




Peserta didik dapat mendeskripsikan alasan para pemuda menculiki Soekarno-Hatta ke Rengasdengklok.
26.   



Kronologi proklamasi kemerdekaan Indonesia
Disajikan daftar tata laksana upacara poklamasi kemerdekaan 1945 peserta didik dapat menentukan urutan acara yang benar.
27.   



Penyebaran berita proklamasi kemerdekaan melalui berita radio,panflet,selebaran
Peserta didik dapat mendeskripsikan media yang digunakan untuk menyebarluaskan berita proklamasi beberapa saat setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia.
28.   



Proses terbentuknya negara  dan pemerintah Republik Indonesia dengan sidang PPKI
Disajikan hasil-hasil sidang PPKI peserta didik dapat mengidentifikasi hasil sidang PPKI pertama.
29.   




Peserta didik dapat mendeskripsikan jumlah pembagian wilayah provinsi di Indonesia pada awal kemerdekaan.
30.   





Peserta didik dapat mengidentifiksi lembaga yang pada awal kemerdekaan menjalankan fungsi sebagai parlemen (DPR).
31.   



Dukungan dari berbagai daerah berupa dukungan spontan dan tindakan heroik dari berbagai daerah
Peserta didik dapat mengidentifikasi arti penting pernyataan Sri Sultan Hamengkubuwono IX pada tanggal 5 September 1945.
32.   




Peserta didik dapat mengidentifikasi dua peristiwa dukungan spontan rakyat terhadap proklamasi yang terjadi pada tanggal yang sama, yaitu tanggal 19 September 1945
33.   


7.2.Mendeskripsikan pelaku-pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian       Indonesia
Sektor usaha informal

Disajikan daftar sektor  usaha yang banyak berkembang di kota Jakarta, peserta didik dapat mengidentifikasi sektor usaha informal yang keberadaannya sangat membantu masyarakat ekonomi lemah

34.   



Perbedaan sektor usaha formal dan informal
Melalui tabel peserta didik dapat menjelaskan perbedaan sektor usaha formal dan informal dalam sistem perekonomian Indonesia
35.   



Ciri negatif yang harus dihindari dalam sistem perekonomian Indonesia
Disajikan daftar ciri-ciri sistem perekonomian, peserta didik dapat mengidentifikasi ciri negatif yang harus dihindari dalam sistem perekonomian Indonesia
36.   



Misi BUMN
Mengidentifikasi  misi didirikannya BUMN bagi kesejahteraan masyarakat
37.   



Jenis Perusahaan yang dikelola oleh BUMN
Disajikan tabel nama-nama perusahaan, peserta didik dapat menentukan jenis perusahaan yang termasuk BUMN
38.   




Pengelola perusahaan bentuk PT
Disajikan daftar pengelola perusahaan, peserta didik dapat menentukan pengelola perusahaan bentuk PT
39.   


7.3.Mendeskripsikan fungsi pajak dalam perekonomian nasional
Manfaat pajak bagi masyarakat
Menjelaskan manfaat pajak yang bisa langsung dinikmati masyaarakat umum
40.   



Pajak Negara dan Pajak Daerah
Disajikan table jenis-jenis pajak, peserta didik dapat menentukan contoh pajak yang dipungut oleh pemerintah  daerah/pajak pusat
41.   



Fungsi Pajak

Disajikan daftar fungsi-fungsi pajak, peserta didik dapat menunjukkan fungsi pajak tertentu (fungsibudgeter/fungsi regulasi/fungsi sosial/fungsi retribusi pendapatan).
42.   



Jenis pajak yang menjadi tanggungan keluarga peserta didik
Disajikan tabel jenis-jenis pajak, peserta didik dapat menunjukkan jenis pajak yang menjadi tanggungan keluarga peserta didik
43.   



Pajak langsung dan tidak langsung
Disajikan ilustrasi kegiatan usaha tertentu, peserta didik dapat menentukan pajak langsung/tidak langsung
44.   




Pajak pusat dan pajak daerah
Disajikan daftar jenis-jenis pajak, peserta didik dapat menunjukkan jenis pajak perseorangan/badan usaha.
45.   


7.4 Mendeskripsikan permintaan
dan  penawaran serta terbentuknya harga pasar
Permintaan/penawaran
Peserta didik dapat menjelaskan keterkaitan antara harga dengan jumlah permintaan/penawaran

46.   



Kurve permintaan dan kurve penawaran
Disajikan beberapa contoh kurva, peserta didik dapat menentukan bentuk kurva tertentu (permintaan/penawaran)
47.   



Proses terbentuknya harga
Menjelaskan proses terbentuknya harga pasar
48.   



Peranan konsumen terhadap pembentukan harga pasar

Peserta didik dapat menjelaskan peranan konsumen terhadap pembentukan harga pasar

49.   



Kurve harga keseimbangan

Disajikan kurva permintaan dan penawaran dalam satu gambar, peserta didik dapat menentukan letak titik harga keseimbangan
50.   


No comments:

Post a Comment