Monday, 2 March 2015

KISI-KISI UJIAN SEKOLAH PRAKTIK PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IX TAHUN PELAJARAN 2014-2015



PedomanPelaksanaanUSBNPAI2011/2012                                                                                                                    |i











PANDUAN UJIAN PRAKTIK

SATUAN PENDIDIKAN           :  SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
MATA PELAJARAN                :  PENDIDIKAN AGAMA ISLAM  
  























PEMERINTAH PROVINSI DAERAH KHUSUS IBUKOTA  JAKARTA
DINAS PENDIDIKAN PROVINSI DKI JAKARTA
TAHUN 2014-2015



KISI-KISI
UJIAN SEKOLAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
TAHUN PELAJARAN 2014-2015


JENIS UJIAN                      :  PRAKTIK
TINGKAT                            :  SEKOLAH MENENGAH PERTAMA(SMP)





Ujian praktik merupakan salah satu dartiga aspek Ujian Sekolah Pendidikan Agama Islam, aspek yang lain adalah ujian tulis dan akhlak mulia. Ujian praktik dilaksanakan dengan maksud mengukur kemampuan peserta didik dalam menguasai materi amaliah PAI.

Adapun aspek PAI yang diuji praktikkan adalah AlQuran dan Fiqh. Bidang yang diujikan pada aspek AlQuran meliputi membaca, hafalan dan mengartikan /menyimpulkan isi kandungan surat/ayat. Sedangkan pada aspek Fiqh meliputi bersuci dan shalat.


A.    MATERIUJIANPRAKTIK


1.    ASPEK AL-QURAN

a.    Standar Kompetensi Lulusan:
.
Menerapkan tata cara membaca alQuran menurut tajwid, mulai dari cara membaca Al-Syamsiyahdan Al-Qomariyah sampai kepada menerapkan hukum bacaan maddanwaqaf.


b.    Kemampuan yang diuji:

Membaca AlQuran dengan menerapkan hukum bacaan al,nunmati/tanwin, qalqalah dan rasertamad dan waqaf.


c.    Indikator :

1)      Peserta didik dapat membaca dan AlQuran dengan baik sesuai ilmu tajwid.
2)      Peserta didik dapat menghafal AlQuran dengan baik sesuai ilmu tajwid.
3)      Peserta didik dapat mengartikan/ menyimpulkan isi kandungan surat pilihan.


d.    Instrumen Soal*):

1)    Membaca Al-Qur’an:

Bacalah salah satu surat dibawah ini denganbenar sesuai ilmu tajwid:
a)    AlBaqarah ayat1–7,255.
b)    AliImran ayat1–9, 190–194,
c)    AlKahfi   ayat1–12,
d)    Yasinayat1–12,
e)    AlHasyr ayat18–24
f)     AtThariq
g)    AlBalad

Aspek yang dinilai:
a)    Kelancaran,
b)  Tartil,
c)       Makhraj,
d)  Fasih,
e)    Tajwid.

2)    Hafalan Surat-Surat Pilihan:

Hafalkan surat pendek dari surat Ad Dhuhas/surat An Nas.
Aspek yang dinilai:
a)    Kelancaran,
b)  Tartil,
c)       Makhraj,
d)  Fasih,
e)    Tajwid.

3)    Mengartikan/menyimpulkan isi kandungan:

Artikan dan jelaskan isi kandungan salah satu surat dibawah ini:
a)    Surat AlInsyirah,
b)    At Tin,
c)    Az Zalzalah,
d)    Al Adiyat,
e)    Al Qariah,
f)     At Takatsur,
g)    Al Asyr
h)    Al Maun
Aspek yang dinilai:
a)   Ketepatan arti.
b)    Pemahaman kandungan surat.

*) Keterangan:Penguji dapat memilih/menentukan materi yang diujikan.

2.    ASPEK FIQIH:

a.    Standar Kompetensi Lulusan:

Menjelaskan tata cara mandi wajib dan shalat-shalat munfarid dan jamaah baik shalat wajib maupun shalat sunat.


b.    Kemampuan yang diuji :

Melaksanakan thaharah dan shalat-shalat munfarid dan jamaah baik shalat wajib maupun shalat sunat sesuai kaifiyat.


c.    Indikator :

1)    Peserta didik dapat melaksanakan thaharah sesuai ketentuan.
2)    Peserta didik dapat melaksanakan shalat sesuai ketentuan.


d.    Instrumen Soal*):

1)    Thaharah

Praktikkan Wudhu/Tayamum dengan benar.
Aspek yang dinilai:
a) Kesesuaian Rukun,
b)       Ketepatan Gerakan
c)    Doa Setelah Wudhu.


2)    Shalat Wajib:

Praktikkan salah satu shalat wajib secara munfarid/berjamaah.
Aspek yang dinilai:
a)    Kesesuain rukun shalat
b)    Bacaan
c) Kesesuaian Bacaan dan Gerakan
d)    Tuma’ninah
e)    Doa Sesetah Shalat.


B.    PENILAIAN:

Contoh lembar penilaian


PENILAIAN UJIAN PRAKTIK
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Tingkat                     :Sekolah Menengah Pertama(SMP) NamaSekolah                                 :………………………………………….. NamaSiswa                                 :…………………………………………..


A.     Aspek AlQuran (Skor Maksimal : 50)

ASPEK YANG DINILAI
SKOR
MAKSIMAL
SKOR
PEROLEHAN
1.Membaca
20

a.Lancar  dan tartil

b.Makhraj dan fasih
7

7
…….

…….
c.Tajwid
6
…….
2. Hafalan
20

a.Lancar dan tartil
7
…….
b.Makhraj dan fasih
7
…….
c.Tajwid
6
…….
3. Mengartikan/menyimpulkan isi kandungan
10

a.Ketepatan arti
5
…….
b.Pemahaman kandungan
5
…….
Jumlah Skor A
50
……….
                                                Skor  yang diperoleh
NILAI A           : -------------------------------------------- X 100
                                    Skor Maksimal


B.     Aspek Fiqih (Skor Maksimal : 50)


ASPEK YANG DINILAI
SKOR MAKSIMAL
SKOR PEROLEHAN
1.Taharah (Wudhu / Tayamum)
20

a.Bacaan(niatdan bacaan setelah bersuci)
5
…….
b.Kesesuaian rukun
5
…….
c.Ketepatan gerakan
5
…….
d.Doa setelah wudhu
5
…….
2.Shalat
30

a.Bacaan
6
…….
b.Gerakan
6
…….
c.Kesesuaian bacaan dagerakan
6
…….
d.Tumaninah

e.Doa setelah shalat
6

6
…….

…….
JumlahSkorB
50
.



                                                Skor  yang diperoleh
NILAI  B          : -------------------------------------------- X 100
                                    Skor Maksimal









C.    

                Nilai A + Nilai B
NILAI  : --------------------------------------
            2
PENGOLAHAN NILAI AKHIR:





Jakarta, …………………….
Penguji,


…………………………………..

No comments:

Post a Comment