Monday, 19 October 2015

KISI-KISI UJIAN NASIONAL SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/MADRASAH TSANAWIYAH TAHUN PELAJARAN 2015/2016 BAHASA INDONESIA

KISI-KISI UJIAN NASIONAL
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/MADRASAH TSANAWIYAH
TAHUN PELAJARAN 2015/2016

BAHASA INDONESIA

Level Kognitif
Membaca Nonsastra
Membaca Satra
Menulis Terbatas
Menyunting Kata, Kalimat,
Paragraf
Menyunting Ejaan
dan Tanda Baca
Pengetahuan dan pemahaman
· Mengidentifikasi
· Menentukan
· Memaknai
Siswa mampu
- menentukan makna
kata/kalimat pada teks
- menentukan informasi
tersurat teks
- menentukan bagian
teks
Siswa mampu
- menentukan makna kata
dalam cerpen dan fabel
- menentukan makna
tersurat dalam cerpen
dan fabel
- menentukan bagian
cerpen dan fabel
Siswa mampu
- melengkapi teks
dengan kata atau
kalimat
Siswa mampu
- menunjukkan kesalahan
penggunaan kata,
kalimat, kepaduan
paragraf
Siswa mampu
- menunjukkan
kesalahan
penggunaan ejaan
atau tanda baca
Aplikasi
· Menunjukkan bukti
· Menyimpulkan
· Menemukan ide
· Menginterpretasikan
· Menggunakan
· Menyusun
Siswa mampu
- menentukan ide pokok
teks
- menyimpulkan isi teks
- menyimpulkan
pendapat (pro/kontra)
- meringkas isi teks
Siswa mampu
- menyimpulkan makna
simbol dalam cerpen dan
fabel
- menyimpulkan isi tersirat
dalam cerpen/fabel
- menyimpulkan
sebab/akibat konflik
Siswa mampu
- menyusun urutan
kalimat berbagai jenis
teks
- melengkapi kata,
kalimat, paragraf
Siswa mampu
- menggunakan istilah
dalam kalimat
- menggunakan kata
bentukan (mengisi sesuai
kaidah bentukan kata)
Siswa mampu
- menggunakan ejaan
- menggunakan tanda
baca
Penalaran
· Mengevaluasi
· Membandingkan
· Menanggapi
· Merefleksi
Siswa mampu
- membandingkan
penggunaan bahasa
dan pola penyajian
beberapa jenis teks
- menilai keunggulan/
kelemahan karya sastra
Siswa mampu
- membandingkan pola
pengembangan cerpen
dan fabel
- membandingkan
penggunaan bahasa
cerpen dan fabel
- mengomentari isi, pola
pengembangan/ bahasa
Siswa mampu
- mengubah teks ke
dalam bentuk lain
- menulis teks singkat
sesuai dengan
konteks
Siswa mampu
- memperbaiki kesalahan
penggunaan kata,
kalimat, dan
ketidakpaduan paragraf
- menentukan alasan
kesalahan penggunaan
kata, kalimat, dan
ketidakpaduan paragraf
Siswa mampu
- memperbaiki
kesalahan
penggunaan ejaan
dan tanda baca
- menentukan alasan
kesalahan
penggunaan ejaan
dan tanda baca


Keterangan
 
Jenis teks yang digunakan adalah:
 
Teks laporan, eksposisi, ulasan, biografi, prosedur, tanggapan kritis, cerpen, dan fabel

No comments:

Post a Comment