Friday, 8 December 2017

KISI-KISI PENULISAN SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN 2017/ 2018

Rounded Rectangle: Bentuk Soal         :   Pilihan Ganda
Jumlah Soal           :  40  soal    
Penyusun         :   Madnur
           Jenis sekolah              : SMPN 244 Jakarta
            Mata Pelajaran                      : Pendidikan Jasmani Olahrag dan Kesehatsn                                                                                         Kelas /smtr                            : VII ( tujuh ) / Satu & Dua                                                                                                   
            Kurikulum Acuan                 : KTSP 2013 (Standar Isi)                                                                                       
            Alokasi Waktu                       : 60 Menit
            Aspek                                     : Permaian bola besar

NO
KOMPETENSI
INTI
KOMPETENSI DASAR
KLS/
SMT
MATERI
INDIKATOR
NO. SOAL
1
2
3
4
5
6
7


3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata




3.1 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental permainan bola besar.*)










·       Permainan bola besar melalui permainan bolabasket










ü  Menyebutkan salah satu bentuk gerakan melempar bolabasket dari depan dada
ü  Menunjukan salah satu posisi awal melakukan gerakan melempar bolabasket dari depan dada
ü  Menunjukan salah satu gerakan melempar bolabasket dari depan dada dengan pantulan
ü  Menyebutkan salah satu perbedaan bentuk gerakan melempar bolabasket dari depan dada tanpa pantulan dan dengan pantulan
ü  Menyebutkan salah satu bentuk gerakan memantul-mantulkan bolabasket
ü  Menyebutkan salah satu bentuk tangan saat akan menangkap bolabasket
ü  Menyebutkan salah satu bentuk gerakn melempar bola melalui atas kepala
ü  Menyebutkan salah satu posisi akhir lengan pada gerakan  melempar bola melalui atas kepala

1

2

3



4


5

6
7

8

















Jenis sekolah             :SMPN 244 Jakarta
            Mata Pelajaran                      : Pendidikan Jasmani Olahrag dan Kesehatsn                                                                                         Kelas /smtr                            : VII ( tujuh ) / Satu & Dua                                                                                                   
            Kurikulum Acuan                 : KTSP 2013 (Standar Isi)                                                                                       
            Alokasi Waktu                       : 60 Menit
            Aspek                                      : Permaian bola kecil

NO
KOMPETENSI
INTI
KOMPETENSI DASAR
KLS/
SMT
MATERI
INDIKATOR
NO. SOAL
1
2
3
4
5
6
7


3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.2 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental permainan bola kecil . *)
VII/1
·   Permainan bola kecil melalui permainan bolakasti













ü  Menyebutkan salah satu posisi telapak tangan saat memegang bolakasti

ü  Menyebutkan salah satu bentuk gerakan melempar lambung bolakasti

ü  Menyebutkan salah satu bentuk gerakan melempar datar  bolakasti

ü  Menyebutkan salah satu posisi kedua telapak tangan menangkap arah bola lambung  melalui permainan bolakasti

ü  Menyebutkan salah satu posisi kedua telapak tangan menangkap arah bola datar    melalui permainan bolakasti

ü  Menyebutkan salah satu posisi kedua telapak tangan memegng    pemukul bolakast

ü Menyebutkan salah satu bentul gerakan lengan saat memukul    pemukul bolakasti

ü Menyebutkan salah satu posisi awal untuk melakukan gerakan memukul bolakasti

ü  Menunjukan salah satu gerakan menggulirkan bola pada permainan bolakasti



9

10

11


12


13


14


15

16

17



















Jenis sekolah            :SMPN 244 Jakarta
            Mata Pelajaran                      : Pendidikan Jasmani Olahrag dan Kesehatsn                                                                                         Kelas /smtr                            : VII ( tujuh ) / Satu & Dua                                                                                                   
            Kurikulum Acuan                 : KTSP 2013 (Standar Isi)                                                                                       
            Alokasi Waktu                       : 60 Menit
            Aspek                                      : Atletik

NO
KOMPETENSI
INTI
KOMPETENSI DASAR
KLS/
SMT
MATERI
INDIKATOR
NO. SOAL
1
2
3
4
5
6
7

3.Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
 3.3Memahami konsep keterampilan gerak fundamental salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar).

VII/1
·   Pembelajarasn atletik melalui jalan cepat




·   Pembelajarasn atletik melalui lari jarak pendek

ü Menyebutkan salah satu posisi badan saat jalan cepat
ü Menyebutkan salah satu prinsip dasar arah pandangan mata saat jalan cepat
ü Menyebutkan salah satu prinsip dasar gerakan lengan saat jalan cepat
ü Mennunjukankan salah satu prinsip dasar gerakan lengan lari jarak pendek
ü Menyebutkan salah satu prinsip dasar pendaratan kaki lari jarak pendek
18-21

22-25

26-28

29-30

31





Jenis sekolah            : SMPN 244 Jakarta
            Mata Pelajaran                      : Pendidikan Jasmani Olahrag dan Kesehatsn                                                                                         Kelas /smtr                            : VII ( tujuh ) / Satu & Dua                                                                                                   
            Kurikulum Acuan                 : KTSP 2013 (Standar Isi)                                                                                       
            Alokasi Waktu                       : 60 Menit
            Aspek                                      : Beladiri Pencaksilat

NO
KOMPETENSI
INTI
KOMPETENSI DASAR
KLS/
SMT
MATERI
INDIKATOR
NO. SOAL
1
2
3
4
5
6
7

3.Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
 3.4Memahami konsep keterampilan gerak fundamental olahraga beladiri.

VII/1
·   Pembelajaran beladiri melalui pencaksilat





ü Menyebutkan salah satu posisi kaki pada posisi tegak 1
ü Menyebutkan salah satu posisi tangan  pada posisi tegak 2
ü Menunjukan salah satu gerak langkah serong
ü Mennunjukankan salah satu prinsip dasar kuda-kuda depan

32

33
34

35



     







    Jenis sekolah                   :SMPN 244 Jakarta
            Mata Pelajaran                      : Pendidikan Jasmani Olahrag dan Kesehatsn                                                                                         Kelas /smtr                            : VII ( tujuh ) / Satu & Dua                                                                                                   
            Kurikulum Acuan                 : KTSP 2013 (Standar Isi)                                                                                       
            Alokasi Waktu                       : 60 Menit
            Aspek                                      : Kebugaran Jasmani

NO
KOMPETENSI
INTI
KOMPETENSI DASAR
KLS/
SMT
MATERI
INDIKATOR
NO. SOAL
1
2
3
4
5
6
7

3.Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
 3.5Memahami konsep latihan peningkatan
          derajat kebugaran jasmaniyang terkait dengan kesehatan, dan pengukuran hasilnya
VII/1
·   Pembelajaran kebugaran jasmani





ü Menunjukan tiga komponen keb ugaran jasmani
ü Menyebutkan salah satu waktu mini­mal untuk latihan bukan atlit
ü Menyebutkan salah satu frekwensi latihan untuk seorang bukan atlit
ü Menunjukan salah satu bentuk lahian untuk kekuatan dan daya tahan otot tungkai
ü Menunjukan salah satu bentuk lahian untuk kekuatan dan daya tahan otot lengan
ü Menunjukan salah satu bentuk lahian untuk kelentukan sendi lutut
ü Menunjukan salah satu bentuk lahian untuk kelentukan sendi pinggang
ü Menunjukan salah satu bentuk lahian untuk keseimbangan
36

37

38

39

40

41

42

43


















Jenis sekolah             :SMPN 244 Jakarta
            Mata Pelajaran                      : Pendidikan Jasmani Olahrag dan Kesehatsn                                                                                         Kelas /smtr                            : VII ( tujuh ) / Satu & Dua                                                                                                   
            Kurikulum Acuan                  : KTSP 2013 (Standar Isi)                                                                                       
            Alokasi Waktu                       : 60 Menit
            Aspek                                      : Senam lantai

NO
KOMPETENSI
INTI
KOMPETENSI DASAR
KLS/
SMT
MATERI
INDIKATOR
NO. SOAL
1
2
3
4
5
6
7

3.Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.6  Memahami konsep gabungan pola gerak dominan dalam bentuk rangkaian keterampilan dasar senam lantai.

VII/1
·   Pembelajarasn senam lantai





ü Menyebutkan salah satu posisi badan guling depan
ü Menyebutkan salah satu posisi bandan guling kebelakang
ü Menyebutkan salah satu posisi badan guling lenting
ü  
44

45













Jenis sekolah             : SMPN 244 Jakarta
            Mata Pelajaran                      : Pendidikan Jasmani Olahrag dan Kesehatsn                                                                                         Kelas /smtr                            : VII ( tujuh ) / Satu & Dua                                                                                                   
            Kurikulum Acuan                  : KTSP 2013 (Standar Isi)                                                                                       
            Alokasi Waktu                       : 60 Menit
            Aspek                                     : Aktivitas gerak berirama (ritmik)

NO
KOMPETENSI
INTI
KOMPETENSI DASAR
KLS/
SMT
MATERI
INDIKATOR
NO. SOAL
1
2
3
4
5
6
7

3.Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.7                    Memahami konsep keterampilan gerak fundamental (langkah dan ayunan lengan) dalam bentuk rangkaian keterampilan dasar aktivitas gerak ritmik
VII/1
·   Pembelajarasn aktivitas ritmik





ü Menyebutkan salah satu posisi badan saat melakukan sikap awal gerak melangkah dalam aktivitas berirams
ü  
46










Jenis sekolah             : SMPN 244 Jakarta
            Mata Pelajaran                      : Pendidikan Jasmani Olahrag dan Kesehatsn                                                                                         Kelas /smtr                            : VII ( tujuh ) / Satu & Dua                                                                                                   
            Kurikulum Acuan                  : KTSP 2013 (Standar Isi)                                                                                       
            Alokasi Waktu                       : 60 Menit
            Aspek                                     : Aktivitas air

NO
KOMPETENSI
INTI
KOMPETENSI DASAR
KLS/
SMT
MATERI
INDIKATOR
NO. SOAL
1
2
3
4
5
6
7

3.Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.8 Memahami konsep keterampilan dasar dua gaya renang yang berbeda.

VII/1/2
·   Pembelajarasn aktivitas air





ü Menyebutkan salah satu posisi badan saat melakukan renang gaya dada

47-48









          Jenis sekolah             : SMPN 244 Jakarta
            Mata Pelajaran                      : Pendidikan Jasmani Olahrag dan Kesehatsn                                                                                         Kelas /smtr                            : VII ( tujuh ) / Satu & Dua                                                                                                   
            Kurikulum Acuan                  : KTSP 2013 (Standar Isi)                                                                                       
            Alokasi Waktu                       : 60 Menit
            Aspek                                     : P 3 K

NO
KOMPETENSI
INTI
KOMPETENSI DASAR
KLS/
SMT
MATERI
INDIKATOR
NO. SOAL
1
2
3
4
5
6
7

3.Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.9Memahami tindakan P3K pada kejadian darurat, baik pada diri sendiri maupun orang lain.

VII/1/2
·   Pembelajarasn P3K





ü Menyebutkan salah satu tujuan P3K

49-50






No comments:

Post a Comment