Friday, 8 December 2017

                                            KISI-KISI PENULISAN SOAL UJIAN AKHIR SMESTER GANJIL  2017/2018  

Jenjang sekolah                                                : …SMP                                         Jumlah soal                      :   50 soal
Mata pelajaran :   PPKN                                                                              Kurikulum               :   2013
Kelas/Semester::  [X  /5 /Ganjil                                                                           Penyusun                          : .H.ARMANALAMAHFUDI ,M.Pd.
Bentuk Soal     :    Pilihan Ganda                                                                                              
                       
No.
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator Soal
Taksonomi
Nomor
Soal
 

1










 2






















3



























 4








 


































 5













6















  7



















 8



















 9














10











11








   

 

Memahami dinamika perwujudan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa.





Perwujudan Pancasila dari masa ke masa




















Perwujudan Pancasila Sebagai
Dasar Negara.

























Menghayati isi alenia dan pokok pikiran yang terkandung dalam Pem bukaan UUD
1945






































 Mempertahankan isi alenia dan pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan UUD 1945








Menerapkan isi alenia dan pokok pokok pikiran  yang terkandung  dalam Pembukaan UUD 1945










Menghargai ketentuan  tentang bentuk dan kedau latan Negara sesuai dengan Undang undang Dasar Negara Republik Indonesia












Memahami prinsip prisip kedaulatan sesuai dengan UUD 1945
















Mewujudkan prinsip  hukum yang sesuai dengan UUD 1945











erbudi pekerti luhur sesuai deng an nilai nilai Pancasila.




 .










Perwujudan ber tutur kata, bersi kap  dan berprila  ku  sesuai dengan  nilai nilai Panca sila





Memahami dinamika perwujudan Pancasila sebagai dasar negara



Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa

Penerapan Panca sila dari masa ke masa





Dinamika Pancasila sesuai perkemba ngan jaman .












Perwujudan  nilai nilai Pancasila dalam berbagai bidang kehidupan
























Pokok pikiran dalam Pembukaan Undang undang dasar Negara Republik Indonesia


















Makna Alenia  Pembukaan Undang undang  dasar Negara  Republik Indonesia
















Makna pokok pokok pikiran  dalam Pembukaan UUD  Negara Republik Indonesia









Sikap fositif terhadap pokok-pokok piran pembukaan  dalam Pembukaan Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia.








Hakekat  dan teori tentang  hukum


















Prinsip prinsip  kedaultan yang sesuai dengan Undang Undang Dasar 1945












 


Melaksanakan prinsip prinsip hukum  yang sesuai dengan Undang


Undang dasar Negara Republik Indonesia






Hakekat bertutur kata,bersikap dan ber prilaku sesuai dengan nilai nilai Pancasila.














Makna bersikap dan berprilaku sesuai dengan nilai nilai Pancasila.







 





Peerta didik dapat menjelaskan  Alasan Pancasila dijadkan sebagai dasar Negara

Peserta didik dapat menjelaskan perwujudan  Pancasila sebagai Pandangan hidup bangsa

Peserta didik dapat menelaskan contoh rongrongan terhadap Pancasila sebagai dasar Negara

Disajikan  pernyataan. Peserta didik dapat menunjukan  beberapa bentuk pemberontakan yang bertujuan mengubah Dasar Negara..



Peera didik dapat menganalisa tokoh  tokoh pelaku makar terhadap berdirinya Negara pada masa Orde lama

Peserta didik dapat menjelaskan makna setia terhadap Pancasila  

Peserta didik dapat menjelaskan pengertian Ideologi terbuka

Disajikan pernyataan peserta didik dapat menunjukan  dimesi Ideologi
 Terbuka.

Disajikan  Rernya taan.Peserta  didik dapat meganalisa  sikap fositif terhadap Pancasila seba
gai dasar Negara.

Disajikan pernyataan Peserta didik dapat  menjelaskan ciri ciri  Ideologi Pancasila

Disajikan Pernyataan peserta didik

dapat menunjukan Perwujudan
nilai nilai  Pancasila dibidang  ekonomi

Disajikan  gambar peserta didik dapat  menunjukan  nilai nilai Pancasila yang terdapat dalam
 kerja bakti/gotong  royong.
.
Peserta didik dapat menjelaskan pentingnya ideology bagi suatu Negara

Peserta didik dapat menje laskan  gam baran dan suasana Pokok pikiran Pem bukaan UUD 1945

Disajikan Pernyataan Peserta didik dapat menujukan makna poko pikiran kedua  dalam Pembukaan UUD 1945

Peserta didik dapat menjelaskan hakikat pokok pikiran  Pem bukakaan  UUD.1945

Disajikan  pernya taan Peserta

 didik dapat meng anlisis  makna Alenia kedua Pembukaan UUD.1945

 Peserta didik dapat menunjukan g Makna pokok pikiran pertama dalan Pembukaan UUD 1945,

Peserta didik dapat menjelaskan  makna yang terkandung pada Alenia ke tiga Pembukaan UUD 1945

Disajikan pernyataan peserta didik dapat meng analisa pernyataan yang  menggambarkan makna Pembukaan UUD 1945 Alenia ke tiga

Disajikan gambar Peserta didik dapat menganalisa  gambar yang menunjuk   sikap posiif sesuai pokok pikiran kedua  Pembukaan UUD 1945

 Peserta didik dapat menjelaskan  makna pokok pikran yang ke empat  dalam Pembukaan UUD  1945.

Disajikan gambar peserta didik  dapat menganalisa pikiran yang mana  yang sesuai dengan gambar tersebut .

Peserta didik dapat memberikan contoh  yang merupakan  gambar an  pokok pikiran  pertama Pembukaan UUD  1945

Peserta didik dapat menjelaskan arti penting pokok pokok piran Pembukaan UUD 1945

Peserta didik dapat menjelaskan tugas dan tanggung jawab Warga Ne gara terhadap pokok pokok  pikiran Pembukaan UUD 1945

Disajikan gambar Peserta didik dapat meng identipikasi makna  pokok piran ke empat yang ter dapat dalamPembukaan UUD 1945.

Peserta didik dapat memberikan contoh sikap positif terhadap Pokok pikiran  ke empat pada pembukaan UUD 1945 di  Lingkungan  keluarga

Peserta didik dapat menje
Laskan sikap positif pokok pikiran ketiga dalam lingkungan masyarakat.

 Peseta  didik dapat  menjelaskan  Pengertian hukum

Disajikan pernyataan  peserta didik dapat menunukan unsur unsur hukum

Peserta didik dapat  menjelaskan tujuan adanya hukum

Disajikan Pernyataan Peserta didik dapat menunjukan   penggolongan hukum berdasarkan sumbernya

Di sajikan  pernyataan Peserta didik dapat menganalisa  apabila terjadi peselisihan antar Lembaga  negara


Peserta didik dapat menjelaskan alasan MPR tidak mengubah Pembukaan UUD 1945

Peserta didik dapat men jelaskan  hukum tertulis yang di kodipikasikan .

Peserta didik dapat menjelaskan sifat hukum

Di sajikan pernyataan peserta didik dapat menganalisa   Penggolongan    hukum  berdasarkan isinya

Peserta didik dapat menjelaskan arti penting hukum  dalam kehidupan  bermasyarakat dan bernegara.

Peserta didik dapat memberikan contoh prilaku kepatuhan terhadap hukum di lingkangan sekolah.

Disajikan pernyataan  Peserta didik

dapat menunjukan ciri ciri  yang berprilaku sesuai dengan hukum yang berlaku

Disajikan pernyataan  peserta didik dapat menu jukan prilaku mentaati hukum dalam  lingkaungan masyarakat.

Peserta didik dapat   menjelaskan makna bertutur kata yang sesuai dengan  nilai nilai Pancasila.

Peserta didik dapat menjelaskan hakikat bertutur kata, bersikap dan berprilaku sesuai dengan nilai nilai Pancasila

Peseta didik dapat. Mem berikan contoh  prilaku yang sesuai dengan  nilai nilai Pancasila pada sila Kema nusiaan yang adil dan beradab.

 Disajikan  gambar Peserta didik  dapat meng analisa  prilaku yang sesuai dengan nilai sila  sila dari Pancasila

Peserta didik dapat menjelaskan akibat prilaku yang mencermin kan  nilai nilai Pancasila

DIsajikan pernyataan .Peserta did
dik dapat menunjukan .arti penting budi pekerti yang sesuai dengan nilai nilai  Panca sila di sekolah .Pancasila

Peserta didik dapat  menjelaskan  Pengertian kebebasan yang bertanggung jawab

Disajikan Gambar peserta didik dapat menganalisa tampilan gambar yang sesuai  dengan prilaku  bertutur kata  sesuai nilai nilai Pancasila.

C 2



C.2



C.1



 C.2







 C.3




 C.2.


  C.2


  C.2



  C.3



 
C.2



 C.3





 C.2


 

 C.2



  
C.2



   C.2



   C.1



  C.3




  C.2




  C.2



 C.3





  C.3





 C.2 




 C.2



 C.2




 C.2



C.2




  C.3   




 C.2





  C.2




 C.2


C.2



 C.2


 C.2



 C.3





 C.1



 C.2



C.3


 C.2



  C.2




 C.3





C.2



 C.2




C.2



 C.2




 C.2




 C.2




 C.2



 C.2





C.2



  C,2




 01



 02



03



  04







 05




 06


07


 08



 09




 10



11





12




13




 14



15



 16



 17




 18




 19



 20





 21





 22




 23



 24




 25



 26




 27




 28





 29




30


 31



 32


 33



34





35



 36



 37


 38



  39




40  .





 41



 42




 43



 44




 45




 46




  47



  48





  49



  50







No comments:

Post a Comment