Wednesday, 14 May 2014

KISI-KISI SOAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ULANGAN KENAIKAN KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) TAHUN PELAJARAN 2013/2014




PEMERINTAH PROVINSI DAERAH KHUSUS IBUKOTA  JAKARTA
DINAS PENDIDIKAN PROVINSI DKI JAKARTA

KISI-KISI SOAL ULANGAN KENAIKAN KELAS
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)
TAHUN PELAJARAN 2013/2014



MATA PELAJARAN             :  PENDIDIKAN AGAMA ISLAM                                          BENTUK SOAL         :  PILIHAN GANDA 
KELAS                                   :  VII                                                                                        JUMLAH SOAL         :  50 SOAL
SEMESTER                            :  2                                                                                           WAKTU                      :  90 MENIT

NO
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
INDIKATOR SOAL
NO SOAL

9.  Menerapkan Hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati.
9.1.  Menjelaskan hukum bacaan nun mati / tanwin dan mim mati
Hukum Bacaan Nun Mati / Tanwin Dan Mim Mati
Disajikan beberapa nama hukum bacaan tajwid, peserta didik dapat menentukan nama hukum bacaan yang berkaitan dengan nun mati/tanwin.

Peserta didik dapat menjelaskan pengertian hukum bacaan iqlab .

Disajikan beberapa huruf hijaiyah, peserta didik dapat menunjukkan huruf  idzhar halqi.

Disajikan beberapa huruf hijaiyah, peserta didik dapat menunjukkan huruf idghom bigunnah.

1




2


3


4



9.2.  Memebedakan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati
Hukum Bacaan Nun Mati / Tanwin Dan Mim Mati
Peserta didik dapat membedakan antara hukum bacaan idzhar halqi dan idzhar syafawi.

Peserta didik dapat membedakan antara hukum bacaan idgham bigunah dengan idgham mutamatsilaini

5


6





9.3.  Menerapkan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati dalam bacaan surat-surat Al-Quran dengan benar
Hukum Bacaan Nun Mati / Tanwin Dan Mim Mati
Disajikan lafadz-lafadz yang mengandung hukum nun sukun/mati dan tanwin, peserta didik dapat menunjukkan contoh hukum bacaan ikhfa.

Disajikan beberapa ayat al quran, peserta didik dapat menunjukkan contoh hukum bacaan iqlab.

Disajikan ayat Al-Quran , peserta didik dapat menunjukkan  contoh  hukum bacaan idghom bilaa ghunnah.

Disajikan beberapa ayat al quran, peserta didik dapat menunjukkan contoh bacaan idgham mutamatsilaini.

Disajikan beberapa ayat al quran , peserta didik dapat menunjukkan contoh bacaan idzhar syafawi

7




8



9



10



11



2
10. Meningkatkan keimanan kepda Malaikat
10.1.   Menjelaskan arti beriman kepada Malaikat.
Beriman Kepada Malaikat.
Ditampilkan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan pengertian beriman kepada malaikat .


Ditampilkan salah satu dalil naqli tentang iman kepada Malaikat, peserta didik dapat menjelaskan kandungan singkat ayat tersebut

Disajikan Al-Quran surat At-Tahrim  ayat 6, peserta didik dapat menjelaskan makna kandungan ayat tersebut.

Ditampilkan beberapa nama malaikat,peserta didik dapat menunjukkan nama malaikat dan tugasnya.
12




13



14



15




10.2.   Menjelaskan tugas-tugas malaikat
Beriman Kepada Malaikat.
Didiskripsikan tentang prilaku manusia, peserta didik dapat menunjukkan nama malaikat yang bertugas berkaitan dengan perilaku tersebut.

Disajikan ayat Al Quran tentang tugas malaikat, peserta didik  dapat menentukan sikap yang sesuai dengan ayat tersebut.

Didiskripsikan ilustrasi tentang fenomena alam, peserta didik dapat menunjukkan nama malaikat yang bertugas berkaitan dengan fenomena tersebut.

Ditampilkan tabel tentang nama malaikat dan tugas-tugasnya, peserta didik dapat menentukan pasangannya dengan tepat.

Didiskripsikan ilustrasi tentang peristiwa-peristiwa kehidupan akhirat, peserta didik dapat menunjukkan nama malaikat yang bertugas sesuai dengan ilustrasi tersebut.
16




17



18




19



20



3
11. Membiasakan prilaku terpuji.
11. 1.  Menjelaskan arti kerja keras , tekun, ulet dan teliti
Kerja Keras , Tekun, Ulet Dan Teliti
Didiskripsikan pernyataan tentang perilaku terpuji, peserta didik dapat menunjukkan pengertian perilaku kerja keras.

Didiskripsikan pernyataan tentang perilaku terpuji, peserta didik dapat menunjukkan pengertian perilaku tekun.

Didiskripsikan pernyataan tentang perilaku terpuji, peserta didik dapat menunjukkan pengertian perilaku ulet.

Didiskripsikan pernyataan tentang perilaku terpuji, peserta didik dapat menunjukkan pengertian perilaku teliti.
21



22



23



24




11.2.  Menampilkan contoh perilaku kerja keras, tekun,  ulet dan teliti
Kerja Keras , Tekun, Ulet Dan Teliti
Ditampilkan ilustrasi contoh perilaku yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan istilah yang tepat dari salah satu perilaku terpuji tersebut.

Ditampilkan ilustrasi contoh perilaku yang berkaitan dengan kegiatan di sekolah, peserta didik dapat menentukan istilah yang tepat dari salah satu perilaku terpuji tersebut.

Peserta didik dapat menunjukkan tanda-tanda seseorang yang berperilaku kerja keras.

25




26




27




11. 3.  Membiasakan prilaku kerja keras, ulet, tekun dan teliti
Kerja Keras , Tekun, Ulet Dan Teliti
Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan cara membiasakan prilaku kerja keras dalam kehiduan sehari-hari

Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan cara membiasaan prilaku ulet dalam kehiduan sehari-hari

Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan manfaat prilaku teliti.

Disajikan beberapa manfaat perilaku terpuji, peserta didik dapat menunjukkan manfaat perilaku tekun.

28



29



30


31


4
12. Memahami tatacara shalat Jum’at.
12.1.   Menjelaskan ketentuan-ketentuan shalat Jum’at
Shalat Jum’at
Ditampilkan tatabcara salat Jum’at, Peserta didik dapat menunjukkan syarat wajib shalat Jum’at.

Peserta didik dapat menunjukkan syarat sah shalat Jum’at.

Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan rukun khutbah shalat Jum’at

32



33


34




12.2.   Mempraktekkan shalat Jum’at
Shalat Jum’at
Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan hal-hal yang disunahkan pada pelaksanaan shalat Jum’at

Peserta didik dapat menentukan adab jamaah jum’at ketika khatib sedang berkhutbah.

Disajikan hadits tentang larangan salat Jm’at Peserta didik dapat menunjukkan orang yang tidak wajib shalat Jum’at berdasarkan hadits rasulullah tersebut.
35



36


37



5
13. Memahami tatacara shalat Jama dan Qashar (8)
13.1.   Menjelaskan shalat Jama dan Qashar
Shalat Jama Dan Qashar
Ditampilkan potongan ayat Al-quran tentang salat jamak qashar, siswa menentukan dengan tepat nama surat dan ayatnya.

Ditampilkan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menjelaskan pengertian shalat Jamak,

Ditampilkan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menjelaskan pengertian shalat Qashar

Ditampilkan beberapa nama shalat fardhu, peserta didik dapat menunjukkah shalat fardhu yang boleh dijamak

Ditampilkan beberapa nama shalat fardhu, peserta didik dapat menunjukkah shalat fardhu yang tidak boleh diqashar.
38



39



40



41



42


13.2.   Mempraktikkan shalat Jama dan Qashar
Shalat Jama Dan Qashar
Dididiskripsikan keadaan seseorang yang sedang  dalam perjalanan, peserta didik dapat menunjukkan cara mengerjakan shalat fardhu secara jamak.

Dididiskripsikan keadaan seseorang yang sedang  dalam perjalanan, peserta didik dapat menunjukkan cara mengerjakan shalat fardhu secara Qashar

Dididiskripsikan keadaan seseorang yang sedang  dalam perjalanan, peserta didik dapat menunjukkan cara mengerjakan shalat fardhu secara Jama Qashar .
43




44




45                



6
14. Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW

14.1. Menjelaskan Misi Nabi Muhammad SAW untuk menyempurnakan akhlak membangun manusia mulia dan bermanfaat

Sejarah Nabi Muhammad SAW
Ditampilkan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menjelaskan cara dakwah Nabi muhammad SAW ketika menghadapi masyarakat Makkah.


46





14.2 Menjelaskan misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian dan kemajuan masyarakat

Sejarah Nabi Muhammad SAW
Disajikan Al-Quran surat Al-Anbiya ayat 107 dan terjemahannya, peserta didik dapat menyimpulkan isi kandungannya secara tepat.

Ditampilkan contoh perilaku rasulullah saw , peserta didik dapat menentukan misi rasulullah yang sesuai dengan contoh perilaku tersebut. 
47



48







14.3. Meneladani perjuangan Nabi dan para shahabat dalam menghadapi masyarakat Makkah

Sejarah Nabi Muhammad SAW

Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan cara meneladani Khalifah Abu bakar As-Shidiq.

Peserta didik dapat menunjukkan sifat mulia khalifah Umar bin Khatab yang bisa dijadikan sebagai  teladan bagi umat Islam.



49



50

Jakarta,   23  Januari  2014
Penyusun:
1.    Hasyim Asyari, S.Ag ( Ketua )
2.    Drs. H. Muhaemin, ( Anggota )

3.    Drs.H.Nasrudin, MA.Pd

No comments:

Post a Comment