Wednesday, 14 May 2014

KISI-KISI SOAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ULANGAN KENAIKAN KELAS VIII TAHUN PELAJARAN 2013/2014

KISI-KISI SOAL ULANGAN KENAIKAN KELAS
TAHUN PELAJARAN 2013/2014

SATUAN PENDIDIKAN                   :  SMP

MATA PELAJARAN                         :  PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

KELAS                                                            :  VIII (DELAPAN)
SEMESTER                                       :  GENAP
WAKTU                                               :  90 MENIT


NO
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
INDIKATOR SOAL
NO SOAL
1
10. Menerapkan hukum bacaan mad  dan waqaf
10.1 Menjelaskan  hukum bacaan    mad dan Waqaf




10.2  Menunjukkan contoh hukum
         bacaan mad dan waqaf dalam
         bacaan surat-surat Al-Qur’an




10.1  Mempraktikkan bacaan mad dan
         waqaf dalam bacaan surat-surat
         Al-Qur’an
Hukum bacaan mad dan waqaf
Peserta didik dapat menjelaskan tanda-tanda mad thabii

Ditampilkan ayat Al Quran  yang mengandung mad.  Peserta didik dapat menunjukkan contoh bacaan mad thabii

Peserta didik dapat menjelaskan  salah satu  tanda waqaf

Ditampilkan ayat al quran yang mengandung mad. Peserta didik dapat memilih bacaan  mad wajib muttashil

Disajikan ayat Al-Qur'an yang mengandung hukum bacaan mad, Peserta didik dapat menentukan  bacaan mad  jaiz munfashil

Peserta didik dapat menunjukkan contoh bacaan mad arid lissukun

Ditampilkan ayat alqur'an yang mengandung bacaan mad. Peserta didik dapat menunjukkan contoh  bacaan  mad badal

Disajikan beberapa tanda waqaf . Peserta didik dapat menunjukkan tanda  waqaf al washlu aula 

Peserta didik  dapat menjelaskan  cara membaca  . tanda waqaf  lazim  

Disajikan. ayat Al Quran yang terdapat tanda waqaf saktah Siswa dapat menjelaskan cara membaca  tanda waqaf  tersebut . 

Disajikan ayat Al Quran dan tanda waqafnya. Peserta didik dapat menunjukkan tanda waqaf mamnu’
1


2

3


4

5


6



7


8


9


10


11
2
11. Meningkatkan keimanan
      kepada Rasul Allah       

11.1 Menjelaskan pengertian beriman
         kepada Rasul Allah.




11.2  Menyebutkan nama dan sifat                                           …     Rasul Allah





11.2   Meneladani sifat-sifat Rasulullah
         SAW.
Iman Kepada Rasul Allah
Peserta didik dapat menunjukkan  salah satu contoh prasyarat  menjadi Rasul Allah (Amiluz Zaman=Dibutuhkan Masyarakat, Syaraf An Nasab=Keturunan mulia, Al Mitsaliyah=Teladan)

Ditampilkan tabel tentang sifat wajib rasul dan artinya.  peserta didik dapat menentukan pasangannya.

Ditampilkan beberapa kejadian luar biasa pada manusia peserta didik dapat menunjukkan istilah  peristiwa yang terjadi pada seorang Rasul.

Ditampilkan salah satu ayat Al Quran,  peserta didik dapat menjelaskan salah satu tugas rasul berdasarkan ayat tersebut

Disajikan kisah seorang Rasul Allah. peserta didik dapat menunjukkan salah satu sifat  wajib rasul berdasarkan kisah tersebut.

Ditampilkan nama nama rasul Allah  peserta didik dapat mengklasifikasikan rasul tersebut

Disajikan beberapa pernyataan,  peserta didik dapat menunjukkan maksud Ulul Azmi

Disajikan beberapa pernyataan peserta didik dapat menjelaskan  salah satu fungsi mu’jizat

Ditampilkan tabel  yang berisi nama rasul  dan mukjizat. peserta didik dapat menunjukkan  pasangannya

peserta didik dapat menjelaskan salah satu isi kandungan dari ayat Al Quran yang berhubungan dengan Rasulullah

Ditampilkan ayat  Al Quran berhubungan dengan rasul ulul Azmi peserta didik dapat menjelaskan maksud   ayat tersebut

12



13


14



15


16


17


18



19


20



21


22

3
12.. Membiasakan perilaku terpuji
     
12.1  Menjelaskan adab makan dan 
         Minum




12.2  Menampilkan contoh  adab
          makan dan minum




12.3  Mempraktekkan adab makan dan
         minum dalam kehidupan sehari-
        hari
Adab makan dan minum



















peserta didik dapat menjelaskan arti halal dan baik berdasarkan ayat Al quran

peserta didik dapat menunjukkan  arti do’a sebelum makan

Ditampilkan beberapa pernyataan, siswa dapat menunjukkan   adab  makan dan minum

Ditampilkan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menjelaskan cara minum Nabi Muhammad saw.

Disajikan beberapa kalimat, peserta didik dapat menunjukkan bacaan ketika lupa berdo’a sebelum makan

Ditampilkan beberapa pernyataan tentang cara makan, peserta didik dapat menjelaskan adab makan Nabi Muhammad saw.

Peserta didik dapat menunjukkan bacaan do’a sesudah makan.

Ditampilkan ayat  Al Quran terkait dengan sifat mubazir peserta didik dapat menjelaskan maksud   ayat tersebut.

23

24


25


26


27


28


29


30

4
13. Menghindari Perilaku tercela
      
13.1 Menjelaskan pengertian perilaku         dendam dan munafiq

13.2  Menjelaskan ciri-ciri     pendendam
         dan munafiq



13.3  Menghindari perilaku pendendam
         dan munafiq dalam kehidupan
         sehari-hari
      
Sifat tercela perilaku dendam dan munafiq
Ditampilkan dalil naqli  tentang sifat dendam peserta didik dapat menjelaskan isinya

Ditampilkan beberapa pernyataan ciri-ciri sifat tercela, peserta didik dapat menunjukkan ciri-ciri sifat dendam

Ditampilkan beberapa pernyataan tentang bahaya sifat tercela, peserta didik dapat menjelaskan bahaya sifat dendam

Ditampilkan beberapa pernyataan tentang cara menghindari sifat tercela peserta didik dapat menunjukkan cara menghindari sifat dendam

Disajikan hadits tentang tentang  nifaq, peserta didik dapat menyimpulkan hadits tersebut

Ditampilkan pernyataan tentang bahaya sifat tercela, peserta didik dapat menjelaskan bahaya dari sifat nifaq.

peserta didik dapat menunjukkan cara menghindari sifat nifaq


31


32


33


34


35


36


37

5
14. Memahami hukum Islam tentang hewan sebagai sumber bahan makanan
14.1 Menjelaskan jenis-jenis hewan
         yang halal dan haram dimakan






14.2  Menghindari makan yang
         bersumber dari hewan  yang
         diharamkan

.Ditampilkan beberapa hewan darat, peserta didik dapat mengklasifikasikan  binatang darat yang halal dimakan.

Ditampilkan beberapa hewan, peserta didik dapat menunjukkan hewan yang dagingnya halal tanpa disembelih.

Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menjelaskan  manfaat  daging hewan yang halal.

Ditampilkan hadits tentang  hewan laut, peserta didik dapat menyimpulkan hadits tersebut

Siswa dapat menunjukkan salah satu isi QS Al An’am ayat 121

Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menjelaskan  madharat memakan daging yang haram.

Ditampilkan ayat Al Quran yang berhubungan dengan sesuatu yang baik dan yang menjijikkan. peserta didik dapat menunjukkan contoh   hewan  yang haram  berdasarkan  ayat tersebut.

38


39

40


41


42


43



44


6.
15.Memahami sejarah da’wah Islam
15.1 Menceriterakan sejarah
         pertumbuhan ilmu pengethuan
         Islam sampai masa Abbasiyah



15.2  Menyebutkan tokoh ilmuwan
          muslim dan perannya sampai
          masa daulah Abbasiyah
Sejarah Da’wah Islam
Peserta didik dapat menunjukkan  khalifah yang berjasa dalam perluasan wilayah sampai ke Afrika Utara dan Spanyol

Ditampilkan nama-nama cendekiawan  pada masa daulah Umayyah, peserta didik dapat menunjukkan  tokoh yang berjasa dalam  penyusunan tanda harakat Al Quran.

Ditampilkan tabel yang berisi nama cendikiawan muslim dan karya-karyanya, peserta didik dapat menunjukkan  pasangannya

Ditampilkan nama-nama khalifah pada masa daulah abbasyiyah, peserta didik dapat menunjukkan nama khalifah yang paling berjasa dalam perkembangan ilmu pengetahuan.

Ditampilkan nama-nama cendikiawan muslim, peserta didik dapat menunjukkan cendikiawan muslim  bidang ilmu pengetahuan

Peserta didik dapat menunjukkan cendikiawan muslim  bidang ilmu agama




45



46



47



48



49


50




Tim Penyusun         :  Hasyim Asy'ari, S. Ag.      (Ketua)

                                     Drs. H. Muhaimin               (Anggota)      

                                     Drs H Nasrudin, MA          (Anggota)

 

No comments:

Post a Comment