Monday, 2 March 2015

KISI-KISI SOAL AGAMA ISLAM ULANGAN AKHIR SEMESTER DUA KELAS IX Tahun 2014/2015






PEMERINTAH PROVINSI DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA
DINAS PENDIDIKAN
MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) SMP PROVINSI DKI JAKARTA




KISI-KISI SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER DUA
Tahun 2014/2015







Mata Pelajaran    : Pendidikan Agama Islam
Kelas                     : IX (Sembilan)
Kurikulum Acuan : KTSP
Waktu                   : 90 menit
Jumlah Soal          : 50 soal

Disusun oleh:

Penyusun               : Tim MGMP Pendidikan Agama Islam SMP
                                Provinsi DKI Jakarta






NO
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
MATERI
INDIKATOR SOAL
NO SOAL
1
Al-Quran dan Al-Hadits
8. Memahami Al Qur’an surat Al-Insyirah.
8.1 Menampilkan bacaan QS. Al-Insyirah dengan tartil dan benar.
8.2 Menyebutkan arti QS. Al-Insyirah.
8.3 Mempraktikkan perilaku dalam bekerja selalu berserah diri kepada Allah seperti dalam QS. Al-Insyirah.
Surat Al-Insyiroh

Ditampilkan beberapa ayat dalam Al-Qur’an, peserta didik dapat menunjukkan ayat  yang  terdapat dalam surat Al-Insyirah dengan tepat.
       1.         
Ditampilkan salah satu ayat Al-Qur’an surat Al-Insyirah, peserta didik dapat menunjukkan urutan ayat dengan tepat.
       2.         
Ditampilkan salah satu ayat Al-Qur’an surat Al-Insyirah, peserta didik dapat menentukan hokum bacaan tajwid yang terdapa tpada ayat tersebut.
       3.         
Ditampilkan beberapa lafadz dari ayat Al-Qur’an surat  Al-Insyirah secara acak, peserta didik dapat menyusun menjadi satu ayat langkap dengan benar.
       4.         
Disajikan tabel tentang lafadz dan arti dari surat surat Al-Insyirah, peserta didik dapat menentukan pasangannya dengan tepat.

       5.         
Peserta didik dapat menunjukkan arti dari salah satu ayat yang terdapat dalam Al-Qur’an surat  Al-Insyirah.

       6.         
Ditampilkan salah satu ayat pada surat Al-Insyirah, peserta didik  dapat menyimpulkan isi kandungannya dengan benar.
       7.         
Ditampilkan sifat-sifat terpuji, peserta didik dapat mengidentifikasi sifat-sifat  yang  terkandung dalam Al-Qur’an surat Al-Insyirah.
       8.         
Ditampilkan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menentukan sikap terpuji dalam bekerja seperti yang terkandung dalam surat al Insyirah.
       9.         
2












9. Memahami ajaran  Al-Hadits tentang kebersihan
9.1 Membaca Al-Hadits tentang kebersihan.
9.2 Menyebutkan arti Al-Hadits tentang kebersihan.
9.3 Menampilkan perilaku bersih seperti dalam Al-Hadits.
Hadits tentang kebersihan

Ditampilkan beberapa potongan hadits, peserta didIk dapat menunjukkan salah satu hadits tentang kebersihan.
    10.         
Ditampilkan potongan hadits tentang kebersihan, peserta didik dapat menunjukkan kelanjutan hadits tersebut
    11.         
Peserta didik dapat menunjukkan arti dari lafadz  yang terdapat dalam hadits tentang kebersihan.

    12.         
Ditampilkan satu hadits tentang kebersihan, peserta didik dapat menunjukkan arti hadits tersebut dengan benar.
    13.         
Peserta didik dapat menunjukkan maksud dari salah satu hadits tentang kebersihan dengan benar.

    14.         
Ditampilkan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan contoh perilaku hidup bersih dalam kehidupan sehari-hari.
    15.         
Ditampilkan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan akibat dari perilaku masyarakat yang tidak menjaga kebersihan.
    16.         
Ditampilkan salah satu hadits tentang kebersihan,  peserta didik dapat menunjukkan balasan  orang  yang senantiasa menjaga kebersihan berdasarkan hadits tersebut.
    17.         
3
Aqidah
10. Meningkatkan keimanan kepada Qadha dan Qadar.
10.1  Menyebutkan ciri-ciri beriman kepada qadha dan qadar.
10.2   Menjelaskan hubunan antara qadha dan qadar.
10.3   Menyebutkan contoh-contoh qadha dan qadar dalam kehidupan sehari-hari.
10.4   Menyebutkan ayat-ayat Al-Quran yang berkaitan dengan qadha dan qadar.

Iman kepada Qadha dan qadar

Ditampilkan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan pengertian beriman kepada qadha dan qadar dengan benar.
    18.         
Peserta didik dapat menjelas kanpengertian qadar Allah SWT.
    19.         
Ditampilkan beberapa ayat Al-Qur’an, peserta didik dapat menunjukkan ayat  yang  berkaitan dengan qadha dan qadar.
    20.         
Ditampilkan satu ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan ikhitiar manusia, peserta didik dapat menjelaskan maksud ayat tersebut.
    21.         
Ditampilkan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan tanda-tanda beriman kepada qadha dan qadar.
    22.         
Peserta didik dapat menunjukkan cara bertawakkal  yang benar menurut ajaran  Islam.

    23.         
Ditampilkan ilustrasi beberapa pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan contoh taqdir mubram.
    24.         
Ditampilkan beberapa pernyataan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menunjukkan contoh taqdir muallaq.
    25.         
Peserta didik dapat menunjukkan hikmah beriman kepada qadha dan qadar  Allah  SWT.

    26.         
4
Akhlak
11. Menghindari perilaku tercela.

11.1 Menyebutkan pengertian  takabur.
11.2 Menyebutkan contoh-contoh perilaku takabur. 
11.3 Menghindari perilaku takabur dalam kehidupan sehari-hari.

Perilakutercela

Pesert adidik dapat menjelaskan pengertian takabbur.

    27.         
Ditampilkan ilustrasi tentang perilaku tercela (yang berkaitan dengan perilaku takkabur), peserta didik dapat menentukan istilah yang sesuai dengan perilaku tersebut.
    28.         
Ditampilkan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan pernyataan  yang  menunjukkan perilaku takabbur.

    29.         
Peserta didik dapat menunjukkan tanda-tanda perilaku takabbur.

    30.         
Ditampilkan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan akibat  negative perilaku takabbur dalam kehidupan sehari-hari.
    31.         
Peserta didik dapat menjelaskan balasan perilaku takabbur berdasarkan salah satu ayat Al-Qur’an.

    32.         
Peserta didik dapat menunjukkan cara yang tepat menghindari perilaku takabbur dalam kehidupan sehari-hari.
    33.         
5
Fiqih
12. Memahami tatacara berbagai shalat sunnah


12.1 Menyebutkan pengertian dan ketentuan  shalat sunnah berjamaah dan munfarid.
12.2 Menyebutkan contoh shalat sunnah berjamaah dan munfarid.
13.3 Mempraktikkan shalat sunnah berjamaah dan munfarid dalam kehidupan sehari-hari.

Shalat sunnah

Ditampilkan beberapa jenis shalat sunnah, peserta didik dapat menunjukkan jenis shalat sunnah yang dilaksanakan secara munfarid.
    34.         
Ditampilkan beberapa jenis shalat sunnah, peserta didik dapat menunjukkan jenis shalah sunnah yang dilaksanakan secara berjamaah.
    35.         
Ditampilkan ilustrasi tentang fenomena alam, peserta didik dapat menentukan jenis shalat yang disunnahkan berkaitan dengan ilustrasi tersebut. 
    36.         
Ditampilkan ilustrasi yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan jenis shalat yang disunnahkan berkaitan dengan ilustrasi tersebut.
    37.         
Peserta didik dapat menunjukkan ketentuan shalat sunnah ‘Idain.
    38.         
Peserta didik dapat menjelaskan ketentuan shalat shalat sunnah tarawih.

    39.         
Peserta didik dapat menjelaskan ketentuan shalat shalat sunnah witir.

    40.         
Ditampilkan ayat Al-Qur’an yang terkait dengan shalat tahajjud, peserta didik dapat menjelaskan maksud ayat tersebut.

    41.         
Peserta didik dapat menjelaskan ketentuan shalat shalat sunnah tahiyatul masjid.

    42.         
Ditampilkan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan hikmah mengerjakan shalat sunnah dhuha.

    43.         
6.
Tarikh dan Kebudayaan Islam
13. Memahami sejarah tradisi Islam Nusantara
13.1 Menceritakan seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam.
13.2 Memberikan apresiasi terhadap tradisi dan upacara adat kesukuan Nusantara.
Sejarah  tradisi Islam Nusantara


Peserta didik dapat menjelaskan pengertian tradisi Islam.

    44.         
Ditampilkan beberapa contoh jenis kebudayaan yang ada di Nusantara, peserta didik dapat menunjukkan jenis budaya yang sesuai dengan ajaran Islam.
    45.         
Ditampilkan beberapa jenis kesenian, peserta didik dapat menunjukkan jenis kesenian yang dijadikan sebagai media dakwah wali sembilan di jawa.
    46.         
Dideskripsikan satu jenis senibudaya yang bernuansa Islam, peserta didik dapat menunjukkan isi / maksud dari senibudaya tersebut.
    47.         
Ditampilkan beberapa contoh jenis kesenian, peserta didik dapat menunjukkan jenis kesenian yang bernuansa Islam yang ada di Provinsi Jakarta.
    48.         
Dideskripsikan satu jenis senibudaya/tradisi yang bernuansa Islam, peserta didik dapat menentukan nama bulan dalam kalender hijriah pelaksanaan budaya/tradisi tersebut.

    49.         
Ditampilkan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan cara memberikan apresiasi terhadap tradisi Islam di Nusantara.
    50.         


No comments:

Post a Comment