Monday, 2 March 2015

KISI-KISI SOAL BAHASA INGGRIS ULANGAN AKHIR SEMESTER DUA KELAS IX Tahun 2014/2015

                
PEMERINTAH PROVINSI DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA
DINAS PENDIDIKAN
MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) SMP PROVINSI DKI JAKARTA

KISI-KISI SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER DUA
Tahun 2014/2015


Mata Pelajaran    : Bahasa Inggris
Kelas                     : IX (Sembilan)
Kurikulum Acuan : KTSP
Waktu                   : 120 menit
Jumlah Soal          : 50 soal

Disusun oleh:

Penyusun               : Tim MGMP Bahasa Inggris
                                 SMP Provinsi DKI Jakarta


NO
KOMPETENSI DASAR
BAHAN SEMESTER
MATERI
INDIKATOR
NOMOR SOAL
1
Berbicara
9.1  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur mengungkapkan kesantunan

9/2
Ungkapan Kesantunan
-       Menentukan informasi rinci
Disajikan sebuah dialog tentang mengungkapkan kesantunan, , siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi rinci dari dialog  tersebut
1
Ungkapan kesantunan
-       Menentukan informasi tersirat
Disajikan sebuah dialog yang sama tentang mengungkapkan kesantunan, , siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi  tersirat  dari dialog  tersebut
2
2
Berbicara
9.2 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: memberi berita yang menarik perhatian dan memberi komentar terhadap berita
9/2
Ungkapan memberi berita dan komentar terhadap berita
-       Menentukan informasi  tertentu
Disajikan sebuah dialog tentang ungkapkan memberi berita dan komentar terhadap berita , siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi tertentu dari dialog  tersebut
3
Ungkapan memberi berita dan komentar terhadap berita
-       Menentukan informasi rinci
Disajikan sebuah dialog tentang ungkapkan memberi berita dan komentar terhadap berita , siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi rinci dari dialog  tersebut
4
Ungkapan memberi berita dan komentar terhadap berita
-       Menentukan informasi tersirat
Disajikan sebuah dialog tentang ungkapkan memberi berita dan komentar terhadap berita , siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi tersirat dari dialog  tersebut
5
3
Membaca
11.2 Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

9/2
Notice/Caution
-        Menentukan makna
Disajikan sebuah Notice/Caution di tempat wisata, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang makna dari  notice/caution tersebut.
6

-       Menentukan informasi tersirat
Disajikan sebuah Notice/Caution di tempat wisata, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi tersirat berkaitan dengan tempat dari  notice/caution tersebut.
7

4
Membaca
11.2 Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

9/2
Invitation card
-       Menentukan informasi tertentu
Disajikan teks fungsional pendek bentuk invitation mengenai kegiatan di sekolah, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi tertentu dari teks tersebut
8





-       Menentukan informasi tersirat
Disajikan teks fungsional pendek bentuk invitation mengenai kegiatan di sekolah, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi tersirat dari teks tersebut
9

5
Membaca
11.2    Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

9/2
Greeting card
-       Menentukan informasi tersirat
Disajikan teks fungsional pendek bentuk greeting card mengenai ucapan selamat memenangkan perlombaan tertentu, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi tersirat dari teks tersebut
10

-        Menentukan makna kata
Disajikan sebuah  kutipan kalimat dari teks fungsional pendek bentuk greeting card mengenai ucapan selamat memenangkan perlombaan tertentu dengan salah satu kata digaris bawahi, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang makna kata tersebut
11

6
Membaca
11.2    Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

9/2
Short Message
-       Menentukan informasi rinci
Disajikan teks fungsional pendek bentuk short message mengenai membuat merencanakan kegiatan tertentu, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi rinci dari teks tersebut

12
-       Menentukan informasi tersirat
Disajikan teks fungsional pendek bentuk short message mengenai membuat merencanakan kegiatan tertentu, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi tersirat dari teks tersebut
13
7
Membaca
11.2    Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

9/2
Announcement
-       Menentukan gambaran umum
Disajikan teks fungsional pendek announcement kegiatan sekolah , siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang gambaran umum dari teks tersebut
14

-   Menentukan informasi rinci

Disajikan teks fungsional pendek announcement kegiatan di sekolah , siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi rinci dalam teks tersebut
15

-   Menentukan makna kata
Disajikan sebuah  kutipan kalimat dari teks fungsional pendek bentuk  announcement  kegiatan di sekolah dengan salah satu kata digaris bawahi, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang makna kata tersebut
16
8
Membaca
11.2    Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

9/2
Advertisement
-   Menentukan informasi tertentu


Disajikan teks fungsional pendek bentuk advertisement tentang produk elektronik,  siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi tertentu dalam teks tersebut
17

-   Menentukan tujuan komunikatif teks
Disajikan teks fungsional pendek bentuk advertisement tentang produk elektronik,  siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi tertentu dalam teks tersebut
18

-   Menentukan informasi tersirat



Disajikan teks fungsional pendek bentuk advertisement tentang produk elektronik,  siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi tersirat  dalam teks tersebut
19

9
Membaca
11.2    Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
9/2
Schedule
-   Menentukan informasi rinci
Disajikan teks fungsional pendek bentuk schedule tentang transportasi,  siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi rinci dalam teks tersebut
20

-  Menentukan nformasi tersirat
Disajikan teks fungsional pendek bentuk schedule tentang transportasi,  siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi tersirat dalam teks tersebut
21

10
Membaca
11.2    Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
9/2
Personal Letter/e-mail
-   Menentukan gambaran umum
Disajikan teks fungsional pendek  personal letter/e-mail berkaitan dengan pengalaman berlibur sekolah, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang gambaran umum dari teks tersebut
22

-  Menentukan informasi tertentu
Disajikan teks fungsional pendek  personal letter/e-mail berkaitan dengan pengalaman berlibur sekolah, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang gambaran umum dari teks tersebut
23

-   Menentukan pikiran utama
Disajikan teks fungsional pendek  personal letter/e-mail berkaitan dengan pengalaman berlibur sekolah, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang pikiran utama sebuah paragraph dalam teks tersebut
24

11
Membaca
11.3    Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan report

9/2
Narrative text
-  Menentukan informasi tertentu
Disajikan teks narrative  tentang sebuah legenda  dari luar negeri, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi tertentu yang terdapat dalam teks tersebut
25
-  Menentukan informasi rinci
Disajikan teks narrative  tentang sebuah legenda  dalam negeri, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi rinci yang terdapat dalam teks tersebut

26
-  Menentukan rujukan kata
Disajikan sebuah  kutipan kalimat dari teks narrative  tentang sebuah legenda  dalam negeri, dengan salah satu kata ganti digaris bawahi, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang rujukan kata tersebut.
27
-  Menentukan pesan moral
Disajikan teks narrative  tentang sebuah legenda  dalam negeri, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang pesan moral yang terdapat dalam teks tersebut
28



12
Membaca
11.3Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan report

9/2
Report Text
-       Menentukan gambaran umum
Disajikan teks report tentang binatang mamalia, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang gambaran  umum dari  teks tersebut
29

-       Menentukan informasi rinci
Disajikan teks report tentang binatang mamalia, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang infomasi rinci dalam teks tersebut
30

-        Menentukan pikiran utama suatu paragraph
Disajikan teks report tentang binatang mamalia, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang pikiran utama sebuah paragraph dalam teks tersebut

31

-        Menentukan informasi tersirat
Disajikan teks report tentang binatang mamalia, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang infomasi tersirat  dalam teks tersebut
32

13
Membaca
11.3Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan report

9/2
Narrative text
-        Menentukan gambaran umum
Disajikan teks narrative  tentang sebuah cerita pendek popular , siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang gambaran umum dari  teks tersebut
33

-        Menentukan informasi tersirat
Disajikan teks narrative  tentang sebuah cerita pendek popular , siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi tersirat dalam  teks tersebut
34
-        Menentukan makna kata
Disajikan sebuah  kutipan kalimat dari teks narrative  tentang sebuah cerita pendek popular, dengan salah satu kata digaris bawahi, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang makna kata tersebut
35




-        Menentukan pesan moral
Disajikan teks narrative  tentang sebuah cerita pendek popular , siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang pesan moral dari  teks tersebut
36
14
Menulis
12.2 Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan report
9/2
Kata acak -  Kalimat simple past continous tense dari teks naratif (6-9 kata)
Disajikan satu kalimat sederhana dari teks naratif yang kata - katanya diacak, siswa dapat menentukan susunan yang tepat dari kata-kata yang diacak tersebut menjadi kalimat yang bermakna
37

Kata acak -  Kalimat simple present tense dari teks report (6-9 kata)
Disajikan satu kalimat sederhana dari teks report  yang kata - katanya diacak, siswa dapat menentukan susunan yang tepat dari kata-kata yang diacak tersebut menjadi kalimat yang bermakna
38

15
Menulis
12.2 Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan report
9/2
Rumpang text narrative
 -   Kata sifat
Disajikan teks narrative  sederhana berbentuk rumpang, siswa dapat menentukan kata sifat yang tepat untuk melengkapinya
39
-       Kata kerja
Disajikan teks narrative  sederhana berbentuk rumpang, siswa dapat menentukan kata kerja yang tepat untuk melengkapinya
40
-       Kata ganti object
Disajikan teks narrative  sederhana berbentuk rumpang, siswa dapat menentukan kata ganti objek yang tepat untuk melengkapinya
41
16
Menulis
12.2 Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan report
9/2
Rumpang text report
 -   Kata kerja
Disajikan teks report  sederhana berbentuk rumpang, siswa dapat menentukan kata kerja yang tepat untuk melengkapinya
42

-       Kata penghubung
Disajikan teks report  sederhana berbentuk rumpang, siswa dapat menentukan kata penghubung  yang tepat untuk melengkapinya
43

-        Kata keterangan cara
Disajikan teks report  sederhana berbentuk rumpang, siswa dapat menentukan kata keterangan cara  yang tepat untuk melengkapinya
44

17
Membaca
11.3Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan report

9/2
Teks Report
-        Menentukan tujuan komunikatif
Disajikan teks report tentang tanaman herba, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang tujuan komunikatif  dari teks tersebut
45
-        Menentukan informasi tersirat
Disajikan teks report tentang tanaman herba, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi tersirat dalam  teks tersebut
46
-        Menentukan makna kata
Disajikan sebuah  kutipan kalimat dari teks report  tentang tanaman herba, dengan salah satu kata digaris bawahi, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang makna kata tersebut
47
-        Menentukan informasi rinci
Disajikan teks report tentang tanaman herba, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi rinci dalam  teks tersebut
48
18
Menulis
12.2 Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan report
9/2
Kalimat acak menjadi sebuah paragraph/teks narrative yang padu
Disajikan satu paragraf/teks dari teks naratif yang kalimat-kalimatnya diacak, siswa dapat menentukan susunan yang tepat dari kalimat yang diacak tersebut menjadi sebuah paragraph/teks yang padu
49

Kalimat acak menjadi sebuah paragraph/teks report yang padu
Disajikan satu paragraf/teks dari teksreport  yang kalimat-kalimatnya diacak, siswa dapat menentukan susunan yang tepat dari kalimat yang diacak tersebut menjadi sebuah paragraph/teks yang padu
50











No comments:

Post a Comment