Monday, 2 March 2015

PANDUAN UJIAN PRAKTEK SMP MATA PELAJARAN : IPA KELAS IX TAHUN 2014-2015

PANDUAN UJIAN PRAKTEK
SMP




MATA PELAJARAN : IPA
TAHUN 2014-2015




DINAS PENDIDIKAN PROVINSI DKI JAKARTA

I.    PENDAHULUAN

Berdasarkan peraturan menteri pendidikan nasional Indonesia no. 45 tahun 2010 pasal 1 ayat 2 yang menyatakan bahwa “ Ujian sekolah/madrasah selanjutnya disebut US/M adalah kegiatan pengukuran dan penilaian kompetensi peserta didik yang dilakukan oleh sekolah/madrasah untuk semua mata pelajaran pada kelompok ilmu pengetahuan dan tehnologi “ ,maka satuan pendidikan (SMP/MTs) perlu mengadakan pengukuran dan penilaian dalam kemampuan psikomotorik berupa kegiatan praktikum mata pelajran Ilmu Pengtahuan Alam ( IPA ) , yang materi ujinya dari semester 1,2,3,4,5,dan 6.
Dalam kegiatan pengukuran dan penilaian sebagaimana dimaksud diatas ,dengan ini Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta memberi petunjuk tehnis dan panduan materi praktikum yang dapat dipilih diantara daftar yang tersusun ini dengan mengacu kepada kemampuan satuan pendidikan.

II.  SEBARAN MATERI

Materi meliputi seluruh jenjang kelas 7, 8 dan 9 sesuai KTSP pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

III. KISI-KISI MATERI

Materi ujian dapat dipilh dari kompetensi yang ada dengan pola perbandingan kelas 7,kelas 8 dan kelas 9 adalah 2 : 3 : 5

IV.MEKANISME PELAKSANAAN

-       Setiap siswa mendapatkan materi fisika, biologi dan kimia dengan pengaturannya disesuaikan pada kebijakan sekolah masing-masing. Dalam panduan ini disediakan materi-materi  untuk diujikan dalam praktek. Masing-masing sekolah dapat memilih materi ujian praktek yang sesuai dengan alat yang dimilki sekolah.
-       Semua alat dan bahan praktikum sebaiknya disediakan oleh sekolah ,untuk menjaga kerahasian materi yang akan diujikan dalam praktikum.
-       Jika alat dan bahan yang diperlukan tidak mencukupi maka ujian praktek dapat dilakukan dengan system kerja kelompok

V.  TEKNIS PELAKSANAAN
-       Ruang pengujian didesain sedemikian rupa, sehingga peserta ujian dapat melakukan kegiatan dengan tertib tidak terganggu oleh teman yang berada didekatnya.
-       Dalam tiap ruang disiapkan 5 atau 6 jenis materi ujian  praktek,maksimal tersedia sebanyak 4 set untuk setiap materi ujian praktek.
-       Dalam satu ruangan ujian praktek dapat menampung 20 peserta ujian
-       Setiap sessi memerlukan waktu 90 menit
-       Peserta ujian mengenakan jas lab ( kalau ada ) dan masuk ke dalam ruangan praktikum hanya berbekal tanda peserta, alat tulis dan serbet.
-       Peserta ujian wajib mengerjakan semua kegiatan yang tersedia  dengan mengisi lembar kegiatan dan setiap mata ujian praktek diselesaiakan dalam waktu 15 menit

VI.  PENGUJIAN DAN PENILAIAN

-       Guru bukan hanya bertindak sebagai pengawas ujian ,tetapi juga sebagai penilai dan penguji dalam proses kegiatan ujian praktek.
-       Penguji harus mengamati cara kerja dari persiapan hingga akhir dan memeriksa lembar kegiatan masing-masing dengan skor yang sesuai dengan pedoman penskoran.
-       Penilaian dapat dilakukan penskoran dari skor proses dan skor laporan kegiatan praktikum..
-       Penilaian berdasarkan pada rumus berikut ini :


NILAI    =  JUMLAH SKOR

VII. PEDOMAN PENSKORAN

No.
Aspek Yang Dinilai
Skor
1.





2.






3.
Persiapan:
1.    Menyiapkan perangkat alat dan bahan kegiatan ujian paktek
2.    Merangkai / menyusun perangkat alat dan bahan kegiatan ujian praktek

Proses :
1.    Urutan langkah –langkah /prosedur kegiatan praktikum
2.    Menggunakan alat dan bahan sesuai dengan fungsinya.
3.    Hasil kegiatan ujian praktek

Laporan :
1.    Penulisan tujuan kegiatan praktikum
2.    Penulisan alat dan bahan yang digunakan dalam praktikum
3.    Menuliskan langkah-langkah /prosedur kegiatan praktikum
4.    Mengisi table atau hasil pengamatan
5.    Menjawab pertanyaan
6.    Membuat kesimpulan

0 – 5

0 – 5



0 – 15

0 – 15

0 – 10


0 – 5
0 – 5

0 – 10

0 – 10
0 – 10
0 – 10



Jumlah Max
100




VIII.    MATERI DAN JUDUL PRAKTIKUM

No.
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
JUDUL PRAKTIKUM

1.











KELAS VII
1.    Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajarai benda-benda alam dengan menggunakan peralatan




1.3 Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari

1.   Mengukur dengan satuan baku dan tak baku secara baik dan benar








1.  Pengukuran volum / massa / waktu




2.
2.Memahami kalsifikasi zat

2.2 Melakukan percobaan sederhana dengan bahan-bahan yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari

2.Melakukan percobaan untuk mengetahui sifat asam, basa di laboratorium dan alam misalnya dengan menggunakan kembang sepatu

2.Mengelompokan larutan asam, basa dan garam

3.
3.Memahami wujud zat dan perubahannya

3.2. Mendiskripsikan konsep masa jenis dalam kehidupan sehari-hari

3. Merencanakan percobaan sederhana tentang pengukuran masa jenis
3. Menentukan masa jenis zat

4.
5.Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan

5.3 Menggunakan mikroskop dan peralatan pendukung lainnya untuk mengamati gejala-gejala kehidupan

4.Menggunakan mikroskop dengan benar (mengatur fokus, pencahayaan, menemukan objec Mikropis)

4.Menggunakan mikroskop untuk pengamatan preparat segar atau preparat awetan


5.
6. Memahami keanekaragaman makhluk hidup

6.2 Mengklasifikasi-kan makhluk hidup berdasrkan ciri-ciri yang dimiliki

5.Mengklasifikasi beberapa mahluk hidup di sekitar berdasar ciri yang diamati
5.Mengklasifikasikan hewan atau  tumbuhan berdasarkan ciri-cirinya

6.
KELAS VIII
1.Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia

4.1 Mendeskripsikan sistem pencernaan pada manusia dan dan hubungannya dengan kesehatan


6. Mendeskripsikan jenis makanan berdasar kandungan zat yang ada di dalamnya


6. Melakukan  uji bahan makanan untuk mengetahui adanya amilum protein dan lemak yang tedapat pada makanan tertentu
7.
2. Memahami sistem dalam kehidupan tumbuhan
2.2 Mendeskripsikan proses perolehan nutrisi dan transformasi energi pada tumbuhan hijau
7.  Melakukan dan membuat laporan hasil percobaan fotosintesis

7.Melakukan percobaan fotosintesis
8.
5. Memahami peranan usaha, gaya, dan energi dalam kehidupan sehari-hari
5.4  Melakukan percobaan tentang pesawat sederhana dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
8. Melakukan kegiatan untuk menggolongkan alat-alat yang disediakan kedalam jenis tuas,karol dan bidang miring
8. Menggolongkan tuas, katrol dan bidang miring
9.
6. Memahami konsep dan penerapan getaran, gelombang dan optika dalam produk teknologi sehari-hari
6.3 Menyelidiki sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan berbagai bentuk cermin dan lensa
9. Mendeskripsikan proses pembentukan dan sifat-sifat bayangan pada cermin datar, cermin cekung dan cermin cembung atau lensa cekung dan lensa cembung

9.Menentukan bayangan benda pada cermin atau lensa
10.
KELAS  IX
1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia
1 .1 Mendeskripsikan sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
10. Mendiskripsikan proses dan fungsi organ ekskresi pada manusia
10. Menjelaskan proses dan fungsi organ ekskresi dengan carta atau torso 
11.
1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia
1.3.Mendeskripsikan sistem koordinasi dan alat indera pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan

11.Mendeskripsikan fungsi otak, fungsi sumsum tulang belakang, dan sel saraf dalam sistem koordinasi

11. Menentukan fungsi otak ,sumsum tulang belakang  pada carta atau torso
12.
2.  Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup
2.3  mendeskripsikan proses pewarisan dan hasil pewarisan sifat beserta penerapannya
12.menentukan rasio hasil persilangan persilangan monohibrida dan dihibrida
12. Persilangan monohibrid dan persilangan dihibrid
13.
3.  Memahami konsep kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
3.2  Menganalisis percobaan listrik dinamis dalam suatu rangkaian  serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

13. Membuat rangkaian komponen listrik dengan berbagai variasi baik seri maupun paralel

13. Menyusun rangkaian listrik seri / paralel
14.
3.  Memahami konsep kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
3.2  Menganalisis percobaan listrik dinamis dalam suatu rangkaian  serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

14. Melakukan percobaan pengukuran kuat arus dan mengukur tegangan dengan menggunakan alat ukur dalam suatu rangkaian
14. Pengukuran kuat arus dan tegangan pada suatu rangkaian
15.
4. Memahami konsep kemagnetan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
4.3 Menerapkan konsep induksi elektromagnetik untuk menjelaskan prinsip kerja beberapa alat yang memanfaatkan prinsip induksi elektromagnetik
15. Menjelaskan hubungan antara pergerakan garis medan magnetik dengan terjadinya gaya gerak listrik induksi melalui percobaan

15. Menyelidiki timbulnya GGL dan arus induksi





















KOP SEKOLAH
CONTOH
 
 



LAPORAN KEGIATAN SISWA
UJIAN PRAKTIK IPA
No. Peserta        : ……………………………………
Nama                    : …………………………………..
Kelas                     :  IX ………….
 
 








Standar Kompetensi :3.  Memahami konsep kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Materi                          : Listrik dinamis
Tujuan                         : …………………………………………………………… (  5 )
Nomor Praktikum       : 13
Judul Percobaan         :  Pengukuran kuat arus dan tegangan pada suatu rangkaian
Alat dan bahan            : 1. …………………                                            ( 5 )
                                      2…………………..
                                      3…………………..
                                      4. …………………
Langkah Kerja             :                                                                                       ( 10 )
                        1 . ……………………………….
2.    ………………………………
3.    ………………………………
4.    ………………………………
5.    ………………………………
Hasil/ Tabel Pengamatan :                                                                             (  10 )
                        ………………………………………………………………..
                        ………………………………………………………………..
                        ………………………………………………………………..

Pertanyaan                             : ( Berisi pertanyaan yang sesuai )           (  10 )
                        1…………………………………..
                        2…………………………………..
                        3…………………………………..
                        4…………………………………..
Kesimpulan                 :                                                                             ( 10 )
………………………………………………………………………….
....……………………………………………………………………….
………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………..


















KOP SEKOLAH
 
CONTOH
 
 


LAP0RAN KEGIATAN SISWA
UJIAN PRAKTIK IPA
No. Peserta        : ……………………………………
Nama                    : …………………………………..
Kelas                     :  IX ………….
 
 








Standar Kompetensi : 2.  Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup
Materi                          : Persilangan monohybrid dan persilangan dihibrid
Tujuan                         : …………………………………………………………… (  5 )
Nomor Praktikum       : 11
Judul Percobaan         :  Persilangan monohibrid dan persilangan dihibrid
Alat dan bahan            : 1. …………………                                                        ( 5 )
                                      2…………………..
                                      3…………………..
                                      4. …………………
Langkah Kerja             :                                                                                       ( 10 )
                        1 . ……………………………….
1.    ………………………………
2.    ………………………………
3.    ………………………………
4.    ………………………………
Hasil/ Tabel Percobaan:                                                                                 (  10 )
                        ………………………………………………………………..
                        ………………………………………………………………..
                        ………………………………………………………………..

Pertanyaan                 : ( Berisi pertanyaan yang sesuai )                              (  10 )
                        1…………………………………..
                        2…………………………………..
                        3…………………………………..
                        4…………………………………..
Kesimpulan                 :                                                                           ( 10 )
………………………………………………………………………….
....……………………………………………………………………….
………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………..


8 comments:

  1. Terima kasih udah share mas,,salam kenal ya...

    ReplyDelete
  2. Terima kasih atas pemberitahuannya

    ReplyDelete
  3. cuma materi aja, gk ada soal nya ?

    ReplyDelete
  4. Terima kasih sangat membantu :)) namun lebih membantu jika diberi 1 contoh untuk mengisi laporan ujiannya sprt tujuan, alat dan bahan, tabel, kesimpulan dll. Semoga diubah jd lebih baik dan bermanfaat yaaa!!

    ReplyDelete