Monday, 2 March 2015

PANDUAN UJIAN PRAKTIK PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN KELAS IX TAHUN PELAJARAN 2014/2015

                


PEDOMAN UJIAN PRAKTIK
MATA PELAJARAN : PENJASORKES
TAHUN PELAJARAN 2014/2015











                                                                                                                                                                                                                                                        






PANDUAN UJIAN PRAKTIK
PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN
TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Jenis Sekolah           : SMP/MTS
Alokasi Waktu         : Disesuikan
Mata Pelajaran         : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kurikulum acuan     : KTSP
Kelas                       : IX ( Sembilan )                                                                                                                                
Jumlah Soal             : 16
Bentuk Soal             : Unjuk Kerja                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                
No
SKL
KOMPETENSI DASAR
MATERI
KEGIATAN
Nomor Soal
Jenis Tes
Ket
1
2
3
4
5
6
7
8


1


Mempraktikan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan,  olahraga, atletik dan beladiri serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya







































































1.1.    Mempraktikan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar lanjutan dengan koordinasi yang baik serta nilai kerjasama,teloransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan**)














1.2.            Mempraktikan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola kecil lanjutan dengan koordinasi yang baik serta nilai kerjasama,teloransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan**)



1.3.            Mempraktikan variasi dan kombinasi teknik dasar atletik dengan koordinasi yang baik serta nilai ,teloransi, percaya diri, keberanian, menjaga keselamatan diri, dan orang lain, bersedia berbagi tempat dan peralatan**)














1.4.            Mempraktikan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan olahraga bela diri dengan koordinasi yang baik serta nilai keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri **)


Permainan dan Olahraga
1. Sepakbola







2.  Bola Voli





3.  Bola Basket










1.Bulutangkis





2.Tenis Meja









1.Nomor Lari











2.Nomor Lompat



3.Nomor Lempar







1.Pencak Silat





 2.Karate






v Melakukan variasi dan kombinasi
teknik dasar:
-  menendang bola dengan menggunakan
      kaki  bagian dalam  dan luar,
    - menghentikan bola dengan telapak
      kaki, dan
-  menggiring bola dengan punggung kaki

v Melakukan variasi dan kombinasi teknik
Dasar :
- passing tgn  atas dan passing tgn bawah
- servis tangan atas dan servis tgn bawah
- dan smash

v  Melakukan variasi dan kombinasi
 Teknik dasar:
-  pasing ( chest pass dan bounce pass )
   -  Shooting dan lay up shot
   -  Dribbling Zig-zag

*).Pilih salah 1 dari  3  cabang   ohah raga Permainan tsb
    

v  Melakukan variasi dan kombinasi teknik
      Dasar :
-      Pukulan Forehand
-      Pukulan Backhand
-      Servis

v  Melakukan variasi dan kombinasi teknik
      Dasar :
-      Pukulan Forehand
-      Pukulan Backhand
-      Servis

*). Pilih  salah  1  dari  2 cabang olahraga
    permainan  tsb

v  Melakukan variasi dan kombinasi teknik
dasar :
1.    Lari jarak Pendek 60 M

2.    Lari jarak Menengah 800 M

(dengan memperhatikan teknik start,
teknik berlari dan teknik memasuki
      garis finish )
*) Pilih salah  1 dari 2 nomor lari tsb

v  Melakukan variasi dan kombinasi
teknik dasar :
1.      lompat jauh
2.      Lompat tinggi

3.     lempar lembing
4.     Tolak Peluru
*) Pilih salah  1 dari  4 nomor  tsb
    

v  Melakukan sikap kuda-kuda dan
variasi dan kombinasi teknik dasar :

1.    Pukulan, tangkisan, dan  tendangan


2.    Pukulan, tangkisan, dan  tendangan

*) Pilih salah  1 dari  2 nomor tsb





1






2





3










4





5










6


7







8




9






10





11






Unjuk kerja





Unjuk kerja




Unjuk kerja









Unjuk kerja




Unjuk kerja









Unjuk kerja
Unjuk kerja







Unjuk kerja



Unjuk Kerja






Unjuk kerja




Unjuk kerja






Ujian Praktek Penjasorkes Disesuaikan dengan setuasi dan kondisi sekolah
ybs






2














Mempraktikkan teknik  latihan kekuatan dan
daya tahan otot dengan menggunakan
alat sederhana








2.1.    Mempraktikkan latihan kekuatan, kecepatan, daya tahan dan kelentukan untuk kebugaran jasmani sesuai dengan kebutuhan dengan menggunakan alat sederhana serta nilai semangat, tanggung jawab, disiplin dan percaya diri



Kebugaran      jasmani

Sit Up/Back Up



Lari 2,4 Km










v  Melakukan latihan kekuatan otot perut
dan punggung dan daya tahan otot
( kaki, tangan, perut dan punggung )

v  Melakukan latihan daya tahan jantung
Dan paru-paru
    
    *).Pilih salah 1 dari 2  nomor  aktivitas             kebugaran Jasmani  tsb





12



13









Unjuk kerja


Unjuk kerja






















3

















4.

Mempraktikkan senam lantai  dan Senam irama dengan alat dan tanpa alat














Memperaktikkan  teknik renang gaya
Bebas, gaya dada,  gaya punggung dan gaya kupu-kupu

3.1.    Mempraktikkan rangkaian senam lantai tanpa alat serta nilai percaya diri, kerjasama, disiplin keberanian dan keselamatan




3.2.    Mempraktikkan rangkaian aktivitas ritmik tanpa alat dengan koordinasi gerak yang baik serta nilai disiplin, teloransi, kelewesan dan estetika


4.1.Mempraktikkan koordinasi teknik dasar gerakan kaki, dan lengan serta pandangan dengan jarak tertentu serta nilai-nilai disiplin, keberanian, dan kebersihan

Senam Lantai









Senam Irama







Aquatic (Renang)


v  Melakukan rangkaian gerakan senam :
1.      Roll depan
2.      Roll belakang
3.      Meroda
4.      Hand Stand
5.      Kopstand

     Pilih 3 rangkaian gerakan dari  5
     nomor senam lantai tsb

Melakukan gerak rangkai ayunan satu lengan dan gerak langkah kaki dengan koordinasi yang baik
( dengan memperhatikan factor keindahan
   dan kesesuaian gerak dengan irama )

*). Pilih  salah  1 dari 2 nomor senam

v  Melakukan gerakan renang  :
1.      Gaya Bebas
2.      Gaya Dada
3.      Gaya Punggung
4.      Gaya Kupu-kupu

*). Pilih  salah  1 dari  4 gaya renang   yang paling di kuasai

14









15







16

Unjuk Kerja








Unjuk kerja






Unjuk kerja

                                                                                                                          
                                                                                                                                                                       Jakarta, 10 Februari 2015

NB: - Dalam Penilaian  pergunakan rubrik Penilaian Penjasorkes                                                             

                                                                                                                                                                                                                                                                     
                                                                                                                                                                                             
                                                                                                                                                                          
                                                                                 
                                                                                                                                    
                                                                                                                      
                                                                                                                                        



No comments:

Post a Comment