Thursday, 7 December 2017

KISI-KISI  PENULISAN SOAL KELAS VII
PENILAIAN AKHIR SEMESTER
Jenjang  Sekolah         :           SMP
                                                                        Mata Pelajaran            :           Ilmu Pengetahuan Alam
Alokasi Waktu            :           120 Menit
Jumlah Soal                 :           40 Butir
Bentuk Soal                :           Pilihan Ganda
Tahun Pelajaran           :           2017-2018

NO
KOMPETENSI DASAR
MATERI / SUB MATERI
INDIKATOR SOAL
NOMOR SOAL
1
3.1. Menerapkan konsep pengukuran berbagai
       besaran dengan menggunakan satuan
       standard (baku)

4.1. Menyajikan data hasil pengukuran dengan
       alat ukur yang sesuai pada diri sendiri,
       makhluk hidup lain, dan benda-benda di
       sekitar dengan menggunakan satuan tak
       baku dan satuan baku
Pengukuran


Peserta didik dapat membedakan besaran dan bukan besaran jika diberikan beberapa pernyataan

1

Peserta Didik dapat melakukan pengukuran besaran waktu jika diberikan gambar stopwatch

2
Peserta didik dapat melakukan pengukuran besaran volume jika diberikan gambar .

3
Besaran Pokok

Peserta didik dapat menentukan besaran pokok jika diberikan data hasil pengamatan

4
Peserta didik dapat menyebutkan macam-macam besaran pokok beserta satuannya jika diberikan tabel berbagai besarn

5
Besaran Turunan
Peserta Didik dapat menyebutkan macam-macam besaran turunan beserta satuannya jika diberikan tabel berbagai besaran

6
2
3.2. Mengklasifikasikan makhluk hidup dan
       benda berdasarkan karakteristik yang
       diamati

4.2. Menyajikan hasil pengklasifikasian
       makhluk hidup dan benda di lingkungan
       sekitar berdasarkan karakteristik yang
       diamati
Membedakan makhluk hidup dan tak hidup
Peserta didik dapat menyebutkan salah satu ciri makhluk hidup jika diberikan gambar aktivitas makhluk hidup
7
Kunci determinasi
Peserta didik dapat menentukan kunci determinasi hewan jika diberikan data kunci determinasi
8
Mikroskop
Peserta didik dapat mengurutkan langkah penggunaan mikroskop yang benar jika diberikan gambar mikroskop
9
Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan prinsip klasifikasi
Peserta didik dapat menyebutkan urutan takson pada hewan jika diberikan nama takson
10
Peserta didik dapat menentukan kelompok hewan jika diberikan ciri-cirinya
11
Peserta didik dapat menentukan hewan-hewam yang satu kelompok jika diberikan data beberapa hewan
12
Peserta didik dapat menyebutkan ciri-ciri tumbuhan monokotil jika diberikan beberapa pernyataan
13

3
3.3. Menjelaskan konsep campuran dan zat
       tunggal (unsur dan senyawa), sifat fisika
       dan kimia, perubahan fisika dan kimia
       dalam kehidupan sehari-hari.

4.3. Menyajikan hasil penyelidikan atau karya
       tentang sifat larutan, perubahan fisika dan
       perubahan kimia, atau pemisahan
      campuran.
Karakteristik materi, unsur, senyawa dan campuran

Peserta didik dapat menentukan kelompok unsur jika diberikan data
14
Peserta didik dapat menentukan campuran heterogen jika diberikan beberapa contoh campuran
15
Campuran dan sifat larutan asam basa

Peserta didik dapat menentukan larutan yang diuji dengan kertas lakmus jika diberikan data hasil pengamatan
16
Peserta didik dapat menentukan manfaat dari reaksi penetralan
17
Pemisahan campuran

Peserta didik dapat menentukan jenis pemisahan campuran jika diberikan data macam-macam campuran
18
Sifat fisika dan sifat kimia

Peserta didik dapat menyebutkan sifat kimia jika diberikan beberapa pernyataan.

19
Perubahan fisika dan perubahan kimia
Peserta didik dapat menentukan perubahan kimia jika diberikan beberapa contoh perubahan materi
20

NO
KOMPETENSI DASAR
MATERI/SUB MATERI
INDIKATOR SOAL
NO SOAL
21
Menganalisis konsep suhu, pemuaian , kalor, perpindahan kalor dan penerapanya dalam kehidupan sehari-hari termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan
Pengertian suhu
Peserta didik dapat menyebutkan yang dimaksud dengan derajat panas suatu benda
21
22
Menganalisis konsep suhu, pemuaian , kalor, perpindahan kalor dan penerapanya dalam kehidupan sehari-hari termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan
Skala suhu
Disajikan  gambar thermometer  dalam derajat Celsius peserta didik dapat menghitung besar suhu dalam derajat fahreinheit
22
23
Menganalisis konsep suhu, pemuaian , kalor, perpindahan kalor dan penerapanya dalam kehidupan sehari-hari termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan
Skala suhu
Berdasarkan pernyataan yang disajikan, peserta didik dapat menghitung besar suhu yang ditunjukkan oleh thermometer buatan
23
24
Menganalisis konsep suhu, pemuaian , kalor, perpindahan kalor dan penerapanya dalam kehidupan sehari-hari termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan
Jenis-jenis thermometer
Disajikan  4 pernyataan tentang raksa  , peserta didik dapat menentukan 3 keunggulanya sebagai pengisi thermometer
24
25
Menganalisis konsep suhu, pemuaian kalor dan penerapanya dalam kehidupan sehari-hari termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan
Pemuaian pada zat padat
Berdasarkan pernyataan yang disajikan, peserta didik dapat menghitung panjang akhir sebatang logam aluminium setelah mengalami pemanasan 
25
26
Menganalisis konsep suhu, pemuaian kalor dan penerapanya dalam kehidupan sehari-hari termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan
Jumlah kalor
Diberikan pernyataan beserta besaranya, peserta didik dapat menghitung besarnya kenaikan suhu 1 kg air pada proses pemanasan
26
27
Menganalisis konsep suhu, pemuaian kalor dan penerapanya dalam kehidupan sehari-hari termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan
Pemuaian pada zat cair
Berdasarkan pernyataan yang diberikan tentang pemuaian pada zat cair dan zat padat, peserta didik dapat menentukan contoh peristiwa yang merupakan penerapanya
27
28
Menganalisis konsep suhu, pemuaian kalor dan penerapanya dalam kehidupan sehari-hari termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan
Konsep Hubungan Kalor dan Perubahan Suhu Benda
Berdasarkan pernyataan yang disajikan , peserta didik dapat menentukan penyebab pecahnya gelas saat diisi dengan kopi panas
28
29
Menganalisis konsep suhu, pemuaian kalor dan penerapanya dalam kehidupan sehari-hari termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan
Konsep Hubungan Kalor dan Perubahan Zat Benda
Diberikan pernyataan beserta besaranya, Peserta didik dapat menentukan jumlah kalor yang dibutuhkan pada pemanasan besi
29
30
Menganalisis konsep suhu, pemuaian kalor dan penerapanya dalam kehidupan sehari-hari termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan
Hubungan kalor dengan suhu benda
Peserta didik dapat menentukan proses yang terjadi pada pencampuran air dingin dan air panas
30
31
Menganalisis konsep suhu, pemuaian kalor dan penerapanya dalam kehidupan sehari-hari termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan
Kalor dan Perubahan wujud
Peserta didik dapat menentukan proses yang terjadi pada pembuatan kapur barus
31
32
Menganalisis konsep suhu, pemuaian kalor dan penerapanya dalam kehidupan sehari-hari termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan
Kalor dan perubahan wujud benda
Peserta didik dapat menentukan contoh perubahan wujud  cair menjadi padat dalam kehidupan sehari-hari
32
33
Menganalisis konsep suhu, pemuaian kalor dan penerapanya dalam kehidupan sehari-hari termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan
Kalor dan perubahan wujud benda
Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menentukan cara mempercepat penguapan 
33
34
Menganalisis konsep suhu, pemuaian kalor dan penerapanya dalam kehidupan sehari-hari termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan
Perpindahan kalor
Peserta didik dapat menentukan contoh peristiwa perpindahan kalor secara konduksi
34
35
Menganalisis konsep energy, berbagai sumber energy, dan perubahan bentuk energy dalam kehidupan sehari-hari termasuk fotosintesis
Pengertian energi
Peserta didik dapat menentukan pengertian dari energi
35
36
Menganalisis konsep energy, berbagai sumber energy, dan perubahan bentuk energy dalam kehidupan sehari-hari termasuk fotosintesis
Energy kimia
Berdasarkan data yang disajikan , peserta didik dapat menentukan sumber energy kimia
36
37
Menganalisis konsep energy, berbagai sumber energy, dan perubahan bentuk energy dalam kehidupan sehari-hari termasuk fotosintesis
Energy kinetik
Berdasarkan gambar yang disajikan , peserta didik dapat menentukan jenis energy yang dimilikinya
37
38
Menganalisis konsep energy, berbagai sumber energy, dan perubahan bentuk energy dalam kehidupan sehari-hari termasuk fotosintesis
Perubahan energi
Peserta didik dapat menentukan alat yang dapat merubah energy gerak  menjadi energy listrik
38
39
Menganalisis konsep energy, berbagai sumber energy, dan perubahan bentuk energy dalam kehidupan sehari-hari termasuk fotosintesis
Konsep energi
Peserta didik dapat menentukan cara menghemat enertgi
39
40
Menganalisis konsep energy, berbagai sumber energy, dan perubahan bentuk energy dalam kehidupan sehari-hari termasuk fotosintesis
Bentuk perubahan energi
Berdasarkan gambar yang disajikan, peserta didik dapat menentukan bentuk perubahan energy yang terjadi
40



No comments:

Post a Comment