Wednesday, 14 May 2014

KISI-KISI PENULISAN SOAL BAHASA INGGRIS ULANGAN KENAIKAN KELAS VIII TAHUN PELAJARAN 2013-2014

KISI-KISI PENULISAN SOAL ULANGAN KENAIKAN KELAS TAHUN PELAJARAN 2013-2014
Jenis Sekolah               : SMP/MTs
Mata Pelajaran           : Bahasa  Inggris
Acuan                             : KTSP
Alokasi Waktu             : 120’
Jumlah Soal                  : 50
Bentuk Soal                  : Pilihan Ganda
Bahan Kelas/Sem       : 8 (delapan) / 2

NO
KOMPETENSI DASAR
BAHAN SEMESTER
MATERI
INDIKATOR
NOMOR SOAL
1
Mengungkapkan makna dalam percakapan  transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, meminta, memberi dan mengingkari informasi, meminta, memberi, dan menolak pendapat, dan menawarkan / menerima / menolak sesuatu.

2
Ungkapan meminta, memberi, menolak jasa
Disajikan sebuah dialog singkat yg memuat ungkapan meminta, memberi, menolak jasa  yg digaris bawahi, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang maksud dari ungkapan tersebut dengan tepat.
1
2
Mengungkapkan makna dalam percakapan  transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, meminta, memberi dan mengingkari informasi, meminta, memberi, dan menolak pendapat, dan menawarkan / menerima / menolak sesuatu.

2
Ungkapan meminta, memberi, menolak barang
Disajikan sebuah dialog pendek yang belum lengkap, siswa dapat menentukan ungkapan meminta, memberi, menolak barang  yang tepat untuk melengkapinya.
2
3
Mengungkapkan makna dalam percakapan  transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, meminta, memberi dan mengingkari informasi, meminta, memberi, dan menolak pendapat, dan menawarkan / menerima / menolak sesuatu.

2
Ungkapan meminta, memberi, menolak pendapat.
Disajikan sebuah dialog singkat yg memuat ungkapan meminta, memberi, menolak pendapat  yang digaris bawahi, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang maksud dari ungkapan tersebut dengan tepat.
3
4
Mengungkapkan makna dalam percakapan  transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi persetujuan, merespon pernyataan, memberi perhatian terhadap pembicara, mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan, serta mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan telepon

2
Ungkapan memberi perhatian terhadap pembicara
Disajikan sebuah dialog pendek yang belum lengkap, siswa dapat menentukan ungkapan memberi perhatian terhadap pembicara  yang tepat untuk melengkapinya.
4
5
Mengungkapkan makna dalam percakapan  transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi persetujuan, merespon pernyataan, memberi perhatian terhadap pembicara, mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan, serta mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan telepon

Ungkapan untuk meminta, memberi persetujuan
Disajikan sebuah dialog singkat yg memuat ungkapan meminta, memberi persetujuan  yang digaris bawahi, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang maksud dari ungkapan tersebut dengan tepat.
5
6
Mengungkapkan makna dalam percakapan  transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi persetujuan, merespon pernyataan, memberi perhatian terhadap pembicara, mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan, serta mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan telepon

Ungkapan mengawali, memperpanjang, menutup percakapan
Disajikan sebuah dialog pendek yang belum lengkap, siswa dapat menentukan ungkapan mengawali, memperpanjang, menutup percakapan yang tepat untuk melengkapinya.
6
7
 Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar.
(Reading)

2
Makna notice
Disajikan sebuah notice, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang makna dari notice tersebut dengan tepat.
7
8
Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar.
(Reading)
2
Makna caution
Disajikan sebuah caution, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang makna dari caution tersebut dengan tepat.
8
9
Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
(Reading)

2
Undangan pesta:
Informasi  tertentu
Disajikan sebuah teks berupa undangan pesta ulang tahun, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi tertentu dalam teks tersebut dengan tepat.
9
2
Informasi tersirat
Disajikan teks yang sama , siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi tersirat di dalam teks tersebut dengan tepat.
10
2
Tujuan komunikatif teks
Disajikan teks yang sama , siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang tujuan komunikatif teks tersebut dengan tepat.
11
10
Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
(Reading)

2
Pesan singkat:
Informasi rinci
Disajikan sebuah teks berupa pesan pendek tentang suatu kegiatan tertentu di sekolah, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi rinci dalam teks tersebut dengan tepat.
12
2
Tujuan komunikatif teks
Disajikan teks yang sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang tujuan komunikatif teks tersebut dengan tepat.
13
11
Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
(Reading)

2
Teks Pengumuman:
Informasi rinci
Disajikan sebuah teks berupa pengumuman tentang  kegiatan di sekolah, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi rinci dalam teks tersebut dengan tepat.
14
2
Makna kata/frasa
Disajikan sebuah kalimat yang dikutip dari teks  yg sama , siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang makna kata/frasa tersebut dengan tepat.
15
2
Informasi tersirat
Disajikan teks yang sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi tersirat di dalam teks tersebut dengan tepat.
16
12
Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
(Reading)

2
Teks IKLAN:
Informasi tertentu
Disajikan sebuah teks berupa iklan suatu produk/barang terkait dengan dunia sekolah, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi tertentu dalam  teks tersebut dengan tepat.

17
2
Informasi rinci
Disajikan teks yang sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi rinci dalam  teks tersebut dengan tepat.
18
2
Informasi tersirat
Disajikan teks yang sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi tersirat dalam  teks tersebut dengan tepat.

19
13
Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
(Reading)

2
Teks Schedule:
Gambaran umum isi teks
Disajikan sebuah teks berupa schedule tentang perjalanan darat siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang gambaran umum isi teks tersebut dengan tepat.

20
2
Informasi rinci
Disajikan teks yg sama , siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi rinci dalam  teks tersebut dengan tepat.

21
2
Informasi tersirat
Disajikan teks yg sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi tersirat dalam  teks tersebut dengan tepat.
22
14
Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
(Reading)

2
Teks Greeting card:
Informasi tertentu


Disajikan sebuah teks berupa greeting card tentang sukses juara kelas, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi tertentu dalam teks tersebut dengan tepat.

23

Informasi rinci
Disajikan teks yg sama , siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi rinci dalam  teks tersebut dengan tepat.

24
15
Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima  yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount  dan narrative
(reading)

2
Teks RECOUNT 1:
Gambaran umum isi teks
Disajikan sebuah teks recount  tentang liburan sekolah ,  siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang gambaran umum isi teks tersebut dengan tepat.
25
2
Informasi tertentu
Disajikan teks yang sama,  siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi tertentu dalam teks tersebut dengan tepat.
26
2
Pokok pikiran suatu paragraf
Disajikan teks yg sama ,  siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang pokok pikiran salah satu paragraph dalam teks tersebut dengan tepat.
27
2
Rujukan kata
Disajikan sebuah kalimat yang dikutip dari teks yang sama yang memuat kata ganti tertentu yang digaris bawahi, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang kata rujukan dari kata ganti tersebut dengan tepat.
28
16
Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima  yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount  dan narrative
(reading)

2
Teks NARRATIVE 1
Informasi rinci
Disajikan sebuah teks berbentuk narrative tentang fabel,  siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi rinci dalam teks tersebut dengan tepat.
29
2
Informasi tersirat
Disajikan teks yg sama  ,  siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi tersirat dalam teks tersebut dengan tepat.
30
2
Tujuan komunikatif teks
Disajikan teks yg sama ,  siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang tujuan komunikatif teks tersebut dengan tepat.
31
2
Pesan moral
Disajikan teks yg sama ,  siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang pesan moral dalam teks tersebut dengan tepat.
32
17
Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima  yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount  dan narrative
(reading)

2
Teks RECOUNT 2:
Gambaran umum isi teks
Disajikan sebuah teks berbentuk recount  tentang pengalaman tak terlupakan,  siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang gambaran umum isi teks  tersebut dengan tepat.

33
2
Informasi tertentu
Disajikan teks yg sama ,  siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi tertentu dalam teks tersebut dengan tepat.
34
2
Informasi rinci
Disajikan teks yg sama ,  siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi rinci dalam teks tersebut dengan tepat.
35
2
Makna kata/frasa/kalimat
Disajikan sebuah kalimat yang dikutip dari teks  yg sama , siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang makna kata dari kata tersebut dengan tepat.
36
18
Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima  yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount  dan narrative
(reading)

2
Teks NARRATIVE 2:
Gambaran umum isi teks
Disajikan sebuah teks berbentuk narrative  tentang folktale,  siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang gambaran umum isi teks  tersebut dengan tepat.

37
2
Informasi tertentu
Disajikan teks yg sama ,  siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi tertentu dalam teks tersebut dengan tepat.
38
2
Informasi rinci
Disajikan teks yg sama ,  siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi rinci dalam teks tersebut dengan tepat.
39
2
Pesan moral
Disajikan teks yg sama ,  siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang pesan moral dalam teks tersebut dengan tepat.
40
19
Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount dan narrative (Writing)
2
Teks RECOUNT:
Penggunaan kata benda
Disajikan sebuah teks berbentuk recount yang tidak lengkap, siswa dapat melengkapi jawaban pertanyaan dengan kata benda dengan tepat
41
2
Penggunaan kata kerja
Disajikan sebuah teks recount  sama dan tidak lengkap, siswa dapat melengkapi jawaban pertanyaan dengan kata kerja dengan tepat
42
2
Penggunaan kata penghubung/conjunction: and, or, but, so
Disajikan sebuah teks recount  yang sama dan tidak lengkap, siswa dapat melengkapi jawaban pertanyaan dengan kata sifat dengan tepat
43
20
Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount dan narrative (Writing)
2
Teks NARRATIVE:
Penggunaan Subject pronoun
Disajikan sebuah teks berbentuk narrative yang tidak lengkap, siswa dapat melengkapi jawaban pertanyaan dengan kata ganti subject pronoun dengan tepat
44
2
Penggunaan kata depan
Disajikan sebuah teks berbentuk narrative yang sama dan tidak lengkap, siswa dapat melengkapi jawaban pertanyaan dengan kata kerja  dengan tepat
45
2
Penggunaan kata sifat
Disajikan sebuah teks berbentuk narrative yang sama dan tidak lengkap, siswa dapat melengkapi jawaban pertanyaan dengan kata sifat  dengan tepat
46
21
Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount dan narrative (Writing)
2
Paragraph yang padu
Disajikan kalimat-kalimat dari salah satu paragraph teks recount sederhana yang diacak, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang susunan kalimat yang tepat untuk membentuk paragraph yang padu.


47
2
Paragraph yang padu
Disajikan kalimat dari salah satu paragraph teks narrative sederhana yang diacak, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang susunan kalimat yang tepat untuk membentuk paragraph yang padu.
48
22
Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount dan narrative (Writing)
2
Kalimat majemuk setara (Compound Sentence)
Disajikan kata-kata acak dari sebuah kalimat majemuk setara (compound sentence), siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang susunan kata-kata yang tepat untuk membentuk kalimat majemuk yang bermakna.
49
23
Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount dan narrative (Writing)
2
Kalimat sederhana (simple sentence) past tense
Disajikan kata-kata acak dari sebuah kalimat sederhana, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang susunan kata-kata yang tepat untuk membentuk kalimat sederhana  yang bermakna.
50




No comments:

Post a Comment