Wednesday, 14 May 2014

KISI-KISI PENULISAN SOAL BAHASA INGGRIS ULANGAN KENAIKAN KELAS VII TAHUN PELAJARAN 2013-2014

KISI-KISI PENULISAN SOAL ULANGAN KENAIKAN KELAS  TAHUN PELAJARAN 2013-2014
                                                                                                Jenis Sekolah              :  SMP /MTs
                                                                        Mata Pelajaran          :  Bahasa Inggris
                                                                        Kelas/smtr                  :  VII( Tujuh)/ 2
                                                                        Kurikulum Acuan       :  KTSP
                                                                        Alokasi Waktu                       :  120 menit
                                                                        Jumlah Soal                :  50
                                                                        Bentuk Soal                :  Pilihan Ganda
                                                                        Bahan Kelas/Semester          :  VII/2

NO
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
BAHAN KELAS/
SEMESTER
MATERI
INDIKATOR
NO
SOAL
1
Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sangat sederhana  dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat,lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan linkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi jasa,meminta dan memberi barang ,serta meminta dan memberi fakta.


VII/2
Ungkapan meminta barang.
  • Gambaran umum

Disajikan sebuah dialog singkat yang memuat ungkapan meminta barang, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang   gambaran umum  dialog dengan tepat.


1
  • Informasi tertentu
Disajikan sebuah dialog yangsama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi tertentu dalam dialog dengan tepat
2
  • Rujukan kata

Disajikan sebuah kalimat yang dikutip dari teks yang sama yang memuat kata ganti tertentu yang digaris bawahi, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang kata rujukan dari kata ganti tersebut dengan tepat.
3
2
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksionaldan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional ( toget things done ) dan interpersonal (bersosialisasi)sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisansecara akurat , lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan member pendapat, menyatakan suka dan tidak suka, meminta klarifikasi, merespon secara interpersonal.
VII/2
Transactional/Interpersonal
( Asking for clarification)

·         Gambaran umum
Disajikan sebuah dialog singkat yang memuat ungkapan meminta klarifikasi, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang  gambaran umum dalam  dialog dengan tepat.

4




·         Makna ungkapan
\ Disajikan sebuah  kalimat yang dikutip dari dialog yang sama yang memuat ungkapan klarifikasi , siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang  makna dari ungkapan tersebut  dengan tepat.
5
  • Informasi tersirat
Disajikan sebuah dialog yang sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi tersirat dalam teks dengan tepat
6
3
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksionaldan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional ( toget things done ) dan interpersonal (bersosialisasi)sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisansecara akurat , lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan member pendapat, menyatakan suka dan tidak suka, meminta klarifikasi, merespon secara interpersonal.
VII/2
Transaksional/Interpersonal.
  • Ungkapan menyatakan suka

Disajikan sebuah dialog pendek sederhana yang belum lengkap, siswa dapat menentukan ungkapan menyatakan suka yang tepat untuk melengkapinya.
7
4
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksionaldan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional ( toget things done ) dan interpersonal (bersosialisasi)sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisansecara akurat , lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan member pendapat, menyatakan suka dan tidak suka, meminta klarifikasi, merespon secara interpersonal.
VII/2
·         Ungkapan meminta pendapat
Disajikan sebuah  dialog pendek sederhana yang belum lengkap siswa dapat menentukan ungkapan meminta pendapat yang tepat untuk melengkapinya.
8
5
Memahami makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat.

VII/2
Short Functional Text
Greeting Card
·         Informasi tertentu

Disajikan sebuah teks berbentuk greeting card, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi tertentu dalam  teks  dengan tepat.

9
·         Tujuan komunikatif.
Disajikan teks yang sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang tujuan komunikatif teks  tersebut dengan tepat.
10
6
Memahami makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat.


VII/2
Prohibition

·         Makna teks
Disajikan sebuah teks berbentuk prohibition, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang makna dari  prohibition tersebut dengan tepat.

11
7
Memahami makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat.


VII/2

Shopping List

·         Informasi tertentu
Disajikan sebuah teks berupa shopping list terkait dunia sekolah, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi tertentu dalam teks tersebut dengan tepat.

12

·         Makna kata/frasa/kalimat

Disajikan sebuah kalimat yang dikutip dari teks yang sama yang salah satu katanya di garis bawahi, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan  tentang makna kata tersebut dengan tepat.
13

·         Informasi rinci
Disajikan sebuah teks yang sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi rinci dalam teks tersebut dengan tepat.
Informasi rinci
14
·         Tujuan komunikatif
Disajikan teks yang sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang tujuan komunikatif teks tersebut dengan tepat.

15
8
Memahami makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat.

VII/2
Short Instruction
  • Makna Short Instruction
Disajikan sebuah teks berupa short instruction, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang makna dari instruction tersebut dengan tepat.

16
9
Memahami makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
VII/2

Announcement
  • Informasi tertentu
Disajikan sebuah teks berupa announcement terkait dengan kegiatan siswa, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi tertentu dalam teks dengan tepat.

17
  • Informasi rinci
Disajikan teks  yang sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi rinci dalam  teks dengan tepat.
18
  • Tujuan komunikatif
Disajikan teks yang sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang tujuan komunikatif dari teks dengan tepat.
19
  • Makna kata / frasa/ kalimat
Disajikan sebuah kalimat yang di kutip dari teks yang sama, yang salah satu katanya digaris bawahi , siswa dapat menentukan makna kata/frasa tersebut  dengan tepat.

20
10
Memahami makna  teks tulis fungsional dan esei pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
Merespon makna dan langkah retorika secara akurat,lancar dan berterima dalam esei sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive dan procedure
VII/2
Descriptive Text:
Tempat(Library))
  • Informasi tertentu
Disajikan sebuah teks berbentuk descriptive tentang Library, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi tertentu dalam teks dengan tepat.

21
  • Informasi rinci

Disajikan teks yang sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi rinci dalam teks dengan tepat
22
  • Pokok Pikiran
Disajikan teks yang sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang pokok pikiran dari paragraph tertentu dalam  teks  dengan tepat.

23
  • Rujukan kata
Disajikan sebuah kalimat yang di kutip  dari teks yang sama, yang memuat kata ganti tertentu  yang di garis bawahi, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang kata rujukan dari kata ganti tersebut dengan tepat.

24

11
Memahami makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
VII/2
ProcedureText
Tentang  membuat sesuatu
  • Informasi tertentu
Disajikan sebuah teks procedure tentang cara membuat sesuatu, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi tertentu dalam teks dengan tepat.

25
  • Informasi rinci
Disajikan sebuah teks procedure yang sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi rinci dalam teks dengan tepat.

26






  • Tujuan komunikatif
Disajikan teks yang sama , siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang  tujuan komunikatif teks dengan tepat.
27
  • Rujukan kata
Disajikan sebuah kalimat yang di kutip dari teks yang sama yang memuat kata ganti tertentu yang di garis bawahi, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang kata rujukan dari kata ganti tersebut dengan tepat.
28
12
Memahami makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
Merespon makna dan langkah retorika secara akurat,lancar dan berterima dalam esei sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive dan procedure
VII/2
Descriptive text.
Orang/Tokoh
  • Gambaran umum
Disajikan sebuah teks descriptive tentang seseorang, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang  gambaran umum isi teks tersebut dengan tepat.

29
  • Informasi tertentu
Disajikan teks  yang sama,siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang  informasi tertentu dalam  teks dengan tepat
30
  • Pokok pikiran
Disajikan teks yang sama , siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang pokok pikiran paragraf tertentu dengan tepat.

31
  • Tujuan komunikatif teks
Disajikan  teks yang sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang  tujuan komunikatif teks dengan tepat.

32
13
Memahami makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
Merespon makna dan langkah retorika secara akurat,lancar dan berterima dalam esei sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive dan procedure
VJJ/2
Procedure text
Tentang Minuman

  • Informasi tertentu
Disajikan sebuah teks procedure terkait dengan  minuman,siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang  informasi tertentu dalam teks dengan tepat
33




  • Informasi rinci
Disajikan  teks procedure yang sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang  informasi rinci dalam  teks dengan tepat.
34
  • Makna kata
Disajikan sebuah kalimat yang di kutip dari teks yang sama, yang salah satu katanya digaris bawahi, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan  tentang  makna kata tersebut dengan tepat.
35
14
Memahami makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
Merespon makna dan langkah retorika secara akurat,lancar dan berterima dalam esei sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive dan procedure
VII/2
Descriptive text
Tentang Benda kesayangan

  • Informasi tertentu
Disajikan sebuah teks descriptive tentang benda kesayangan, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang  informasi tertentu dalam teks dengan tepat.
36
  • Pokok pikiran
Disajikan teks yang sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang pokok pikiran salah satu paragraph teks dengan tepat.
37
  • Informasi rinci
Disajikan sebuah teks yang sama,siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang  informasi rinci dalam teks dengan tepat
38
15
Memahami makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
Merespon makna dan langkah retorika secara akurat,lancar dan berterima dalam esei sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive dan procedure
VII/2
Procedure text
Tentang cara membuat sesuatu/mengoperasikan sesuatu

  • Penggunaan kata benda
Disajikan sebuah teks procedure tentang cara membuat sesuatu dengan empat rumpang yang masing- masing rumpangnya diberi nomor, siswa dapat menentukan kata benda yang tepat untuk melengkapinya.
39
  • Penggunaan kata kerja
Disajikan teks yang sama, siswa dapat menentukan kata kerja yang tepat untuk melengkapinya.
40
  • Penggunaan kata sifat
Disajikan teks yang sama, siswa dapat menentukan kata sifat yang tepat untuk melengkapinya.
41
  • Penggunaan adverb of manner
Disajikan teks yang sama, siswa dapat menentukan kata keterangan (adverb of manner) yang tepat untuk melengkapinya.
42
16
Memahami makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
Merespon makna dan langkah retorika secara akurat,lancar dan berterima dalam esei sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive dan procedure
VII/2
Descriptive text
Tentang binatang kesayangan
  • Informasi tertentu
Disajikan sebuah teks descriptive tentang binatang kesayangan,siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang  informasi tertentu dari teks dengan tepat.
43
  • Pokok pikiran
Disajikan teks  yang sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang pokok pikiran dari salah satu paragraf dengan tepat.
44
  • Makna kata/frasa atau kalimat
Disajikan sebuah kutipan kalimat dari teks yang sama, yang salah satu katanya digaris bawahi, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan  tentang makna kata /frasa tersebut dengan tepat.
45
17












18
Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat



Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat ,lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive dan procedure


Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat ,lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive dan procedure

VII/2
Teks descriptive
  • Penggunaan kata kerja

Disajikan sebuah teks descriptive tentang tokoh tertentu dengan tiga rumpang yang masing-masing  rumpangnya diberi nomor, siswa dapat menentukan kata kerja yang tepat untuk melengkapinya.
46
  • Penggunaan  kata sifat
Disajikan teks yang sama, siswa dapat menentukan kata kata sifat yang tepat untuk melengkapinya.
47
  • Penggunaan kata benda
Disajikan teks yang sama, siswa dapat menentukan kata kata benda yang tepat untuk melengkapinya.
48
  • Kalimat perintah
Disajikan kata-kata acak dari sebuah kalimat perintah, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan  tentang susunan kata-kata yang tepat untuk membentuk kalimat perintah yang tepat.
49
19
Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat ,lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive dan procedure
VII/2
Prosedure text
  • Paragraph yang padu
Disajikan kalimat – kalimat dari teks procedure sederhana yang diacak, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang susunan kalimat yang tepat untuk membentuk teks procedure yang padu.
50



No comments:

Post a Comment