Wednesday, 14 May 2014

KISI-KISI PENULISAN SOAL IPA KELAS VII ULANGAN KENAIKAN KELAS TAHUN PELAJARAN 2013-2014

KISI-KISI PENULISAN SOAL KELAS VII
ULANGAN KENAIKAN KELAS
Jenis Sekolah       :      SMP
Mata Pelajaran     :      Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Alokasi Waktu    :      120 menit
Jumlah Soal         :      40 Butir
Bentuk Soal         :      Pilihan Ganda
Tahun Ajaran       :      2013 – 2014


No
Kompetensi Dasar

Kelas/ semester
    Uraian Materi
Indikator   Soal
No.
Soal
1
5.1 Melaksanakan pengamatan obyek secara sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotik dan abiotik.

VII / 2

Gejala alam biotik dan abiotik

Disajikan beberapa pernyataan/data tabel tentang gejala-gejala alam, siswa dapat menentukan pernyataan/data yang merupakan gejala alam abiotik.
1


Siswa dapat menentukan langkah metode ilmiah dengan benar.


2

Disajikan pernyataan/kasus yang berhubungan dengan langkah-langkah metode ilmiah, siswa dapat menentukan bentuk langkah metode ilmiah berdasar pernyataan/kasus.
3
2
5.2 Menganalisis data percobaan gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beratur-an serta perubahannya dalam kehidupan sehari-hari.

VII / 2

Gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan


Disajikan contoh/gambar tentang GLBB, siswa  dapat mengidentifikasi jenis gerak yang dihasilkan.

4

Siswa dapat menentukan kecepatan atau kelajuan suatu benda  pada gerak GLB dengan besaran yang lain diketahui
5
Disajikan beberapa gambar grafik tentang gerak lurus beraturan, siswa dapat menentukan salah satu grafik yang menunjukkan gerak dipercepat.

6


3
5.3 Menggunakan mikroskop dan peralatan pendukung lainnya untuk mengamati gejala-gejala kehidupan.
VII / 2

Mikroskop dan alat
Laboratorium.

Ditampilkan gambar mikroskop, siswa  dapat menentukan salah satu bagian yang memiliki fungsi tertentu.

7


Disajikan beberapa gambar/pernyataan langkah-langkah pengamatan obyek mikroskopis dengan menggunakan mikroskop,siswa dapat menentukan urutan langkah-langkah penggunaan mikroskop dengan benar

8


Dengan data-data perbesaran pada lensa okuler dan lensa objektif siswa dapat menentukan perbesaran objek yang sedang diamati

9
Disajikan gambar salah satu alat laboratorium yang sering digunakan, siswa dapat menjelaskan fungsi alat tersebut
10

4
5.4 Menerapkan keselamatan kerja dalam melakukan pengamatan gejala-gejala alam.

VII / 2

Keselamatan Kerja
Disajikan salah satu simbol jenis bahan kimia berbahaya yang terdapat dalam laboratorium, siswa dapat menjelaskan arti dari simbol tersebut.
11

Siswa  dapat memberi contoh jenis bahan kimia tertentu yang memiliki sifat berbahaya
12
Diberikan contoh kasus kecelakaan kecil yang terjadi di laboratorium saat praktikum, siswa dapat menentukan jenis tindakan yang tepat untuk mengatasinya. 
13
5
6.1 Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup.

VII / 2

Ciri-ciri Makhluk Hidup.

Disajikan gambar percobaan kegiatan pada makhluk hidup, siswa dapat menentukan ciri makhluk hidup yang sesuai dengan percobaannya.
14


Dengan pernyataan kegiatan yang dilakukan makhluk hidup siswa dapat menentukan ciri makhluk hidup yang dilakukannya


15

Disajikan pernyataan tentang salah satu ciri makhluk hidup, siswa dapat menentukan salah satu ciri makhluk hidup yang berkenaan dengan fungsi kelestarian jenis

16

6
6.2  Mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki
VII / 2

Klasifikasi Makhluk
Hidup.

Siswa dapat menentukan urutan takson pada hewan atau tumbuhan
17


Disajikan beberapa gambar tumbuhan, siswa dapat menentukan tumbuhan yang termasuk dalam kelompok tanaman paku.
18

Disajikan data/gambar/pernyataan tentang tanaman monokotil / dikotil, siswa dapat mengelompokkan tanaman berdasar ciri sesuai data/pernyataan
19


Siswa dapat memberi contoh makhluk hidup termasuk kelompok monera

20
Disajikan beberapa gambar Avertebrata, siswa dapat mengelompokkan hewan tersebut berdasar kesamaan ciri yang dimiliki.
21
Dengan pernyataan ciri-ciri hewan vertebrata tertentu ,siswa dapat menentukan kelompok hewan vertebrata yang sesuai dengan ciri-ciri tersebut.

22
Siswa dapat menentukan penulisan nama ilmiah spesies tertentu dengan benar
23
Disajikan gambar/data makhluk hidup dan kunci determinasi sederhana , siswa dapat menentukan mahkluk hidup  tertentu berdasarkan kunci determinasi.


24

7
6.3  Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme.

VII / 2

Organisasi Kehidupan.

Disajikan gambar penampang sel tumbuhan, siswa dapat
menjelaskan fungsi bagian/organel yang ditunjuk
25
Siswa dapat membedakan organel –organel yang terdapat pada sel tumbuhan dengan sel hewan

26

Siswa dapat menjelaskan peran mitokondria/retikulum endoplasma/ribosom dalam sel
27
Disajikan gambar salah satu jaringan pada hewan, siswa dapat menjelaskan fungsi jaringan tersebut
28
Disajikan gambar penampang melintang batang tanaman dikotil, siswa dapat menjelaskan fungsi bagiannya
29
Disajikan gambar penampang melintang daun, siswa dapat menentukan bagian yang berfungsi pada proses tertentu.
30
Disajikan data nama beberapa organ penyusun sistem organ tertentu, siswa dapat menentukan urutan sistem organ tertentu pada manusia.
31
8
7.1 Menentukan ekosistem dan saling hubungan antara komponen ekosistem

VII / 2

Ekosistem

Dengan daftar ekosistem ,siswa dapat mengelompokan ekosistem itu kedalam ekosistem alami atau ekosistem buatan
32


Disajikan gambar tentang ekosistem buatan, siswa dapat menentukan komponen biotik yang berperan sebagai konsumen pada tingkat tertentu
33

Dengan daftar beberapa tumbuhan dan hewan yang terdapat ekosistem tertentu siswa dapat meyusun menjadi satu rantai makanan

34
9
7.2 Mengidentifikasi pentingnya keanekaragaman makhluk  hidup dalam pelestarian ekosistem.

VII / 2

Pola Interaksi Ekosistem

Disajikan gambar jaring makanan suatu ekosistem tertentu, siswa dapat menjelaskan pengaruh yang terjadi pada ekosistem tersebut apabila salah satu komponen penyusunnya berkurang/punah
35

Disajikan beberapa pernyataan/gambar tentang interaksi antar spesies, peserta didik dapat menentukan jenis interaksinya




36


10
7.3 Memprediksi pengaruh kepadatan populasi manusia terhadap lingkungan

VII / 2

Kepadatan Populasi
Manusia

Disajikan grafik/tabel/ data tentang pertumbuhan penduduk secara pesat di suatu daerah selama periode waktu tertentu, siswa dapat menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tersebut.
37
Disajikan data/pernyataan kepadatan penduduk siswa dapat menjelaskan hubungannya dengan kualitas lingkungan
38
VII / 2

Pencemaran Lingkungan

Diberikan gambar/pernyataan tentang pencemaran/kerusakan lingkungan tertentu, siswa dapat menjelaskan usaha yang harus dilakukan oleh manusia untuk mengatasinya
39



Disajikan pernyataan/kasus/data tentang tindakan manusia terhadap pengelolaan lingkungan tertentu, siswa dapat menjelaskan akibat yang dapat ditimbulkan oleh tindakan tersebut.
40


           
                                                                                                                                                Penyusun

                                                                                                                                                Hadi Suratno

No comments:

Post a Comment