Wednesday, 14 May 2014

KISI-KISI SOAL BAHASA INDONESIA ULANGAN KENAIKAN KELAS VII TAHUN PELAJARAN 2013-2014




PEMERINTAH PROVINSI DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA
DINAS PENDIDIKAN
MUSYAWARAH KERJA KEPALA SEKOLAH (MMKS) SMP DKI JAKARTA


KISI-KISI SOAL
ULANGAN KENAIKAN KELAS (UKK)
Tahun 2013/2014


Mata Pelajaran                    : Bahasa Indonesia                                                                                                           
Kelas                                     : VII (Tujuh)                                                                                                             
Kurikulum Acuan               : KTSP
Waktu                                    : 120 menit
Aspek                                    : Membaca dan Menulis

                                    Disusun oleh:

Penyusun                             : Tim MGMP Bahasa Indonesia SMP
                                                   Provinsi DKI Jakarta






No.
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Bahan/Kelas
Semester
Materi
Indikator
No. Soal
1
Memahami wacana tulis melalui kegiatan membaca intensif dan membaca memindai
Mengungkapkan  hal-hal yang dapat diteladani dari buku biografi yang dibaca secara intensif
VII/2
Keistimewaan tokoh
Disajikan satu paragraf biografi (5-6 kalimat), siswa dapat:
·        menentukan jawaban dari pertanyaan  biografi tersebut
·         menentukan keistimewaan tokoh pada biografi tersebut.


1

2
Hal yang patut diteladani dari tokoh
Disajikan satu paragraf biografi (5-6 kalimat), siswa dapat:
·         menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi biografi tersebut.
·         menentukan hal yang patut diteladani dari tokoh tersebut


3

4
Simpulan dan komentar tentang tokoh
Disajikan satu paragraf biografi (5-6 kalimat), siswa dapat:
·         menentukan simpulan tentang tokohnya.
·         menentukan komentar tentang tokohnya


5
6
Menemukan gagasan utama dalam teks yang dibaca
VII/2
Kalimat utama paragraf
Disajikan sebuah paragraf (5-6 kalimat), siswa dapat:
·         menentukan pertanyaan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut.
·         menentukan kalimat utama paragraf tersebut.


7

8
Gagasan utama paragraf
Disajikan sebuah paragraf (5-6 kalimat), siswa dapat:
·         menentukan topik paragraf tersebut.
·         menentukan gagasan utama paragraf tersebut.


9
10
Simpulan bacaan
Disajikan sebuah  paragraf  (4-5 kalimat), siswa dapat menentukan simpulan isi paragraf tersebut.
11
Menemukan informasi secara cepat dari tabel/diagram yang dibaca
VII/2
Pertanyaan isi tabel
Disajikan sebuah tabel, siswa dapat:  
·        menentukan pertanyaan sesuai isi tabel
·        menentukan kalimat yang sesuai dengan salah satu bagian (kolom/lajur) dari tabel tersebut.
·        menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi tabel

12
13

14
Pertanyaan isi diagram
Disajikan sebuah diagram, siswa dapat:
·         menentukan jawaban dari pertanyaan isi diagram
·         menentukan penjelasan sesuai isi diagram
·         menentukan masalah pada diagram tersebut.

15
16
17
2
Mengungkapkan berbagai informasi dalam bentuk narasi dan pesan singkat
Mengubah teks wawancara menjadi narasi dengan memperhatikan cara penulisan kalimat langsung dan tak langsung
VII/2
Pertanyaan wawancara
Disajikan ilustrasi kegiatan, siswa dapat menentukan pertanyaan untuk wawancara
18
Disajikan kalimat pertanyaan wawancara yang tidak efektif, siswa dapat memperbaikinya.
19
Disajikan kutipan wawancara (2/3 percakapan) yang dirumpangkan bagian pertanyaannya, siswa dapat melengkapinya
20
Narasi hasil wawancara
Disajikan sebuah pertanyaan wawancara, siswa dapat menentukan jawaban dari pertanyaan tersebut
21
Disajikan kalimat langsung dari jawaban wawancara, siswa dapat mengubahnya menjadi kalimat tidak langsung.
22
Disajikan kutipan wawancara yang beberapa jawaban dirumpangkan, siswa dapat melengkapinya
23
Disajikan kutipan wawancara (3-5 percakapan), siswa dapat menentukan laporan/narasi dari kutipan wawancara tersebut.
24
Disajikan laporan/narasi dari wawancara yang tidak efektif, siswa dapat memperbaikinya.
25
Menulis pesan singkat sesuai dengan isi dengan menggunakan kalimat efektif dan bahasa yang santun
VII/2
Pesan singkat
Disajikan pesan singkat yang dirumpang, siswa dapat melengkapinya
26
Disajikan pesan singkat yang tidak efektif, siswa dapat memperbaikinya.
27
Disajikan pesan singkat yang tidak santun, siswa dapat memperbaikinya menjadi santun.
28
Disajikan kalimat-kalimat pesan singkat yang diacak, siswa dapat menyusunnya dengan benar.
29
Disajikan ilustrasi kegiatan, siswa dapat menentukan pesan singkat sesuai ilustrasi tersebut.
30
3
Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca puisi dan buku cerita anak
Membaca indah puisi dengan mengguna irama, volume suara, mimik, kinesik yang sesuai dengan isi puisi
VII/2
Pembacaan puisi
Disajikan puisi pendek, siswa dapat:
·         menentukan maksud salah satu larik puisi tersebut.
·         menentukan larik/bagian puisi yang dibaca dengan intonasi cepat/lambat.
·         menentukan larik/bagian puisi yang dibaca meninggi/menurun
·         menentukan deskripsi gerakan tangan ketika membaca larik tertentu pada puisi

31

32

33

34

Disajikan satu larik puisi, siswa dapat menentukan penjedaannya
35
Disajikan deskripsi mimik pada pembacaan puisi, siswa dapat menentukan larik puisi yang sesuai dengan deskripsi tersebut
36
Menemukan realita kehidupan anak yang terefleksi dalam buku cerita anak baik asli maupun terjemahan
VII/2
Realita kehidupan anak pada cerita anak
Disajikan kutipan cerita anak asli Indonesia, siswa dapat:
·         menentukan tokoh-tokoh dalam  cerita tersebut
·         menentukan latar tempat yang terdapat dalam cerita tersebut
·         menentukan masalah yang terdapat pada cerita tersebut


37
38

39
Disajikan kutipan cerita anak, siswa dapat:
·         menentukan realita kehidupan anak pada cerita tersebut.
·         menentukan amanat dari cerita tersebut

40

41
Disajikan kutipan cerita anak terjemahan, siswa dapat:
·         menentukan latar waktu yang terdapat pada cerita tersebut
·         menentukan realita kehidupan anak yang tidak terdapat pada kehidupan anak Indonesia


42

43
4
Mengungkapkan keindahan alam dan pengalaman melalui kegiatan menulis kreatif puisi
Menulis kreatif puisi berkenaan dengan keindahan alam
VII/2
Puisi tentang keindahan alam
Disajikan kutipan puisi pendek tentang keindahan alam yang beberapa katanya dirumpangkan, siswa dapat melengkapinya dengan kata yang tepat
44
Disajikan kutipan puisi pendek tentang keindahan alam yang salah satu lariknya dirumpangkan, siswa dapat melengkapinya dengan benar.
45
Disajikan ilustrasi kegiatan wisata, siswa dapat menentukan puisi yang sesuai dengan ilustrasi tersebut.
46
Disajikan gambar keindahan alam, siswa dapat menentukan puisi sesuai gambar tersebut
47
Menulis kreatif puisi berkenaan dengan peristiwa yang pernah dialami
VII/2
Puisi tentang suatu peristiwa yang dialami
Disajikan kutipan berita tentang peristiwa, siswa dapat menentukan puisi sesuai dengan isi berita tersebut
48
Disajikan larik-larik puisi tentang peristiwa yang belum urut, siswa dapat menyusunnya menjadi puisi yang baik
49
Disajikan gambar peristiwa, siswa dapat menentukan puisi sesuai dengan gambar tersebut.
50
                                                                                                                                                                                                                                                                                                              

                                                                                                                                                                                                                        Marunda, 10 Januari 2014
                                                                                                                                                                                                                        Penyusun,

                                                                                                                                                                                                                        Saheri
                                                                                                                                                                                                                                   


No comments:

Post a Comment