Monday, 2 March 2015

KISI-KISI PENULISAN SOAL ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) FISIKA UJIAN SEKOLAH KELAS IX TAHUN PELAJARAN 2014-2015

KISI-KISI PENULISAN SOAL UJIAN SEKOLAH
TAHUN PELAJARAN 2014-2015
Jenjang                     : SMP/MTs
Mata Pelajaran          : IPA (FISIKA)
Bentuk Soal              : Pilihan Ganda
Jumlah Soal :            : 40 butir soal
Kurikulun Acuan        : Standar Isi

No
SKL
Materi Pelajaran
Kelas
Indikator Soal
No. Soal
Bentuk
Soal
1
Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari
Alat Ukur besaran
VII
Peserta didik dapat membaca hasil pengukuran dengan alat ukur tertentu melalui gambar
1
PG
2
Menerapkan konsep kalor dalam mengubah suhu atau wujud zat serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Sifat fisik zat berdasarkan wujudnya
VII
Peserta didik dapat menentukan sifat zat berdasarkan wujudnya
2
PG
Suhu dan pengukurannya
VII
Peserta didik dapat mencari persamaan suhu antara 2 termometer berbeda jika suhu salah satu terometer diketahui
3
PG
Kalor dan pengukurannya
VII
Peserta didik dapat menghitung jumlah kalor yang diperlukan oleh benda tertentu pada proses kenaikan suhu atau pada proses perubahan wujud
4
PG
3
Mendiskripsikan dasar-dasar mekanika((gerak, gaya, usaha dan energi) serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Gerak
VIII
Diberikan stimulus tentang gerak benda dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat mengidentifikasi jenis gerak benda dimaksud
5
PG
Energi mekanik

Perserta didik dapat menentukan energi potensial gravitasi suatu benda yang berada pada ketinggian tertentu
6
PG
Pesawat sederhana
VIII
Disajikan gambar tuas secara lengkap, peserta didik dapat menentukan cara memperkecil kuasa atau memperbesar
7
PG






keuntungan mekanis tuas atau mempermudah penggunaan tuas


Tekanan hidrostatika
VIII
Peserta didik dapat menentukan tekanan zat cair pada kedalaman tertentu melalu gambar sebagai stimulus.
8
PG
4
Memahami konsep-konsep dan penerapan getaran, gelombang, bunyi dan alat optik dalam produk sehari-hari
Getaran dan gelombang
VIII
Disajikan gambar gelombang transversal dengan data-datanya, perserta didik dapat menentukan salah satu besaran yang belum diketahui.
9
PG
Bunyi
VIII
Peserta didik dapat menentukan bunyi dengan nada tertinggi atau bunyi terkuat melalui gambar gelombang sebagai pilihan
10
PG
Pemantulan sinar pada cermin dan pembiasan cahaya pada lensa
VIII
Peserta didk dapat menentukan perbesaran bayangan dari sebuah benda yang berada di depan crmin cekung atau lensa cembung jika parameter lain diketahui
11
PG
5
Memahami konsep kelistrikan dan kemagnetan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Listrik Statis
IX
Perserta didik dapat membandingkan gaya elektrostatika secara kwalitatif antar dua benda bermutan listrik setelah jarak benda diubah dan atau muatan benda diubah secara kwalitatif
12
PG
Listrik dinamis
IX
Disajikan gambar beberapa penghambat yang dirangkai secara seri-paralel, peserta didik dapat menghitung kuat arus pada titik cabang atau tegangan jepit jika rangkaian penghambat dihubungkan kepada sumber tegangan tertentu dengan hambatan dalam tertentu
13
PG
Energi dan daya listrik
IX
Perserta didik dapat menentukan energi listrik yang diperlukan oleh alat listrik tertentu jika parameter seperti waktu, tegangan listrik, kuat arus atau hambatan diketahui
14
PG
Kemagnetan
IX
Peserta didik dapat menentukan kutub-
15
PG






kutu b magnet elektromag net melalu i gambar


Prinsip trafo
IX
Peserta didik dapat menghitung salah satu besaran pada trafo (tegangan atau kuat arus) jika data-data lain diketahui
16
PG
6
Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi di dalamnya
Ciri-ciri
anggota tatasurya
IX
Perserta didik dapat menentukan ciri-ciri tertentu dari salah satu anggota tatasurya
17
PG
7
Mendiskripsikan konsep atom, ion, unsur daan molekul dihubungkan dengan produk kimia sehari-hari
Unsur, senyawa, ion dan molekul
VII
Peserta didik dapat menentukan jenis ion yang terdapat pada larutan zat elektrolit tertentu
18
PG
8
Mendiskripsikan kalsifikasi zat, sifat zat dan perubahannya
Asam Basa dan garam
VII
Peserta didik dapat mengelompokkan asam dan basa melalui indikator tertentu atau berdasarkan karakteristiknya
19
PG
Unsur,
senyawa dan campuran
VII
Peserta didik dapat membedakan sifat senyawa dengan campuran
20
PG
Sifat fisika dan sifat kimia zat dan
perubahannya
IX
Peserta didik dapat meberikan contoh sifat fisika dan atau sifat kimia zat tertentu
21
PG


No comments:

Post a Comment