Monday, 2 March 2015

KISI-KISI SOAL ILMU PENGETAHUAN SOSIAL ULANGAN AKHIR SEMESTER DUA KELAS IX Tahun 2014/2015


PEMERINTAH PROVINSI DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA
DINAS PENDIDIKAN
MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) SMP PROVINSI DKI JAKARTA

KISI-KISI SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER DUA
Tahun 2014/2015

Mata Pelajaran    : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas                     : IX (Sembilan)
Kurikulum Acuan : KTSP
Waktu                   : 90 menit
Jumlah Soal          : 50 soal

Disusun oleh:

Penyusun               : Tim MGMP Ilmu Pengetahuan Sosial
                                 SMP Provinsi DKI Jakarta

                                                                                                 

No
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator
No Soal
1.
5. Memahami hubungan manusia dengan bumi
5.1 Menginterpretasi peta tentang bentuk dan pola  muka bumi
Bentuk muka bumi pada peta
Disajikan daftar nama-nama bentuk muka bumi  peserta didik mampu mengidentifikasi warna bentuk muka bumi yang digunakan pada peta atau atlas.
1




Penggunaan peta kontur
Disajikan peta kontur peserta didik mampu menentukan arah lintasan mendaki puncak ketinggian paling mudah/ paling sulit
2


5.2 Mendeskripsikan keterkaitan unsur-unsur geografis dan  penduduk di kawasan Asia Tenggara
Persebaran penduduk Asia Tenggara.
Disajikan tabel jumlah penduduk dan luas wilayah negara-negara di kawasan Asia Tenggara peserta didik mampu menentukan negara paling padat/ paling jarang persebaran penduduknya

3



Persebaran barang tambang  di Asia Tenggara
Disajikan peta Asia Tenggara peserta didik mampu menunjukkan negara- negara yang menghasilkan bahan tambang   
4



Kerja sama bangsa-bangsa Asia Tenggara 
Peserta didik mampu mengidentifikasi contoh kerja sama bangsa-bangsa Asia Tenggara  di bidang tertentu
5


5.3 Mendeskripsikan pembagian permukaan bumi atas benua dan samudera
Karakteristik bentangan alam benua Afrika
Disajikan daftar ciri-ciri benua Afrika peserta didik mampu menentukan karakteristik bentangan alam kawasan benua Afrika
6



Kawasan Benua Eropa-Asia
Ditampilkan peta benua Eropa/Asia peserta didik mampu menunjukkan  kawasan Asia / Eropa tertentu
7



Karakteristik  bentangan alam kutub utara/kutub selatan
Peserta didik mampu menyebutkan karakteristik kawasan  Kutub Utara/ Kutub Selatan
8
2.
 6.  Memahami usaha mempertahankan republic Indonesia
6.1  Mendiskripsikan perjuangan bangsa Indonesia Merebut Irian Barat

Latar belakang konflik Indonesia-Belanda terkait dengan masalah Irian barat
Peserta didik dapat menjelaskan latar belakang terjadinya konflik Indonesia Belanda tentang Irian barat
9



Perjuangan Diplomasi dalam upaya pengembalian Irian barat
Peserta didik dapat mengidentifikasi contoh perjuangan diplomasi dalam upaya pengembalian Irian Barat
10



Perjuangan dengan konfrontasi ppolitikmerebut Irian Barat
Peserta didik dapat mengidentifikasi contoh perjuangan secara konfrontasi politik dalam upaya mengembalikan Irian barat

11



Perjuangan merebut Irian Barat melalui perjuangan konfrontasi  ekonomi
Peserta didik dapat mengidentifikasi bentuk perjuangan melalui konfrontasi ekonomi dalam merebut kembali Irian Barat
12



Tri Komando Rakyat
Disajikan daftar isi Trikora, Peserta didik dapat menentukan isi  TRIKORA  untuk merebut Irian Barat dengan benar

13



Persetujuan New York
Peserta didik dapat menjelaskan makna persetujuan New York dalam uopaya pengembalian Irian Barat

14



Penentuan Pendapat Rakyat (Pepera)
Peserta didik dapat menjelaskan makna/arti penting penentuan pendapat rakyat Irian Barat bagi NKRI
15


Mendeskripsikan strategi nasional peristiwa PKI Madiun, DI/TII, G30S/PKI dan konflik-konflik internal lainnya
Dampak persoalan hubungan pusat dan daerah akibat persaingan idiologis
Peserta didik dapat mengidentifikasi dampak negative meruncingnya hubungan pusat-daerah akibat persaingan ideologis

16



Peristiwa PKI Madiun
Peserta didik dapat menjelaskan penyebab terjadinya pemberontakan PKI Madiun

17



Pertistiwa DI /TII dan cara yang dilakukan oleh pemerintah dalam penanggulanagannya

Peserta didik dapat mengidentifikasikan cara yang dilakukan oleh pemerintah untuk menumpas DI /TII di daerah tertentu

18



Peristiwa G30 S /PKI dan cara penanggulanganya
Ditampilkan  gambar pahlawan revolusi, peserta didik dapat mengenali nama pahlawan tertentu

19
3.
7. Memahami perubahan pemerintahan dan kerjasama International
Menjelaskan berakhirnya masa orde baru dan lahirnya reformasi
Penyebab tumbangnya orde baru
Peserta didik dapat mengidentifikasi yang menyebabkan tumbangnya pemerintahan Orde Baru

20



Berakhirnya orde baru, krisis ekonomi, dan gerakan Reformasi
Peserta didik dapat menjelaskan dampak krisis moneter bagi bangsa Indonesia sebelum tumbangnya pemerintahan Orde Baru
21



Berakhirnya Orde Baru, krisis ekonomi
Ditampilkan gambar tokoh (Orde Baru,)  peserta didik dapat mengidentifikasi peran dari tokoh tersebut

22



Gerakan Reformasi
Disajikan gambar demo mahasiswa menjelang berakhirnya Orde Baru, peserta didik dapat menjelaskan peranan peristiwa gambar tersebut  dalam sehingga melahirkan reformasi  
23


Peran Indonesia dalam kerjasama internasional
KAA
Disajikan gambar tokoh, peserta didik dapat menyebutka tokoh Indonesia yang berperan mewakili Indonesia dalam KAA
24



ASEAN
Disajikan daftar latar belakang lahirnya ASEAN, peserta didik dapat menentukan latar belakang berdirinya organisasi ASEAN yang benar
25
4.
7. Memahami perubahan pemerintahan dan kerjasama internasional
7.3 Menguraikan  perilaku masyarakat dalam perubahan sosial-budaya di era global
Faktor  yang mendorong  globalisasi
Peserta didik mampu mengidentifikasi faktor-faktor yang mendorong globalisasi
26




Peserta didik mampu menyebutkan contoh perubahan sosial budaya secara mendunia (menggelobal)
27



Ciri-ciri globalisasi
Disajikan daftar peristiwa yang mendunia peserta didik mampu mengidentifikasi  ciri-ciri globalisasi
28



Contoh globalisasi kegiatan antar negara
Peserta didik mampu menyebutkan contoh globalisasi kegiatan antar negara
29



Dampak positif/negatif globalisi terhadap masyarakat
Peserta didik mampu mengidentifikasi dampak positif/negatif globalisi terhadap masyarakat.
30



Tantangan masyarakat terhadap globalisi
Peserta didik mampu menyebutkan  tantangan masyarakat terhadap  gejala globalisi
31



Sikap masyarakat  menghadapi pengaruh negatip dari luar di era globalisasi
Peserta didik mampu menyebutkan  sikap masyarakat  menghadapi pengaruh negatip dari luar di era globalisasi
32



Sikap masyarakat  menghadapi pengaruh possitip dari luar di era globalisasi
Peserta didik mampu menyebutkan  sikap masyarakat  menghadapi pengaruh positip dari luar di era globalisasi
33




Peserta didik mampu menyebutkan contoh perubahan sosial budaya secara mendunia (menggelobal)
27



Ciri-ciri globalisasi
Disajikan daftar peristiwa yang mendunia peserta didik mampumengidentifikasi  ciri-ciri globalisasi
28



Contoh globalisasi kegiatan antar negara
Peserta didik mampu menyebutkan contoh globalisasi kegiatan antar negara
29



Dampak positif/negatif globalisi terhadap masyarakat
Peserta didik mampu mengidentifikasi dampak positif/negatif globalisi terhadap masyarakat.
30



Tantangan masyarakat terhadap globalisi
Peserta didik mampu menyebutkan  tantangan masyarakat terhadap  gejala globalisi
31



Sikap masyarakat  menghadapi pengaruh negatip dari luar di era globalisasi
Peserta didik mampu menyebutkan  sikap masyarakat  menghadapi pengaruh negatip dari luar di era globalisasi
32



Sikap masyarakat  menghadapi pengaruh possitip dari luar di era globalisasi
Peserta didik mampu menyebutkan  sikap masyarakat  menghadapi pengaruh positip dari luar di era globalisasi
33
5.
7. Memahami perubahan pemerintahan dan kerjasama internasional
7.4. Mendeskripsikan kerjasama antar negara di bidang Ekonomi.
Tujuan kerjasama Ekonomi antar negara.
Disajikan daftar tujuan kerja sama internasional, peserta didik dapat menentukan tujuan kerjasama Ekonomi antar negara.
34



Para pelaku kerjasama Ekonomi antar negara.
Disajikan tabel lembaga-lembaga pemerintah/swasta, peserta didik dapat mengidentifikasi fihak-fihak yang terlibat dalam kegiatan kerjasama ekonomi antar negara.
35



Perbedaan kerjasama regional dan multilateral
Peserta didik dapat membedakan perbedaan kerjasama regional dan multilateral
36



Upaya menjaga kelangsungan kerjasama ekonomi antar negara
Peserta didik dapat menjelaskan upaya yang perlu dilakukan pemerintah Indonesia  guna  menjaga kelangsungan kerjasama ekonomi antarnegara
37



Faktor – faktor penyebab terjadinya kerjasama Ekonomi antar negara
Disajikan daftar penyebab kerjasama internasional, peserta didik dapat menunjukkan faktor penyebab terjadinya kerjasama Ekonomi antar negara
38



Bentuk – bentuk kerjasama antar negara.
Peserta didik dapat menjelaskan arti kerja sama ekonomi bilateral/regional/multilateral
39



Hambatan – hambatan kerjasama Ekonomi Internasional.
Disajikan daftar hambatan kerjasama internasional, peserta didik dapat mengidentifikasi hambatan kerjasama antar negara di bidang ekonomi
40



Hambatan kerjasama ekonomi antar negara karena faktor alam/ulah manusia
Mengidentifikasi hambatan kerjasama ekonomi antar negara karena faktor alam/ulah manusia
41



Contoh kerjasama regional/bilateral
Disajikan ilustrasi contoh kerjasama bilateral/regional /multilateral, peserta didik dapat menentukan bentuk kerjasama  bilateral/regional /multilateral
42



Kerjasama regional, bilateral dan multilateral
Disajikan tabel organisasi ekonomi internasional, peserta didik dapat menentukan organisasi internasional bidang ekonomi yang bersifat regional/bilateral/multilateral
43



Badan – badan kerjasama Ekonomi dunia yang penting bagi Indonesia
Disajikan tabel organisasi ekonomi dunia, peserta didik dapat menentukan organisasi ekonomi dunia yang penting bagi Indonesia
44



Organisasi dunia yang menangani bidang tertentu
Peserta didik dapat mengidentifikasi organisasi dunia yang menangani bidang perburuhan/keuangan/perdagangan /pendidikan
45



Lambang organisasi dunia
Disajikan gambar lambang salah satu organisasi internasional, peserta didik dapat menentukan organisasi internasional dari lambang tersebut
46


7.5,Mengidentifikasi danpak kerjasama antar Negara terhadap perkembangan Indonesia.
Dampak positif/negatif pengiriman jasa tenaga kerja ke luar negeri
Peserta didik dapat menjelaskan dampak positif/negatif  pengiriman tenaga kerja Indonesia ke luar negeri
47



Dampak negatif kerjasama ekonomi antar negara
Disajikan daftar dampak negatif akibat globalisasi ekonomi, peserta didik dapat menentukan dampak negatif globalisasi ekonomi bagi generasi muda Indonesia
48



Upaya menghindari dampak negatif kerjasama ekonomi antar negara
Peserta didik dapat menjelaskan upaya yang perlu dilakukan oleh pemerintah guna meminimalisir dampak negatif kerjasama ekonomi antar negara


49



Dampak positif penanaman modal asing bagi perekonomian Indonesia
Peserta didik dapat menjelaskan dampak positif penanaman modal asing bagi perekonomian Indonesia
50










                                                                                 

No comments:

Post a Comment