Monday, 2 March 2015

KISI-KISI SOAL MATEMATIKA UJIAN SEKOLAH KELAS IX TAHUN PELAJARAN 2014-2015











KISI-KISI UJIAN SEKOLAH
Matematika



SEKOLAH MENENGAH PERTAMA  
DAERAH KHUSUS IBUKOTA (DKI) JAKARTA



TAHUN PELAJARAN 2014-2015


KISI–KISI  PENULISAN SOAL UJIAN SEKOLAH

TAHUN PELAJARAN 2014-2015

Jenjang                         : SMP
Mata Pelajaran             : Matematika
Bentuk soal                   : Pilihan Ganda
Banyak  Soal                : 40
Kurikulum acuan          : Standar Isi

No
Kompetensi
Materi Ajar
Kelas/Sem
Indikator soal
PG /
Uraian
No Soal
1
Menggunakan konsep operasi hitung dan sifat-sifat bilangan, perbandingan, bilangan berpangkat, aritmetika sosial, barisan bilangan, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.








Operasi tambah, kurang, kali atau bagi pada bilangan
VII/1
Peserta didik dapat menyelesaikan soal cerita terkait dengan operasi hitung bilangan bulat

1
VII/1
Peserta didik dapat menentukan hasil operasi hitung campuran pada bilangan pecahan
1
2
Perbandingan
VII/1
Peserta didik dapat menyelesaikan soal cerita berkaitan dengan perbandingan senilai atau berbalik nilai

3
Operasi bilangan berpangkat atau bentuk akar




IX/1
Peserta didik dapat menentukan hasil penjumlahan atau pengurangan bilangan bulat berpangkat bilangan bulat negatif atau pecahan
2
4
IX/1
Peserta didik dapat menentukan hasil  perkalian bilangan bentuk  akar paling sederhana. ( bukan bilangan kuadrat sempurna)

3
5
IX/1
Peserta didik dapat menyederhanakan bilangan dengan penyebut bentuk akar

6
Perbankan atau koperasi dalam aritmetika sosial sederhana
VII/1
Peserta didik dapat menentukan jumlah uang dalam kurun waktu tertentu pada tabungan atau pinjaman, jika diketahui modal, persentase bunga per tahun dan lama menabung atau meminjam.
4
7
Barisan bilangan dan deret
IX/2
Peserta didik dapat menentukan nilai suku ke-n jika diketahui empat suku pertama dari barisan aritmetika
5
8
IX/2
Peserta didik dapat menentukan rumus suku ke-n jika diketahui empat suku pertama dari barisan geometri.
6
9
IX/2
Peserta didik dapat menentukan jumlah n suku pertama deret geometri, jika diketahui besar kedua sukunya

10
2
           
Memahami operasi bentuk aljabar, konsep persamaan linier, persamaan garis, himpunan, relasi, fungsi, sistem persamaan linier, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah
Pemfaktoran bentuk aljabar
VII/1
Peserta didik dapat menentukan hasil pemfaktoran bentuk kuadrat atau selisih dua kuadrat

11
Persamaan linear atau pertidaksamaan linier satu variabel

VII/2

Peserta didik dapat menentukan himpunan penyelesaian pertidaksamaan linier satu variabel
7
12

VII/2

Peserta didik dapat menyelesaikan soal berkaitan dengan persamaan linier satu variabel
8
13

Himpunan
VII/2
Peserta didik dapat menentukan irisan atau gabungan dua himpunan
9
14
Menyelesaikan soal terkait dengan nilai fungsi
VIII/1
Diberikan rumus fungsi peserta didik dapat menentukan nilai sebuah fungsi, jika nilai dua buah fungsi yang lain diketahui.
10
15
Menentukan gradien suatu garis
VIII/1
Peserta didik dapat menentukan gradien sebuah garis.
11
16
Menentukan persamaan garis lurus
VIII/1
Diberikan gambar garis yang memotong sumbu X dan sumbu Y, peserta didik dapat menentukan persamaan garis tersebut.

17

VIII/1
Peserta didik dapat menyelesaikan soal berkaitan dengan SPLDV.
12
18
3
Memahami konsep kesebangunan, sifat dan unsur bangun datar, serta konsep hubungan antar sudut, dan atau garis, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah.

Menggunakan Teorema Pythagoras
VIII/1
Peserta didik dapat menyelesaikan soal berkaitan dengan konsep Teorema Pythagoras.
13
19
Luas bangun datar.
VII/2
Diberikan gambar dua bangun datar berpotongan, peserta didik dapat menghitung luas daerah tertentu, jika unsur yang diperlukan diketahui.
14
20
Keliling bangun datar.
VII/2
Diberikan gambar gabungan dua bangun datar, peserta didik dapat menentukan keliling bangun tersebut

21

IX/1
Diketahui dua segitiga sebangun, peserta didik dapat menentukan pasangan sudut yang sama atau perbandingan sisi yang sama, jika salah satu diantaranya diketahui.
15
22
IX/1
Diberikan gambar sebuah trapesium yang dipotong oleh garis lain yang sejajar dengan dua sisi sejajarnya, peserta didik dapat menentukan panjang ruas garis yang memotong trapesium tersebut, jika ukuran sisi sisi yang diperlukan diketahui.
15
23
IX/1
Pesera didik dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kesebangunan segitiga.

24
IX/1
Diberikan gambar dua segitiga kongruen, peserta didik dapat menentukan syarat kongruen yang dipenuhi.

25
Hubungan dua garis: besar sudut (penyiku atau pelurus)
VII/2
Diketahui dua sudut yang saling perpelurus atau berpenyiku dengan besar sudut diketahui dalam bentuk aljabar,  peserta didik dapat menentukan besar salah satu sudut.
16
26
Garis istimewa pada segitiga
VII/2
Diberikan gambar sebuah segitiga lengkap dengan garis istimewa, peserta didik dapat menentukan nama salah satu garis istimewa tersebut. (garis tinggi, garis bagi, garis berat, atau garis sumbu)

27
Unsur-unsur/bagian-bagian lingkaran atau hubungan dua lingkaran
VIII/2
Diberikan gambar lingkaran, juring dan ukurannya, peserta didik dapat menentukan luas juring atau panjang busur.
17
28
VIII/2
Diberikan gambar dua buah lingkaran lengkap dengan ukuran jari-jari dan jarak dua sudut pusat, peserta didik dapat menentukan panjang GSPL atau GSPD.

18
29
4
Memahami sifat dan unsur bangun ruang, dan menggunakannya dalam pemecahan masalah
Unsur-unsur bangun ruang
VIII/2
Diberikan gambar bangun ruang sisi lengkung, peserta didik dapat menentukan salah satu unsur bangun tersebut.
19
30
Kerangka atau jaring-jaring bangun ruang
VIII/2
Peserta didik dapat menyelesaikan soal berkaitan dengan kerangka BRSD
20
31
Volume bangun ruang
VIII/2
Peserta didik dapat menghitung volume limas, jika unsur-unsur yang diperlukan diketahui.

32
IX/1
Peserta didik dapat menyelesaikan soal cerita terkait dengan volum bangun ruang sisi lengkung

33
Luas permukaan bangun ruang
VIII/2
Peserta didik dapat menghitung luas permukaan tabung atau kerucut yang diketahui diameter dan tingginya
21
34
IX/1
Diketahui gabungan bola dan tabung sedemikian hingga diameter bola sama dengan diameter dan tinggi tabung, peserta didik dapat menghitung luas permukaan tabung jika luas bola diketahui.

35
5
Memahami konsep dalam statistika, serta menerapkannya dalam pemecahan masalah





Konsep dasar statistik
IX/1
Peserta didik dapat menentukan mean, median atau modus dari data pada table frekwensi.
22
36
IX/1
Peserta didik dapat menyelesaikan soal cerita berkaitan dengan nilai rata-rata.
23
37
Penyajian atau penafsiran data
IX/1
Peserta didik dapat menafsirkan data yang disajikan dalam diagram lingkaran atau diagram batang.
24
38

IX/1
Peserta didik dapat menentukan peluang suatu kejadian.
25
39
IX/1
Peserta didik dapat menyelesaikan soal berkaitan dengan peluang.
26
40




                                    






No comments:

Post a Comment