Powered By Blogger

Monday 19 October 2015

KISI-KISI UJIAN NASIONAL SEKOLAH MENENGAH PERTAMA / MADRASAH TSANAWIYAH TAHUN PELAJARAN 2015/2016 ILMU PENGETAHUAN ALAM - BIOLOGI

KISI-KISI UJIAN NASIONAL 
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA / MADRASAH TSANAWIYAH
TAHUN PELAJARAN 2015/2016

ILMU PENGETAHUAN ALAM - BIOLOGI

Level Kognitif
Makhluk hidup dan lingkungannya
Struktur dan fungsi makhluk hidup
Pengetahuan
·     Mengidentifikasi
·     Mendeskripsikan
·     Mengklasifikasi
·     Menunjukkan
·     Menjelaskan
·     Menentukan
Siswa mampu memahami dan menguasai konsep:
-     gejala alam biotik dan abiotik
-     ciri-ciri/karakteristik makhluk hidup
-     keragaman pada sistem organisasi kehidupan
-     interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan
Siswa mampu memahami dan menguasai konsep:
-     sistem gerak pada manusia
-     sistem pencernaan manusia
-     sistem peredaran darah
-     sistem pernafasan
-     sistem ekskresi
-     sistem reprodusi manusia
-     jaringan tumbuhan
-     kelangsungan hidup organisme melalui kemampuan bereproduksi
Aplikasi
·     Memberi contoh
·     Menyimpulkan
·     Menerapkan
·     Menghubungkan
·     Memprediksi
·     Membandingkan
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan
pemahaman tentang:
-     interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan
-     kepadatan populasi manusia
-     pencemaran lingkungan
-     alat untuk mengenal gejala-gejala kehidupan
-      prosedur pengklasifikasian makhluk hidup
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:
-     faktor-faktor yang berpengaruh pada sistem gerak
-     percobaan dalam sistem pencernaan
-     mekanisme peredaran darah
-     percobaan sistem pernapasan
-     menjaga kesehatan sistem ekskresi
-     kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi manusia
-     keterkaitan struktur dan fungsi jaringan tumbuhan
-     percobaan fotosintesis
-     kelangsungan hidup organisme melalui kemampuan bereproduksi
Penalaran
·      Menganalisis
·      Mensintesis
·      Mengevaluasi
·      Menilai
·      Memperpimbangkan
·      Memecahkan masalah
·      Memberi argumen
Siswa mampu menggunakan nalar dalam mengkaji:
-     pengelolaan lingkungan untuk mengatasi
pencemaran dan kerusakan lingkungan
-     dampak interaksi makluk hidup dan
lingkungannya
-     pengaruh kepadatan populasi manusia pada
makhluk hidup dan lingkungannya
Siswa mampu menggunakan nalar dalam mengkaji:
-    keterkaitan antara sistem organ pada manusia
-    keterkaitan antara struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan
-    pola hidup sehat
-    manfaat perkembangbiakan tumbuhan dan hewan untuk kesejahteraan
manusia
-    percobaan fotosintesis


No comments:

Post a Comment