Thursday, 7 December 2017

KISI-KISI  SOAL PAS GANJIL  PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DAN BUDI PEKERTI

Jenjang Pendidikan  : SMP
Mata Pelajaran          : Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti
Kurikulum                 :  Kurikulum 2013
Kelas                           : IX ( Sembilan )
Alokasi Waktu           : 90  Menit
Jumlah soal                : 50
Bentuk Soal               : Pilihan Ganda
Tahun Ajaran           : 2017 – 2018
Penyusun                   : Linda Sinaga,S.PAK

Kompetensi Inti         : Memahami dan menerapkan pengetahuan ( faktual,konseptual,dan prosedural) berdasarkan
                                      rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,teknologi,seni,budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
No
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator soal
Tingkat kesulitan
Nomor Soal

1

3.1 Memahami karya Allah dalam   
       pertumbuhan gereja sebagai
      umatNya di dunia yang
      bergumul untuk menjadi 
      saksiNya yang setia.





Gereja sebagai Umat Allah yang Baru
Disajikan kutipan pemahaman tentang  gereja,peserta didik mampu menentukan gereja sebagai umat Allah.


.Sedang
1



Peserta didik mampu menentukan pengertian dari Ekklesia.






Peserta didik mampu menentukan perjanjian baru yang dilakukan Allah sesuai dalam kitab Yeremia 31 : 31 - 33

Mudah












 Sukar
2








3






Peserta didik mampu menentukan satu intisari dari Khotbah Petrus ketika turunnya Roh Kudus.


Sedang

4

Peserta didik mampu menentukan inti khotbah Petrus dalam kitab Kisah Para Rasul 2 : 36


Sedang

5



Disajikan kutipan tentang sifat-sifat gereja ,peserta didikmampu menentukan sifat gereja Perdana.

.

Mudah


6













Disajikan kutipan tentang pernyataan orang Kristen ,peserta didik mampu menentukan pernyataan Mahatma Gandh.



Mudah

7







Peserta didik mampu menentukan pengertian gereja sebagai umat Allah


Mudah

8





Peserta didik mampu menetukan pengertian gereja sesuai dalam kitab 1 Petrus 2 : 9


Sukar

9

Peserta didik mampu menentukan bentuk  kegagalan dalam masyarakat yang terjadi di Pantai Gading  Afrika.


Sedang

10




Disajikan pola hidup manusia, peserta didik mampu menentukan pola hidup jemaat mula-mula.


Sedang

11






Peserta didik mampu menentukan pernyataan seorang terkaya di dunia tentang pola hidup yang sesuai dengan kebutuhan hidup.


Mudah

12



Peserta didik mampu menentukan pernyataan seorang terkaya di dunia tentang pola hidup sederhana

Mudah

13

Mengenal Gerejaku.

Peserta didik mampu menetukan isi doa Yesus sesuai kitab Yohanes 17 : 21

Sedang

14





















Peserta didik mampu menentukan penyebab perpecahan gereja yang dipimpin Petrus dan Yakobus.

Sedang

15


Peserta didik mampu menentukan penyebab perpecahan gereja yang dipimpin
Rasul Paulus.
Mudah

16






Peserta didik mampu menentukan isi kesepakatan Konsili Yerusalem atau Konferensi Apostolik.



Sukar


17






Peserta didik mampu menentukan beberapa penyebab perpecahan gereja .

Sukar

18






Peserta didik mampu menetukan satu diantara 95 dalil yang dilakukan Martin Luther.

Mudah

19












3.2 Menjelaskan Karya Allah
      melalui perubahan-perubahan
      baru yang dihadirkan gereja di
       tengah-tengah dunia.




Peserta didik mampu menentukan kesatuan yang dimaksud dalam gereja .

Mudah

20



Peserta didik mampu menetukan nama tokoh Reformasi dalam gereja Protestan.

Sedang

21



Peserta didik mampu menentukan pengertian dari Sola Gratia.

Sudang

22


Peserta didik mampu menentukan pengertian dari Sola Fide.




Sukar

23



Peserta didik mampu menentukan waktu berdirinya PGI

Sedang

24

Gereja yang Hidup di Dunia.

Peserta didik mampu menentukan keterlibatan gereja untuk kesejahteraan warga negara.


Mudah

25






Peserta didik mampu menentukan pengertian dari Kerugma.


Sedang


26



Peserta didik mampu menentukan pengertian dari Leitourgia.

Sedang

27






Peserta didik mampu menentukan pengertian dari Koinonia.


Mudah

28

Peserta didik mampu menentukan sikak orang Kristen dalam hal pemberian bantuan bagi sesama.
Sedang

29


Peserta didik mampu melengkapi isi kitab Galatia 3 : 28


Sukar

30

Peserta didik mampu menentukan nama tokoh yang berdoa agar tidak melakukan kekerasan dalam menyelesaikan masalah.


Sedang


31.





Gereja yang Bersaksi dan yang Melayani di Dunia.


 Peserta didik mampu menentukan nama tokoh  yang memperjuangkan perlakuan yang terhadap  orang Dalit di India.


Mudah



32



Peserta didik mampu melengkapi firman Tuhan dalam kitab Matius 25 : 40

Sukar

33












Gereja yang Bergumul di Dunia.
Peserta didik mampu menentukan bentuk sosial yang dilakukan orang Kristen dalam kehidupan sehari-hari.


Sedang

34

Peserta didik mampumenentukan isi kitab Yohanes 15 : 18 - 19

Peserta didik mampu menentukan pernyataan Graeme Goldsworthy tentang Kerajaan Sorga.


Sukar


Sedang

35


36


Peserta didik mampu menentukan pengertian Kerajaan Allah yang disampaikan Yesus Kristus.


Mudah

37


Peserta didik mampu menentukan nama seseorang  Yahudi yang mengalami aniaya karena menyatakan kebenaran sesuai Firman Tuhan.


Sedang

38







Peserta didik mampu menentukan Firman Tuhan dalam kitab Matius 20 : 16


Sukar

39





Gereja dan Orang Muda


Peserta didik mampu menentukan firman Tuhan yang disampaikan Rasul Paulus terhadap orang muda.


Sedang

40


Peserta didik mampu menentukan peranan orang muda dalam masyarakat.


Mudah

41







Peserta didik mampu menentukan firman Allah yang menyatakan bahwa orang Kristen harus ramah terhadap semua orang.


Mudah

42










Peserta didik mampu menentukan peranan orang muda dalam gereja.


Mudah


43


3.3 Menguraikan berbagai sikap
       toleran antar manusia pada
       umumnya dan secara khusus
       antar umat beragama
       berdasarkan ajaran Tuhan
       Yesus.



Indahnya Lingkungan yang Majemuk

Peserta didik mampu  bersikap harmoni    dalam masyarakat majemuk.


Mudah

44







Peserta didik mampu menentukan pengertian dari Toleleransi.

Peserta didik mampu menentukan sikap hidup toleransi dalam masyarakat majemuk


Sedang



Sedang

45


46





Toleransi bagian dari hidupku

Peserta didik mampu menentukan sikap toleran yang perlu dibangun dalam masyarakat majemuk.


Mudah

47









Peserta didik mampu menentukan sikap orang Kristen dalam memberikan bantuan.

Mudah

48





Membangun Perdamaian ,Merajut Toleransi

Peserta didik mampu menentukan alasan pentingnya remaja dilibatkan dalam masyarakat.



Mudah

49

Peserta didik mampu menentukan komitmen untuk menuju pada transformasi lingkungan.


Sedang


50


No comments:

Post a Comment