Thursday, 7 December 2017

KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL
SMP   JAKARTA UTARA
TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Jenjang Sekolah           :    Sekolah Menengah Pertama (SMP)                                                      Tahun Pelajaran                                      :    2017/2018
Kelas / Semester         :    VII / 1                                                                                                      Bentuk Soal                                          :    Pilihan Ganda
Mata Pelajaran            : Bahasa       Indonesia                                                                               Jumlah Soal                                          :    50……

No. Urut
KOPETENSI DASAR
Materi / Sub Materi
Indikator Soal
Nomor Soal
1
2
4
5
6
3.1.














3







4
-      Peserta didik mampu menunjukan paragraph dari teks depskripsi






-      Peserta didik mampu menunjukan tanggapan teks depskripsi
-      Paragraph teks depskripsi






-      Langkah-langkah menulis teks depskripsi
-       Mengindetifikasi informasi dalam teks Deskrepsi tentang objek (sekolah tempat wista ,tempat bersejarah atau suasana pentas seni daerah) yang di dengar dan di baca


-     Mengindetifikasi informasi dalam teks Deskrepsi tentang objek (sekolah tempat wista ,tempat bersejarah atau suasana pentas seni daerah) yang di dengar dan di baca

                    
       
    




















-     Mengindetifikasi informasi dalam teks Deskrepsi tentang objek (sekolah tempat wista ,tempat bersejarah atau suasana pentas seni daerah )yang di dengar dan di baca..

-       Mengindetifikasi informasi dalam teks Deskrepsi tentang objek (sekolah tempat wista ,tempat bersejarah atau suasana pentas seni daerah )yang di dengar dan di baca

-          Kalimat utama





-          Menentukan ciri-ciri teks depskripsi.

-          Peserta didik mampu menujukan kalimat utama




-          Peserta didik dapat menentukan ciri-ciri teks depskripsi
1




2
3.2























- Menelaah struktur dan kebahasaan dari teks depskripsi tentng objek sekolah.tempat wisata ,tempat sejarah, atau suasana pentas seni daerah yang di dengar dan dibaca


- Menelaah struktur dan kebahasaan dari teks depskripsi tentng objek sekolah.tempat wisata ,tempat sejarah, atau suasana pentas seni daerah yang di dengar dan dibaca


- Menelaah struktur dan kebahasaan dari teks depskripsi tentng objek sekolah.tempat wisata ,tempat sejarah, atau suasana pentas seni daerah yang di dengar dan dibaca
- struktur teks depskripsi






- struktur teks depskripsi





- bagian dari teks depskripsi
- peserta didik mampu memilah strukur teks depskripsi






-Peserta didik dapat menentukan struktur teks depskripsi





-Peserta didik dapat menentukan bagian dari struktur teks         depskripsi
5






6,7





8






4.1





4.2
















-          menjelaskan isi teks depskripsi objek tempat (bersejarah,pentas seni, daerah kain tradisional) yang di dengar dan di baca secara lisan,tulisan da visual

-       menyajikan data gagasan dan bentuk teks depskripsi tentang objek wisata (sekolah,tempat wisata,tempat bersejarah atau suasana pentas seni secara tulis da lisan dengan memperlihatkan struktur kebahasaan yang baik secara lisan dan tulisan
-  kebahasaan teks depskripsi





-  mengedifikasi majas
-  peserta didik dapat menenntukah uraian kata





-     peserta didik mampu menentukan majas
9






10
3,3



3.4






-Urutan peristiwa





-Bagam alur





-Bagian dari ceria fantasi




-struktur penggunaan bahasa cerita fantasi
-peserta didik mampu menentukan sudut pandang





-peserta didik mampu menentukan alur dari cerita fantasi




-peserta didik mampu menemukan bagian-bagian
Dari cerita fantasi



-peserta didik dapat menentukan suasana dari cerita fantasi
17





18,19





20,21,22



23,2425
-Menceritakan kembali isi teks narasi (cerita imajinasi)
Yang di degar dan dibaca secara lisan


-Menceritakan kembali isi teks narasi (cerita imajinasi)
Yang di degar dan dibaca secara lisan


-Menceritakan kembali isi teks narasi (cerita imajinasi)
Yang di degar dan dibaca secara lisan

-Menyajikan gagasan kreatif dalam bentuk cerita imajinasi secara lisan dan tulisan dengan memperhatikan struktur, penggunaan bahsa atau aspek





4.3





















-mengidentifiikan unsur-unsur teks narasi (cerita imajinasi yang di baca dan di dengar

Menelaah struktur dan kebahasaan teks narasi (cerita imajinasi yang di baca dan di dengar
-memahami isi cerita dan unsur-unsur


-memahami isi cerita dan unsur- unsur
Peserta didik dapat menentukan latar dari sebuah cerita



-peserrta didik dapat menentukan tokoh dari cerita fantasi
11,,12,13,14



15,16
3.2
Menelaah struktur dan kaidah kebahasaan dari teks deskripsi tentang objek tempat wisata, tempat  bersejarah atau suasan pentas seni daerah yang dide ngar dan dibaca.                        
 Struktur teks deskripsi dan contoh –contoh telaahannya.
-disajikan sebuah kalimat peserta didik dapat menentukan makna
  katanya.

-disajikan sebuah paragraf rumpang peserta didik dapat menentukan     kata penghubung untuk melengkapi kalimat tsb.

-disajikan sebuah kalimat peserta didik dapat menentukan makna katanya.
      26

      27


      28
3.6
Menelaah struktur dan aspek kebahasan teks prosedur tentang cara melakukan Sesuatu dan cara membuat ( cara memain Kan alat music/ tarian daerah, cara mem Buat kuliner khas daerah, membuat cendra - Mata, dll ) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar
Variasi pola penyajian tujuan , bahan/ alat, langkah

Struktur teks prosedur,

Ciri kebahasaan: kalimat saran
-disajikan ilustrasi tentang teks prosedur peserta didik dapat menentukan langkah-langkahnya dengan tepat.


-Peserta didik dapat menentukan struktur teks prosedur.

-peserta didik dapat menentukan kalimat saran. 

                            


29, 30,31,


32

33

3.5
Mengidentifikasi teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu dan cara membu at ( car memainkan alat musik/ tarian da erah , cara membuat kuliner khas daerah) dari berbagai sumber yang dibaca dan di dengar.
Struktur teks prosedur: tujuan, bahan, alat, langkah.

Ciri kebahasaan: kalimat perintah,
kata penghubung.
-disajikan ilustrasi tentang teks prosedu peserta didik dapat menentukan langkah-langkah dengan tepat.

Peserta didik dapat menentukan kata penghubung dan kalimat perintah.
34,35,36


37,38,39





3.7
Mengidentifikasi  informasi dari teks       laporan hasil observasi berupa buku pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan.
Daftar  informasi  isi teks laporan hasil observasi
-disajikan teks laporan hasil observasi peserta didik dapat menentukan tema.
-disajikan teks laporan hasil observasi peserta didik dapat menentukan klasifikasi teks prosedur.
-disajikn teks  laporan hasil observasi peserta didik dapat menentukan isi dan struktur teks observasi.
40,

41

42, 43
3.8
Menelaah  struktur, kebahasaan, dan       isi teks laporan hasil observasi yang berupa buku pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan.
Struktur teks laporan hasi observasi.



Variasi kalimat , variasi pola penyajian teks laporan hasil observasi.
-disajikan ilustrasi teks observasi peserta didik dapat menentukan deskripsi bagian dan makna kata .
-disajikan teks observasi peserta didik dapat menentukan  ide pokok dan struktur teks.

-disajikan teks prosedur yang tidak beraturan, peserta didik dapat menyusun dengan benar.
-peserta didik dapat merangkum laporan hasil observasi

-          peserta didik dapat menentukan keterangan alat dalam kalimat.
44, 45

46,47


48

49

50



No comments:

Post a Comment