Thursday, 7 December 2017

KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER
           
                                                                                                            JENJANG                               :  SMP
                                                                                                            KELAS/SEMESTER             :  VII / 1
                                                                                                            TAHUN PELAJARAN         :  2017 – 2018

NO
KOMPETENSI DASAR
MATERI / SUB MATERI
INDIKATOR SOAL
NOMOR SOAL
1
3.1. Menerapkan konsep pengukuran berbagai
       besaran dengan menggunakan satuan
       standard (baku)

4.1. Menyajikan data hasil pengukuran dengan
       alat ukur yang sesuai pada diri sendiri,
       makhluk hidup lain, dan benda-benda di
       sekitar dengan menggunakan satuan tak
       baku dan satuan baku
Pengukuran


Peserta didik dapat membedakan besaran dan bukan besaran jika diberikan beberapa pernyataan

1

Peserta Didik dapat melakukan pengukuran besaran waktu jika diberikan gambar stopwatch

2
Peserta didik dapat melakukan pengukuran besaran volume jika diberikan gambar .

3
Besaran Pokok

Peserta didik dapat menentukan besaran pokok jika diberikan data hasil pengamatan

4
Peserta didik dapat menyebutkan macam-macam besaran pokok beserta satuannya jika diberikan tabel berbagai besarn

5
Besaran Turunan
Peserta Didik dapat menyebutkan macam-macam besaran turunan beserta satuannya jika diberikan tabel berbagai besaran

6
2
3.2. Mengklasifikasikan makhluk hidup dan
       benda berdasarkan karakteristik yang
       diamati

4.2. Menyajikan hasil pengklasifikasian
       makhluk hidup dan benda di lingkungan
       sekitar berdasarkan karakteristik yang
       diamati
Membedakan makhluk hidup dan tak hidup
Peserta didik dapat menyebutkan salah satu ciri makhluk hidup jika diberikan gambar aktivitas makhluk hidup
7
Kunci determinasi
Peserta didik dapat menentukan kunci determinasi hewan jika diberikan data kunci determinasi
8
Mikroskop
Peserta didik dapat mengurutkan langkah penggunaan mikroskop yang benar jika diberikan gambar mikroskop
9
Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan prinsip klasifikasi
Peserta didik dapat menyebutkan urutan takson pada hewan jika diberikan nama takson
10
Peserta didik dapat menentukan kelompok hewan jika diberikan ciri-cirinya
11
Peserta didik dapat menentukan hewan-hewam yang satu kelompok jika diberikan data beberapa hewan
12
Peserta didik dapat menyebutkan ciri-ciri tumbuhan monokotil jika diberikan beberapa pernyataan
13

3
3.3. Menjelaskan konsep campuran dan zat
       tunggal (unsur dan senyawa), sifat fisika
       dan kimia, perubahan fisika dan kimia
       dalam kehidupan sehari-hari.

4.3. Menyajikan hasil penyelidikan atau karya
       tentang sifat larutan, perubahan fisika dan
       perubahan kimia, atau pemisahan
      campuran.
Karakteristik materi, unsur, senyawa dan campuran

Peserta didik dapat menentukan kelompok unsur jika diberikan data
14
Peserta didik dapat menentukan campuran heterogen jika diberikan beberapa contoh campuran
15
Campuran dan sifat larutan asam basa

Peserta didik dapat menentukan larutan yang diuji dengan kertas lakmus jika diberikan data hasil pengamatan
16
Peserta didik dapat menentukan manfaat dari reaksi penetralan
17
Pemisahan campuran

Peserta didik dapat menentukan jenis pemisahan campuran jika diberikan data macam-macam campuran
18
Sifat fisika dan sifat kimia

Peserta didik dapat menyebutkan sifat kimia jika diberikan beberapa pernyataan.

19
Perubahan fisika dan perubahan kimia
Peserta didik dapat menentukan perubahan kimia jika diberikan beberapa contoh perubahan materi
20


No comments:

Post a Comment