Powered By Blogger

Wednesday 14 May 2014

KISI-KISI SOAL MATEMATIKA ULANGAN KENAIKAN KELAS (UKK) VII TAHUN PELAJARAN 2013/2014

DINAS PENDIDIKAN PROVINSI DKI JAKARTA
KISI-KISI ULANGAN KENAIKAN KELAS (UKK)
TAHUN PELAJARAN 2013/2014     

Satuan Pendidikan                  :  SMP

Mata Pelajaran                        :  MATEMATIKA

Kelas                                       :  VII (TUJUH)
Jumlah Soal                             :  40  
Bentuk Soal                            :  PILIHAN GANDA
Alokasi Waktu                        :  120 menit

No.
Urut
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator
No.
Soal
1.
4.   Menggunakan konsep himpunan dan diagram venn dalam pemecahan masalah.
4.1 Memahami   
     pengertian dan  
     notasi himpunan,
     serta penyajiannya










4.2. Memahami konsep
       himpunan bagian
Himpunan










Himpunan Kosong


Himpunan Bagian






Peserta didik dapat menentukan salah satu pernyataan yang merupakan himpunan dari pernyataan yang diberikan.

Diberikan sebuah himpunan yang dinyatakan dengan kata-kata, peserta didik dapat menentukan pernyataan yang benar tentang keanggotaan dari himpunan yang diberikan.

Diberikan sebuah himpunan yang dinyatakan dengan notasi pembentuk himpunan, peserta didik dapat menyatakan himpunan tersebut dengan mendaftar anggotanya.

Peserta didik dapat menentukan salah satu himpunan yang merupakan himpunan kosong dari himpunan yang diberikan.

Diberikan sebuah himpunan yang dinyatakan dengan notasi pembentuk himpunan, peserta didik dapat menentukan pernyataan yang benar tentang himpunan bagian dari himpunan tersebut.

Diberikan sebuah himpunan yang memiliki n anggota, peserta didik dapat menentukan banyak himpunan bagian yang memiliki m anggota dari himpunan tersebut.  (m < n dan  n ≤ 5).

1


2



3



4


5



6







































2.





































3















































5. Memahami hubungan garis dengan garis, garis dengan sudut, sudut dengan sudut, serta menentukan ukurannya


































6. Memahami konsep segiempat dan segitiga serta menentukan ukurannya.








4.3. Melakukan operasi irisan, gabungan, kurang (selisih) dan komplemen pada himpunan.











4.4. Menyajikan himpunan dengan diagram Venn



4.5. menggunakan konsep himpunan dalam pemecahan masalah











5.1. Menentukan hubungan antara dua garis, serta besar dan jenis sudut.





5.2. Memahami sifat-sifat sudut yang terbentuk jika dua garis berpotongan atau dua garis sejajar berpotongan dengan garis lain.














5.3. Melukis sudut



5.4. Membagi sudut




6.1. Mengidentifikasi sifat-sifat segitiga berdasarkan sisi dan sudutnya



6.2. Mengidentifikasi sifat-sifat persegi panjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat dan layang-layang



6.3  Menghitung keliling dan luas bangun segitiga dan segiempat serta  menggunakannya dalam pemecahan masalah.


















6.4. Melukis segitiga, garis tinggi, garis bagi, garis berat, dan garis sumbu




Irisan dan gabungan dua himpunan





Komplemen himpunan


Selisih dua himpunan

Diagram Venn





Menyelesaikan masalah sehari-hari menggunakan diagram Venn dan konsep himpunan









Kedudukan dua garis

Satuan sudut





Hubungan antar sudut









Garis sejajar dan sudut







Garis dan sudut



Garis dan sudut




Segitiga






Sifat-sifat segiempat






Keliling dan Luas






















Garis istimewa pada segitiga


Peserta didik dapat menentukan himpunan semesta yang mungkin untuk sebuah himpunan yang diberikan.

Diberikan dua himpunan dalam bentuk notasi pembentuk himpunan dan kata-kata, peserta didik dapat menentukan irisan atau gabungan dari dua himpunan tersebut.

Diberikan dua himpunan yang masing-masing diketahui banyak anggotanya, peserta didik dapat menentukan banyak anggota irisan atau gabungan dua himpunan tersebut.

Diberikan dua himpunan dan sebuah himpunan semestanya, peserta didik dapat menentukan komplemen dari irisan atau gabungan dua himpunan tersebut.

Diberikan dua himpunan, peserta didik dapat menentukan selisih anggota himpunan yang satu dengan himpunan lainnya.

Diberikan diagram Venn dari dua himpunan, peserta didik dapat menentukan himpunan irisan dari dua himpunan tersebut.

Diberikan diagram Venn dari dua himpunan, peserta didik dapat menentukan himpunan gabungan dari dua himpunan tersebut.

Diberikan soal cerita dalam kehidupan sehari-hari (melibatkan dua himpunan), peserta didik dapat menentukan nilai irisan dua himpunan dengan menggunakan diagram Venn atau konsep himpunan (operasi himpunan).

Diberikan soal cerita dalam kehidupan sehari-hari (melibatkan dua himpunan), peserta didik dapat menentukan nilai gabungan dua himpunan dengan menggunakan diagram Venn atau konsep himpunan (operasi himpunan).

Diberikan soal cerita dalam kehidupan sehari-hari (melibatkan dua himpunan), peserta didik dapat menentukan nilai komplemen dari dua himpunan dengan menggunakan diagram Venn atau konsep himpunan (operasi himpunan).
Diberikan gambar sebuah bangun ruang sisi datar, peserta didik dapat menentukan dua garis yang saling bersilangan atau berpotongan.

Peserta didik dapat menentukan besar sudut terkecil yang dibentuk oleh dua jarum jam pada pukul tertentu.

Diberikan dua besar sudut yang dinyatakan dalam derajat dan menit, peserta didik dapat menentukan hasil penjumlahan atau pengurangannya.

Diberikan perbandingan sebuah sudut dengan penyikunya, peserta didik dapat menentukan besar pelurus dari sebuah sudut tersebut.

Disajikan gambar tentang hubungan antar sudut yang saling berpenyiku (dinyatakan dengan variabel), peserta didik dapat menentukan nilai variabelnya.

Disajikan gambar tentang hubungan antar sudut yang saling berpelurus (dinyatakan dengan variabel), peserta didik dapat menentukan besar salah satu sudut tersebut.

Diberikan gambar dua garis sejajar yang dipotong sebuah garis lain, peserta didik dapat menentukan pasangan sudut yang terbentuk (sehadap, sepihak, atau berseberangan)

Diberikan gambar terkait dengan dua garis sejajar yang dipotong oleh sebuah garis lain dan besar sudutnya (dinyatakan dengan variabel), peserta didik dapat menentukan salah satu besar sudut atau nilai tertentu yang ditanyakan.

Diberikan gambar dan langkah-langkah cara melukis sudut, peserta didik dapat menentukan urutan langkah yang benar dalam melukis sudut 450 atau 600.

Diberikan gambar dan langkah-langkah cara melukis sudut, peserta didik dapat menentukan urutan langkah yang benar dalam membagi sebuah sudut tumpul menjadi dua bagian yang sama besar.


Diberikan perbandingan sudut-sudut dalam segitiga, peserta didik dapat menentukan salah satu besar sudut dalam segitiga tersebut.

Diberikan besar sudut-sudut dalam segitiga (dinyatakan dengan variabel), peserta didik dapat menentukan urutan sisi dari terpendek ke terpanjang atau sebaliknya.

Peserta didik dapat menentukan sifat-sifat dari salah satu bangun datar yang diberikan (persegi, persegipanjang, jajargenjang, belahketupat, layang-layang, atau trapesium).

Diberikan angka perbandingan dari dua sudut yang berdekatan pada sebuah jajargenjang, peserta didik dapat menentukan besar salah satu dari sudut-sudut yang lain dalam jajargenjang tersebut.

Diberikan luas sebuah persegipanjang serta perbandingan panjang dan lebarnya, peserta didik dapat menentukan keliling dari  persegipanjang tersebut.

Peserta didik dapat menentukan luas layang-layang jika unsur-unsur yang diperlukan diketahui.

Diberikan gambar trapesium dan unsur-unsur yang diperlukan diketahui, peserta didik dapat menentukan luas trapesium tersebut.

Diberikan gambar bangun gabungan segitiga dan segiempat, peserta didik dapat menentukan keliling dari bangun tersebut.

Diberikan gambar bangun gabungan segitiga dan segiempat, peserta didik dapat menentukan luas dari bangun tersebut.

Diberikan soal cerita (masalah sehari-hari) terkait dengan keliling segitiga atau segiempat, peserta didik dapat menyelesaikan masalah tersebut.

Diberikan soal cerita (masalah sehari-hari) terkait dengan luas segitiga atau segiempat, peserta didik dapat menyelesaikan masalah tersebut.


Diberikan gambar dan urutan langkah cara melukis segitiga sama kaki, peserta didik dapat menentukan urutan langkah yang benar.

Diberikan gambar dan urutan langkah cara melukis garis berat segitiga sembarang, peserta didik dapat menentukan urutan langkah yang benar.

Diberikan  gambar terkait dengan garis-garis istimewa pada segitiga, peserta didik dapat menentukan nama yang benar dari garis istimewa berdasarkan gambar. 
7


8



9



10



11


12


13


14




15




16



17


18


19


20


21



22



23



24




25



26




27


28



29



30



31



32


33


34


35


36


37



38


39


40




                                                                                                                                                                                    Penyusun





                                                                                                                                                                                  Hari Triswanto

No comments:

Post a Comment