Powered By Blogger

Wednesday 14 May 2014

KISI-KISI SOAL PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN UJIAN KENAIKAN KELAS VIII TAHUN PELAJARAN 2013-2014









KISI-KISI UJIAN KENAIKAN KELAS  (UKK) KLS. VIII
Pendidikan Kewarganegaraan



SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
DAERAH KHUSUS IBUKOTA (DKI) JAKARTA



TAHUN PELAJARAN 2013-2014


KISI-KISI SOAL UJIAN KENAIKAN KELAS
TAHUN PELAJARAN 2013/2014
                                                                       
      MATA PELAJARAN                      : PKn                                                                                                              ALOKASI WAKTU     : 90  MENIT               
      KURIKULUM ACUAN                  : KTSP                                                                                                                        JUMLAH SOAL          : 50 (LIMA PULUH)
      KELAS                                          : VIII ( Delapan )                                                                                             BENTUK SOAl           : PILIHAN GANDA

No
Urut
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator
No.
Soal
1
2
3
4
5
6

4. Memahami pelaksanaan demokrasi dalam berbagai aspek kehidupan
4.1  Menjelaskan hakikat demokrasi

Pengertian demokrasi

Peserta didik dapat menjelaskan pengertian  demokrasi
1




Peserta didik dapat menunjukkan negara penggagas adanya demokrasi
2



Prinsip-prinsip demokrasi

Disajikan 5 pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan 3  prinsip demokrasi


3




Disajikan 4 pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan 2 nilai demokratis dalam kehidupan masyarakat
4



Bentuk-bentuk demokrasi modern

Peserta didik dapat menunjukkan  contoh pelaksanaan demokrasi langsung dalam lingkungan masyarakat
5




Peserta didik dapat menjelaskan kedudukan Presiden dalam sistem pemerintahan Presidensil

6




Macam-macam demokrasi dan pelaksanaannya di Indonesia

Disajikan 4 kolom pilihan macam-macam demokrasi, peserta didik dapat menunjukkan 2 macam demokrasi yang pernah  berlaku/diterapkan di Indonesia
7





Peserta didik dapat menjelaskan pengertian Demokrasi Pancasila
8




Peserta didik dapat menunjukkan  landasan hukum pelaksanaan Demokrasi Pancasila

9





Disajikan 4 pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan 2 contoh  penerapan demokrasi Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
10




Peserta didik dapat menunjukkan kelebihan demokrasi Pancasila
11




Disajikan gambar pemungutan/penghitungan suara , peserta didik dapat menunjukkan cara mengambil keputusan dari kegiatan gambar tersebut
12




Disajikan 4 pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan yang harus dilakukan warga negara untuk melaksanakan demokrasi Pancasila
13


4.2  Menjelaskan pentingnya kehidupan demokrasi dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
Pentingnya kehidupan demokrasi

Peserta didik dapat menjelaskan pentingnya kehidupan demokrasi dalam berbangsa dan bernegara
14




Disajikan 4 pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan 2 contoh kehidupan  demokratis dalam bermasyarakat
15



Demokrasi dalam kehidupan politik
Ditampilkan gambar kegiatan di TPS,   peserta didik dapat menentukan  azas dalam kegiatan tersebut
16



Partisipasi dalam pemilu
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menjelaskan pentingnya partisipasi dalam pemilu
17




Disajikan 4 pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan 2 syarat untuk dapat memilih dalam Pemilu
18



Demokrasi dalam kehidupan ekonomi

Peserta didik dapat menunjukkan pasal dalam UUD 1945 yang menjadi dasar dari demokrasi ekonomi di Indonesia


19




Peserta didik dapat menunjukkan alasan bahwa koperasi merupakan bentuk badan usaha yang bersifat demokratis
20


4.3  Menunjukkan sikap positif terhadap pelaksanaan demokrasi dalam berbagai kehidupan
Kebaikan budaya demokrasi

Peserta didik dapat menyatakan cara demokratis dalam menyampaikan pendapat kepada pemerintah
21




Disajikan 4 pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan 2 ciri pemimpin yang demokratis
22



Sikap demokratis dalam kehidupan masyarakat

Disajikan 4 pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan 2 contoh sikap demokratis  di  lingkungan sekolah
23




Disajikan gambar kegiatan bermusyawarah, peserta didik dapat menunjukkan sikap terbaik mengikuti kegiatan tersebut
24




Disajikan pernyataan peserta didik dapat menunjukkan sikap  demokratis dalam pelaksanaan Pemilihan umum
25

5. Memahami kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan di Indonesia
5.1.Menjelaskan makna kedaulatan rakyat

Makna kedaulatan rakyat

Peserta didik dapat menjelaskan  pengertian kedaulatan rakyat
26



Teori kedaulatan

Disajikan 4 pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan 2 makna kedaulatan rakyat
27




Peserta didik dapat menjelaskan kedaulatan yang dianut oleh NKRI menurut UUD 1945 Pasal 1 ayat (3)
28



Lembaga pelaksana kedaulatan rakyat

Disajikan 4 kolom pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan 2 kolom yang termasuk lembaga eksekutif  di Indonesia
29




Disajikan 4 kolom pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan 2 kolom yang berisi lembaga-lembaga pelaksana kedaulatan rakyat di Indonesia yang anggota dipilih dalam Pemilu
30




Peserta didik dapat menunjukkan keanggotaan MPR
31


5.2 Mendeskripsikan sistem pemerintahan Indonesia dan peran lembaga negara sebagai pelaksana kedaulatan rakyat
Sistem pemerintahan Indonesia
Disajikan 4 pernyataan sistem pemerintahan, peserta didik dapat menunjukkan 2 sistem pemerintahan RI sesuai dengan UUD 1945
32




Disajikan 4 pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan 2 ciri  pemerintahan Presidensil RI
33




Peserta didik dapat menunjukkan lembaga negara pelaksana undang-undang dalam pembagian kekuasaan pemerintahan
34




Lembaga negara sebagai pelaksana kedaulatan rakyat
Peserta didik dapat menyatakan lembaga negara yang berwenang mengubah dan menetapkan UUD
35




Peserta didik dapat menunjukkan pemegang kekuasaan pemerintahan menurut UUD 1945
36




Peserta didik dapat menjelaskan fungsi  legislasi  DPR RI
37




Peserta didik dapat menentukan 2 lembaga peradilan umum yang berada di bawah MA
38




Disajikan 4 pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan 2 kewenangan Mahkamah Konstitusi
39





Peserta didik dapat menunjukkan lembaga negara yang bebas dan mandiri dengan tugas khusus memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara
40




Peserta didik dapat menunjukkan lembaga negara yang dibentuk setelah amandemen UUD negara Republik Indonesia Tahun 1945
41




Disajikan 4 pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan 2 tugas dan wewenang Komisi Pemilihan Umum 
42




Peserta didik dapat menunjukkan lembaga negara yang berwenang mengusulkan pengangkatan Hakim Agung
43


5.3 Menunjukkan sikap positif terhadap kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan Indonesia
Sikap positif terhadap kedaulatan rakyat

Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan sikap positif terhadap ancaman yang membahayakan keselamatan bangsa dan negara
44




Disajikan data,  peserta didik dapat menunjukan contoh peran serta rakyat terhadap kedaulatan NKRI
45




Disajikan 4 pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan  2 fungsi partai politik
46




Peserta didik dapat menunjukan sikap positif rakyat terhadap pelaksanaan Pilkada
47




Disajikan gambar kegiatan pemilu, peserta didik dapat menunjukkan sikap yang baik terhadap keputusan kegiatan gambar tersebut
48



Sikap positif terhadap pemerintah Indonesia

Ditampilkan 4 pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan 2 upaya penegakkan hukum sebagai sikap mendukung pemerintah

49




Peserta didik dapat menunjukkan wujud sikap positif terhadap Pemda DKI
50


No comments:

Post a Comment