Powered By Blogger

Wednesday 13 February 2013



KONSEP ALGORITMA GENETIKA

           Algoritma Genetika khususnya diterapkan sebagai simulasi komputer dimana sebuah populasi representasi abstrak (kromosom) dari solusi-solusi calon (individual) pada sebuah masalah optimisasi akan berkembang menjadi solusi-solusi yang lebih baik. Secara tradisional, solusi-solusi dilambangkan dalam biner sebagai string '0' dan '1', walaupun dimungkinkan juga penggunaan penyandian (encoding) yang berbeda. Evolusi dimulai darisebuah populasi individual acak yang lengkap dan terjadi dalam generasi-generasi. 

                Dalam tiap generasi, kemampuan keseluruhan populasi dievaluasi, kemudian multiple individuals dipilih dari populasi sekarang (current) tersebut secara stochastic (berdasarkan kemampuan mereka), lalu dimodifikasi (melalui mutasi atau rekombinasi) menjadi bentuk populasi baru yaitu populasi sekarang (current) pada iterasi berikutnya dari algoritma. Dalam teori genetika sebuah individu akan mengalami perkembang biakan, dimana pada saat perkembangbiakan tersebut terdapat penurunan sifat kepada keturunannya (offspring). Keturunan ini dapat memiliki sifat gabungan dari kedua parent. 

               Pada saat penurunan sifat maka akan terdapat individu baru yang akan di seleksi alam. Bila turunan tersebut mampu baik maka akan mampu bertahan, sebaliknya pula bila tidak maka akan musnah. Pada akhirnya kita akan mendapat keturunan yang terbaik. Pada akhirnya individu yang terbaik tersebut adalah solusi optimal bagi permasalahan kita.

No comments:

Post a Comment