Powered By Blogger

Wednesday 13 February 2013

MEKANISME ALGORITMA GENETIKA


MEKANISME ALGORITMA GENETIKA

           Mekanisme yang ada dalam Algoritma Genetika adalah sangat sederhana, yaitu hanya melibatkan penyalinan string dan pertukaran bagian string. Siklus perkembangbiakan GA diawali dengan pembuatan himpunan solusi secara acak yang dinamakan populasi. Dimana didalamnya terdapat individu-individu yang dinamakan kromosom. Kromosom ini secara lambat laun mengalami iterasi ’Perkembangbiakan’ dalam sebuah generasi. Selama dalam sebuah generasi kromosomkromosom ini di evaluasi dengan menggunakan rumus yang telah ditentukan dengan rumus fitness.

              Untuk menciptakan generasi berikutnya dengan kromosom yang baru (offspring) dapat dilakukan dengan menggabungkan dua potongan kromosom yang telah didapatkan dengan operator crossover atau mutasi. Sebuah generasi baru sebelum dievaluasi lagi, maka dia melalui proses seleksi berdasarkan fungsi fitnessnya. Dari kreasi ini kromosomkromosom yang paling fit mempunyai kemungkinan besar untuk diseleksi.

              Setelah beberapa generasi maka algoritma ini akan mengalami konvergen pada kromosom terbaik yang merupakan nilai optimum dari permasalahan yang diselesaikan.

No comments:

Post a Comment