Powered By Blogger

Wednesday 13 February 2013

OPERASI DALAM ALGORITMA GENETIKA


OPERASI DALAM ALGORITMA GENETIKA

           Dalam Algoritma Genetika ada 3 operasi penting yang digunakan. Operasi itu akan terus diulang sampai batas waktu yang ditentukan atau sampai menemukan nilai fitness yang sama dalam suatu populasi. Operasi penting itu adalah :
1. Selection (Seleksi)
          Seleksi adalah tahap dari Algoritma Genetika ketika memilih gen-gen dari populasi yang ada dan kemudian akan dilanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu perkembangbiakan (Crossover dan Mutation).

           Ada beberapa algoritma khusus untuk menjalankan tahap seleksi ini. Contohnya adalah cara roulette-wheel yang langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
1. Fungsi fitness ditentukan pada tiap-tiap individu. Kemudian dinormalisasi. Maksud dari normalisasi ini adalah dengan membagi nilai fitness tiap individu denganjumlah total dari total fitness yang ada, sehingga jumlah total dari semua fitness pada populasi adalah 1.
2. Populasi diurutkan menurun berdasarkan nilai fitness
3. Kemudian nilai fitness yang sudah ada diakumulasikan berdasarkan gen yang sudah diurutkan. Sehingga nilai fitness suatu individu adalah jumlah dari nilai fitness individu itu dan nilai fitness individu sebelumnya.
4. Random nilai R dari 0 sampai dengan 1
5. Individu yang dipilih adalah individu yang mempunyai nilai akumulasi fitness di atas R.

       Ada pula beberapa algoritma yang digunakan selain roulette-wheel tersebut. Yang digunakan oleh kebanyakan orang adalah dengan menentukan sendiri batas dari fitness yang diinginkan. Kalau kurang atau melewati batas yang ditentukan maka individu terebut akan dibuang atau diseleksi. Kalau sesuai dengan batas yang ditentukan maka individu tersebut akan dipilih dan kemudian akan dilanjutkan ke proses selanjutnya.

2. Crossover
         Crossover kalau diterjemahkan secara harafiah ke dalam Bahasa Indonesia adalah Perkawinan Silang. Memang benar yang dilakukan pada tahap ini adalah dengan mengawinkan atau mengkombinasikan 2 individu agar diperoleh individu yang baru. Yang dapat dimisalkan dengan menyilangkan 2 parents (orang tua) dan juga akan menghasilkan 2 children (anak).

Ada beberapa jenis crossover :
1. One Point Crossover
Yaitu menyilangkan 2 individu dengan 1 batas yang tertentu pada kedua parents.
2. Two-point crossover
Yaitu menyilangkan 2 individu dengan 2 batas yang tertentu pada kedua parents.
3. Cut and Splice Crossover
Yaitu menyilangkan 2 individu dengan 1 atau lebih batas yang tidak ditentukan pada kedua parents.

3. Mutation (mutasi)
         Mutasi adalah dengan memutasi atau mengganti salah satu gen dengan gen lain pada suatu individu tertentu. Bukan semua individu pada populasi melaikan hanya satu individu yang mengalami mutasi tersebut. Hal ini dilakukan agar diharapkan menemukan individu yang mempunyai nilai fitness yang diinginkan.


No comments:

Post a Comment