Powered By Blogger

Wednesday 13 February 2013

SEJARAH ALGORITMA GENETIKA



SEJARAH ALGORITMA GENETIKA
          Teori Darwin yang sempat membuat orang orang berfikir bahwa manusia berasal dari kera, bahkan lebih rendah telah membuat membutakan kita sekitar abad 19 hingga beberapa tahun belakangan ini. Pada abad ke 19 banyak ilmuwan yang mencoba untuk membuktikan dan mensimulasikannya. Neo darwinisme yang menyebutkan bahwa sejarah kehidupan mahkluk hidup adalah melalui suatu mekanisme proses statistika yang terjadi antara populasi dan spesies, yang dikenal dengan proses manipulasi genetika. Proses ini masing-masing adalah reproduksi, mutasi, kompetisi dan pemilihan.


           Cikal bakal penggunaan GA (Algoritma Genetika) untuk pencarian dalam sistem buatan diprakarsai oleh beberapa ahli biologi yang menggunakan komputer digital untuk mengerjakan simulasi dari sistem genetika. Diantara para ahli tersebut adalah: 
1. Baricelli, N.A pada tahun 1957 melakukan penelitian tentang proses evolusi simbiogenetik yang direalisasikan dengan sistem artificial.
2. Baricelli, N.A pada tahun 1962 mengajukan teori evolusi dan analisis numeriknya
3. Fraser, A.S pada tahun 1960 menyimulasikan sistem genetika dengan komputer, yang meliputi aspek-aspek S-linkage,dominasi dan epistasis.

           Meskipun penelitian–penelitian tersebut bertujuan untuk meneliti gejala alam namun yang mereka kerjakan secar kebetulan memiliki pemikiran paralel yang memunculkan ide tentang Algoritma Genetika. Fraser mensimulasikan evolusi dari 15 bit Biner sebagai string generasi dan menghitung presentase dari individu-individu yang terpilih oleh fenotip dengan generasi-generasi yang berurutan. Pada saat itu Fraser tidak menyebutkan dalam laporannya bahwa algoritma pencarian dalam gejala alam akan berguna dalam sistem buatan, namun ternyata hasil dari penemuannya ternyata menyerupai optimasi fungsi.

              Hal itulah yang memberikan inspirasi bagi John Holand dan murid-muridnya untuk mengaplikasikan proses genetika ini pada sistem buatan. Holand menancapkan pondasi dalam karya tulisnya pada teori sistem adaptif yaitu:

1. Concern efficient adaptive systems (1962)
2. Information prosessing and prosesing systems (1962)
3. Outline for a logical theory of adaptive systems (1962)

        Tahun 1962-1965 Holand mengajar tentang theory of adaptive system dan sering memberikan seminar-seminar tentang ini. Dalam masa itu penyempurnaan GA makin jelas. Selanjutnya dibuatlah rumus standart untuk GA ini.


No comments:

Post a Comment