Powered By Blogger

Saturday 1 June 2013

BIOGEOGRAFI

BIOGEOGRAFI

Biogeografi adalah studi tentang pendistribusian hewan dan tumbuhan di permukaan bumi dan proses pembentukannya.  Banyak faktor lingkungan yang menyebabkan persebaran hewan dan tumbuhan tersebut. Pertama adalah skala global, yang mana faktor iklim, musim, garis lintang, pencahayaan matahari, temperature, presipitasi, dan arah angin. Faktor yang lain adalah pengaruh dari lingkungan yang tidak luas yang mempengaruhi persebaran mahluk hidup.

Diantara daerah yang basah yang luas, terdapat daerah yang tidak terlalu luas yang merupakan yang merupakan daerah gurun pasir. Kita juga dapat menemukan daerah gurun pasir yang luas di daerah yang cukup sempit.

Air sangat penting dalam mempengaruhi persebaran hewan dan tumbuhan secara global. Air sangat penting karena akan mempengaruhi evolusi, tumbuhan dn hewan akan mengalami spesialisasi atau adaptasi untuk menghemat penggunaan air sehingga air yang digunakan seefisien mungkin.

Ketersedian air untuk organisme teresterial dapat dikaji melalui keseimbangan dari presipitasi, evaporasi, dan infiltrasi. Dalam keseimbangan ini berakibat pada organisme terutama tutupan pada tumbuhan. Transpirasi akan mengembalikan air dari tanah ke atmosfer.  

No comments:

Post a Comment