Powered By Blogger

Saturday 1 June 2013

BIOMA BERDASARKAN ALTITUDE MIRIP DENGAN BIOMA BERDASARKAN LATITUDE

BIOMA BERDASARKAN ALTITUDE MIRIP DENGAN BIOMA BERDASARKAN LATITUDE

Urutan bioma dari dataran rendah ke dataran tinggi mirip dengan urutan bioma dari daerah tropik ke daerah kutub. Altitude (ketinggian dari permukaan laut) dan latitude (letak garis lintang) merupakan faktor fisik yang mendukung persebaran tumbuhan di muka bumi.

Daerah khatulistiwa merupakan daerah yang kaya akan keanekaragaman hayati. Di daerah ini, dijumpai hutan hujan tropik, terdiri dari tumbuhan berdaun lebar yang hijau terus sepanjang tahun. Pada daerah yang terletak lebih dari 66 0LU atau LS terdapat daerah yang 6 bulan sekali mendapatkan cahaya matahari. Wilayah ini merupakan daerah kutub utara/selatan. Jenis tumbuhan yang ada adalah tumbuhan berdaun jarum dan terdapat padang lumut yang disebut Tundra.

Gambaran penyebaran bioma secara horizontal (berdasarkan latitude) tersebut. Ternyata mirip dengan gambaran penyebaran secara vertikal (berdasarkan altitude). Indonesia terletak di daerah khatulistiwa memiliki pola penyebaran vertikal yang mirip dengan pola penyebaran horizontal di atas. Pola penyebaran vertikal ini dimulai dari wilayah pantai hingga ke puncak Jaya Wijaya di Irian Jaya.

No comments:

Post a Comment