Powered By Blogger

Saturday 1 June 2013

SAWAR

SAWAR

Sawar atau barrier / penghalang adalah keadaan ekologis atau fisis yang mencegah atau menghalangi terjadinya penyebaran dan perkawinan suatu organisme atau makhluk hidup di dunia. Sawar atau barrier tersebut dapat berupa fisik maupun lingkungan.

a.    Sawar / penghalang fisik
Meliputi          :    Lautan, padang pasir, pegunungan, dan lembah.
Contoh           :    -    Lautan merupakan penghalang bagi hewan darat yang tidak dapat terbang.
                            -    Pegunungan yang tinggi merupakan penghalang bagi hewan yang biasa hidup di lembah.

b.    Sawar / penghalang lingkungan
Meliputi          :    Iklim yang tidak sesuai atau keadaan ekologi yang tidak menguntungkan, misalnya keberadaan organisme lain yang menjadi pesaing dalam mencari makanan dan tempat tinggal.

Contoh           :    -    Penyusutan jumlah populasi harimau Jawa, Sumatra, dan Bali karena :
1.  Perluasan lahan untuk kepentingan kehidupan manusia
2.  Bencana alam
3.  Iklim yang tidak sesuai
4.  Kurangnya makanan

Selain itu, penyebaran organisme dari satu daerah ke daerah lain sering juga terhalang oleh isolasi geografi. Isolasi geografi menyebabkan perbedaan susunan flora dan fauna di dua tempat. Sebagai contoh yaitu terjadinya 14 spesies burung Finch di Kepulauan Galapagos.
Isolasi geografi dalam jangka waktu yang lama menyebabkan terjadinya isolasi reproduksi yaitu sawar yang menghambat terjadinya reproduksi pada populasi yang simpatrik. Organisme-organisme yang memiliki ciri-ciri morfologi, fisiologi, dan perilaku yang hampir sama dan berada dalam satu lingkungan yang sama tetapi tidak melakukan perkawinan disebut organisme simpatrik.

No comments:

Post a Comment