Powered By Blogger

Monday 2 March 2015

KISI-KISI SOAL ILMU PENGETAHUAN ALAM ULANGAN AKHIR SEMESTER DUA KELAS IX Tahun 2014/2015





PEMERINTAH PROVINSI DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA
DINAS PENDIDIKAN
MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) SMP PROVINSI DKI JAKARTA




KISI-KISI SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER DUA
Tahun 2014/2015







Mata Pelajaran    : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas                     : IX (Sembilan)
Kurikulum Acuan : KTSP
Waktu                   : 120 menit
Aspek                    : Membaca dan Menulis
Jumlah Soal          : 40 soal

Disusun oleh:

Penyusun               : Tim MGMP Ilmu Pengetahuan Alam SMP
                                Provinsi DKI Jakarta






NO
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
MATERI
INDIKATOR SOAL
NO.
SOAL
1
4. Memahami konsep kemagnetan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
4.1 Menyelidiki gej ala kemagnetan dan cara membuat magnet
Sifat magnet dan benda magnetik
Peserta didik dapat memberikan contoh benda magnetik.
1
Peserta didik dapat menyebutkan sifat-sifat khusus magnet
2
Cara membuat magnet
Peserta didik dapat menentukan kutub-kutub magnet dari pembuatan magnet secara induksi
3
Peserta didik dapat menentukan kutub-kutub magnet dari pembuatan magnet dengan cara gosokan
4
Peserta didik dapat menentukan kutub-kutub magnet pada elektromagnet
5
Medan magnet
Peserta didik dapat menunjukkan bentuk dan arah garis gaya magnet disekitar magnet batang tunggal melalui gambar
6
Peserta didik dapat menunjukkan bentuk dan arah garis gaya magnet yang terbentuk oleh dua kutub magnet yang diletakkan berderet
7
Peserta    didik    dapat   memberikan  contoh   bahan   yang   daigunakan  untuk
memetakan/mengamati garis gaya magnet
8
Teori kemagnetan
Peserta didik dapat menentukan kutub-kutub magnet jika magnet batang   dipotong
menjadi beberapa bagian
9

Peserta didik dapat memebrikan contoh kegiatan yang dapat menghilangkan atau melemahkan sifat kemagnetan
10
Kemagnetan bumi
Peserta didik dapat menunjukkan sudut deklinasi melalui gambar
11
Peserta didik dapat menjelaskan penyebab terbentuknya sudut inklinasi
12
4.2 Mendeskripsikan
pemanfaatan
kemagnetan dalam produk teknologi
Medan magnet di sekitar arus listrik
Peserta didik dapat menunjukkan bentuk dan arah garis gaya magnet disekitar kawat berarus listrk melalui gambar
13
Peserta didik dapat menunjukkan bentuk dan arah garis gaya magnet di sekitar kumparan kawat berarus listrik melalui gambar
14
Peserta didik dapat meyebutkan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kekuatam medan magnet elektromagnet.
15
Peserta didik dapat     menyebutkan jenis  logam yang   digunakan  sebagai inti
16






elektromagnet dan alasanya

Peserta didik dapat memberikan contoh alat-alat yang memanfaatkan elektromagnet
17
Gaya Lorentz
Peserta didik dapat menujukkan arah gaya yang bekerja pada kawat lurus berarus listrik yang berada dalam medan magnet
18
Peserta    didik    dapat                 menyebutkan faktor-faktor       yang    memperbesar                 atau
mempengaruhi gaya Lorentz
19
Peserta didik dapat menunjukkan beberapa alat listrik yang bekerja berdasakan prinsip gaya Lorentz
20
4.3. Menerapkan konsep induksi
elektromagnetik untuk menjelaskan prinsip kerja beberapa alat yang memanfaatkan prinsip induksi elektromagnetik.
Induksi Elektromagnet
Peserta didik dapat menjelaskan penyebab terjadinya ggl pada induksi elektromagnet
21
Peserta didik dapat menjelaskan terjadinya induksi elektromagnet pada kumparan sekunder, ketika kumparan primer dialiri arus searah melalui gambar sebagai stimulus
22
Peserta didik dapat menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi ggl induksi
23
Peserta didik dapat menjelaskan cara untuk memperbesar ggl induksi
24
Peserta didik dapat menjelaskan hubungan ggl induksi dengan kecepatan gerak sepeda pada dinamo sepeda melalui gambar sebagai stimulus.
25
Trafo
Disajikan skema trafo, yang diketahui data-datanya, peserta didik dapat menghitung salah satu besaran trafo.
26
Disajikan    tabel  yang  berisi                   besaran-besaran    pada                   trafo,  peserta         didik                   dapat
menenjukkan jenis trafo step up atau step down
27
Peserta didik dapat menentukan kuat arus pada kumparan primer atau kumparan sekunder trafo jika tegangan pada kumparan trafo diketahui
28
Diketahui perbandingan antara kumparan primer dengan kumparan sekunder pada trafo, peserta didik dapat menentukan salah satu tegangan jika tegangan lain diketahui
29
2
5. Tata surya dan Matahri sebagai pusat tatasurya
5.1. Mendeskripsikan karakteristik sistem tata surya.
Anggota Tatasurya dan sifatnya
Peserta didik dapat menyebutkan planet inferior atau planet dalam pada tata surya
30
Peserta didik dapat memberikan ciri-ciri benda langit tertentu
31
Akibat peredaran bumi bulan terhadap matahari
Peserta didik dapat menjelaskan penyebab terjadinya gerhana bulan atau gerhana matahari
32
Peserta didik dapat memberikan beberapa contoh fenomena alam yang disebabkan oleh rotasi bumi
33
Peserta didik dapat memberikan beberapa contoh fenomena alam yang disebabkan oleh revolusi bumi



34
Peserta didik dapat menjelaskan penyebab terjadinya pasang naik air laut
35
Matahari
Peserta didik dapat menyebutkan lapisan-lapisan matahari
36
3
6. Memahami proses-prose
6.1 Proses proses yang terjadi pada lithosfer
Batuan
Peserta didik dapat memberikan contoh jenis batuan tertentu
37
Peserta didik dapat memberikan beberapa jenis pelapukan batuan
38



yang terjadi dilapisan atmosfer dan lithosfer dan akibat kenaikan suhu pada atmosfer dan lithosfer
6.2 Proses-proses yang terjadi pada atmosfer
Pemanasan global
Peserta didik dapat memberikan contoh akibat negatif pemanasan global
39
Akibat Radiasi matahari
Peserta didik dapat memberikan contoh dampak negatif dari meningkatnya radiasi ultraviolet matahari bagi kesehatan atau lingkungan
40


No comments:

Post a Comment