Powered By Blogger

Monday 2 March 2015

PEDOMAN UJIAN PRAKTIK BAHASA INDONESIA KELAS IX TAHUN AJARAN 2014-2015

        PEDOMAN UJIAN PRAKTIK
          TAHUN AJARAN 2014-2015
Jenjang
: SMP
 Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
No.
Standar Kompetensi Lulusan
Kemampuan yang Diuji
Indikator
Bentuk Instrumen
1
Peserta didik mampu mendengarkan berbagai wacana lisan untuk memahami gagasan, pandangan, dan perasaan orang lain secara lengkap dalam wacana yang berbentuk berita, pidato/ceramah/khotbah.
Menjawab pertanyaan dan menyimpulkan isi berita radio/tv yang didengar
Diperdengarkan rekaman berita radio/tv, peserta didik dapat menjawab pertanyaan tentang isi berita, pokok-pokok berita, dan simpulan berita dari berita yang didengar dengan berpedoman pada pertanyaan (5 W + 1 H).
Tes pilihan ganda
Menjawab pertanyaan isi dan menyimpulkan pidato/ceramah/khotbah yang didengar
Diperdengarkan rekaman pidato/ceramah/khotbah tokoh terkenal, peserta didik dapat menjawab pertanyaan tentang isi pidato/ceramah/khotbah dan pesan pidato/ceramah/khotbah yang didengarnya.
Tes pilihan ganda
2
Peserta didik mampu berbicara secara efektif dan efisien untuk mengungkapkan perasaan, informasi, pengalaman, pendapat, dan komentar dalam berbagai bentuk dengan berbagai mitra bicara sesuai dengan tujuan dan konteks
pembicaraan melalui kegiatan berwawancara, menyampaikan laporan, berpidato/ceramah/berkhotbah, bertelepon, musikalisasi puisi, dan bermain peran.
Menyusun kerangka laporan dan menyampaikan laporan peristiwa
Disajikan ilustrasi suatu peristiwa, peserta didik dapat menyusun fakta-fakta peristiwa dan menyampaikan peristiwa secara lisan berdasarkan pola urutan waktu, ruang, atau topik dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Tes uji petik kerja
Menyusun kerangka pidato/ceramah/khotbah dan berpidato/ceramah/khotbah sesuai kerangka yang dibuatnya
Berdasarkan kerangka pidato yang dibuatnya, peserta didik dapat berpidato dengan memperhatikan kesesuaian isi dengan kerangka pidato, sistematika pidato (pembuka, isi, penutup), kemenarikan, kelancaran, ketetapan intonasi, kejelasan volume suara, dan sikap pidato.
Tes keterampilan
Mendemonstrasikan musikalisasi puisi
Peserta didik dapat menyanyikan puisi yang sudah dimusikalisasi dengan berpedoman pada kesesuaian isi puisi dengan suasana/irama yang dibangun.
Tes uji petik kerja


















No.
Standar Kompetensi Lulusan
Kemampuan yang Diuji
Indikator
Bentuk Instrumen


Bermain peran berdasarkan naskah drama
Disajikan naskah drama sederhana, peserta didik dapat bermain peran berdasarkan naskah drama tersebut dengan memperhatikan lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat.
Tes uji petik kerja
3
Peserta didik mampu membaca karya sastra berbentuk puisi dan membaca nyaring teks perangkat upacara
Membacakan teks perangkat upacara
Disajikan teks perangkat upacara, peserta didik dapat membacakan teks tersebut dengan memperhatikan penjedaan, lafal, intonasi, kelancaran, dan pernapasan.
Tes keterampilan
Membacakan puisi/berdeklamasi
Disajikan teks puisi, peserta didik dapat membacakan teks puisi tersebut dengan memperhatikan suara, intonasi (nada, tempo), dan ekspresi (mimik, kinesik)
Tes uji petik kerja
Keterangan:
Sekolah disarankan mengujikan kemampuan yang diuji lebih dari satu aspek berbahasa/bersastra.


No comments:

Post a Comment