Powered By Blogger

Monday 10 March 2014

KISI-KISI SAL ULANGAN AKHIR SEMESTER 2 KELAS IX SMP BAHASA INDONESIA TAHUN PELAJARAN 2013-2014





PEMERINTAH PROVINSI DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA
DINAS PENDIDIKAN
MUSYAWARAH KERJA KEPALA SEKOLAH (MKKS) SMP DKI JAKARTA




KISI-KISI SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER DUA
Tahun 2013/2014







Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia
Kelas                     : IX (Sembilan)
Kurikulum Acuan : KTSP
Waktu                   : 120 menit
Aspek                    : Membaca dan Menulis

Disusun oleh:

Penyusun               : Tim MGMP Bahasa Indonesia SMP
                                 Provinsi DKI Jakarta






Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Bahan Kls/Smstr
Materi
Indikator
No. Soal
  11.Memahami ragam wacana tulis dengan membaca ekstensif, membaca intensif, dan membaca cepat.
11.1. Menemukan gagasan dari beberapa artikel dan buku melalui kegiatan membaca ekstensif.

IX/2
Gagasan utama
Disajikan teks bacaan artikel satu paragraf, peserta didik dapat menentukan gagasan utama paragraf tersebut.
1
Isi artikel
Disajikan teks bacaan artikel satu paragraf, peserta didik dapat menentukan isi kutipan artikel tersebut.
2
  Tujuan penulisan artikel
Disajikan teks bacaan artikel satu paragraf, peserta didik dapat menentukan tujuan penulisan artikel tersebut.
3
 Pertanyaan isi artikel
Disajikan teks bacaan  artikel satu paragraf, peserta didik dapat menentukan pertanyaan yang jawabannya terdapat dalam artikel tersebut.
4
Persamaan isi artikel
Disajikan dua teks bacaan artikel, peserta didik dapat menentukan persamaan isi kedua kutipan artikel tersebut.
5

11.2. Mengubah sajian grafik, tabel,  atau bagan menjadi uraian melalui kegiatan membaca intensif.  
IX/2
Simpulan grafik
Disajikan sebuah grafik, peserta didik dapat menentukan simpulan isi grafik tersebut.
6
Isi tabel
Disajikan sebuah tabel, peserta didik dapat menentukan pernyataan yang sesuai isi  data tabel tersebut.
7
      Narasi isi tabel
Disajikan sebuah tabel, peserta didik dapat menarasikan isi data tabel tersebut.
8
Pertanyaan isi bagan
Disajikan sebuah bagan organisasi yang populer, peserta didik dapat menentukan pertanyaan yang sesuai isi bagan tersebut.
9
11.3. Menyimpulkan gagasan utama suatu teks dengan membaca cepat  ± 200 kata per menit.  

IX/2

Kalimat fakta
Disajikan teks bacaan satu paragraf, peserta didik dapat menentukan kalimat fakta dalam bacaan tersebut.
10
Simpulan paragraf
Disajikan teks bacaan satu paragraf, peserta didik dapat menentukan simpulan bacaan tersebut.
11
Jawaban pertanyaan isi paragraf
Disajikan teks bacaan satu paragraf, peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan isi bacaan tersebut.
12
Gagasan utama paragraf
Disajikan teks bacaan satu paragraf, peserta didik dapat menentukan gagasan utama bacaan tersebut.
13
Rangkuman
Disajikan teks bacaan dua paragraf, peserta didik dapat menentukan rangkuman bacaan tersebut.
14
12.Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk  karya ilmiah sederhana, teks pidato, surat pembaca.
12.1. Menulis karya ilmiah sederhana dengan menggunakan berbagai sumber.

IX/2

Rumusan masalah karya ilmiah
Disajikan tema karya ilmiah, peserta didik dapat menentukan rumusan masalah yang tepat berdasarkan tema tersebut.
15
Latar belakang karya ilmiah
Disajikan  tujuan penulisan karya ilmiah sederhana,  peserta didik dapat menentukan paragraf latar belakang masalah tersebut.
16
Saran karya ilmiah
Disajikan kesimpulan karya ilmiah, peserta didik dapat menentukan saran yang tepat.
17
Daftar pustaka
Disajikan dua data buku, peserta didik dapat menentukan penulisan daftar pustaka yang tepat berdasarkan data buku tersebut.
18
Menyunting karya ilmiah sederhana
Disajikan paragraf kesimpulan karya ilmiah tanpa diberi tanda baca, peserta dapat menentukan penggunaan tanda baca yang tepat pada kesimpulan tersebut.
19
Pilihan kata
Disajikan kalimat yang di dalamnya terdapat beberapa pilihan kata yang tidak tepat, peserta didik dapat menentukan perbaikan yang tepat.
20
Paragraf padu
Disajikan lima kalimat yang diacak urutannya,  peserta dapat menentukan urutannya sehingga menjadi paragraf padu.
21
12.2. Menulis teks pidato/ceramah/ khotbah dengan sistematika dan bahasa yang efektif.

IX/2
Teks pidato rumpang
Disajikan bagian pidato (pembukaan, isi, penutup) yang belum lengkap, peserta didik dapat melengkapinya dengan tepat.
22
Paragraf pembuka pidato sesuai konteks
Disajikan ilustrasi suatu kegiatan, peserta didik dapat menentukan  paragraf  bagian pembuka teks pidato tersebut.
23
Paragraf isi pidato sesuai konteks
Disajikan ilustrasi suatu kegiatan, peserta didik dapat menentukan  paragraf  bagian  isi  teks pidato tersebut.
24
Paragraf penutup pidato sesuai konteks
Disajikan ilustrasi suatu kegiatan, peserta didik dapat menentukan  paragraf  bagian  penutup teks pidato tersebut.
25
Perbaikan urutan sapaan pidato
Disajikan teks pidato yang penggunaan urutan sapaannya tidak tepat, peserta didik dapat menentukan perbaikannya.
26
Perbaikan sapaan pidato
Disajikan teks pidato yang penggunaan kalimat sapaannya tidak tepat, peserta didik dapat menentukan perbaikannya.
27
12. 3. Menulis  surat pembaca tentang lingkungan sekolah.



IX/2
Surat pembaca rumpang
Disajikan sebuah surat pembaca yang rumpang pada bagian alamat, pengirim, isi, atau penutup, peserta didik dapat melengkapinya dengan tepat.
28
Surat pembaca sesuai konteks
Disajikan data hasil pengamatan objek di lingkungan sekolah, peserta didik dapat menentukan kalimat surat pembaca yang tepat.
29
Surat pembaca sesuai isi gambar
Disajikan gambar tentang kondisi lingkungan  sekolah yang tidak nyaman, peserta didik dapat menentukan kalimat surat pembaca sesuai ilustrasi tersebut.
30
15. Memahami novel dari berbagai angkatan.
15.1. Mengidentifikasi kebiasaan, adat, etika yang terdapat dalam buku novel angkatan  20-30 an.

IX/2

Kebiasaan dalam  novel
Disajikan kutipan novel angkatan 20-30 an, peserta didik dapat menentukan kebiasaan salah satu tokoh dalam novel tersebut.
31
Adat dalam novel
Disajikan kutipan novel angkatan 20-30 an, peserta didik dapat menentukan adat dalam novel tersebut.
32
Konflik  dalam novel
Disajikan kutipan novel angkatan 20-30 an, peserta didik dapat menentukan konflik yang terdapat dalam novel tersebut.
33
      Etika dalam novel
Disajikan kutipan novel angkatan 20-30 an, peserta didik dapat menentukan etika yang terdapat dalam novel tersebut.
34
Bukti nilai agama dalam novel
Disajikan kutipan novel angkatan 20-30 an, peserta didik dapat menentukan bukti nilai agama dalam novel tersebut.
35
      Nilai budaya dalam novel
Disajikan kutipan novel angkatan 20-30 an, peserta didik dapat menentukan nilai budaya dalam kutipan novel tersebut.
36
Bukti nilai moral
Disajikan kutipan novel angkatan 20-30 an, peserta didik dapat menentukan bukti nilai moral dalam novel tersebut.
37
15.2. Membandingkan karakteristik  novel angkatan  20-30 an.  

IX/2
Ciri-ciri novel angkatan 20-30 an
Disajikan kutipan novel angkatan 20-30 an, peserta didik dapat menentukan ciri-ciri novel tersebut.
38
Perbedaan karakteristik novel angkatan 20-30 an
Disajikan dua kutipan novel, peserta didik dapat menentukan perbedaan karakteristik kedua kutipan novel tersebut.
39
Watak tokoh
Disajikan dua kutipan novel angkatan 20-30 an, peserta didik dapat menentukan  perbedaan watak tokoh pada kedua kutipan novel tersebut.
40
Sudut pandang
Disajikan dua kutipan novel angkatan 20-30 an, peserta didik dapat menentukan  perbedaan sudut pandang  pada kedua kutipan novel tersebut.
41
Bahasa yang digunakan
Disajikan dua kutipan novel angkatan 20-30 an, peserta didik dapat menentukan  perbedaan  bahasa yang digunakan pada kedua kutipan novel tersebut.
42
Pesan
Disajikan dua kutipan novel angkatan 20-30 an, peserta didik dapat menentukan  perbedaan pesan pada kedua kutipan novel tersebut.
43
Konflik
Disajikan dua kutipan novel angkatan 20-30 an, peserta didik dapat menentukan  perbedaan konflik pada kedua kutipan novel tersebut.
44
Latar
Disajikan dua kutipan novel angkatan 20-30 an, peserta didik dapat menentukan  perbedaan latar kedua kutipan novel tersebut.
45
16. Menulis naskah drama.     
16.1. Menulis naskah drama berdasarkan cerpen yang sudah dibaca.
IX/2
Naskah drama sesuai cerpen
Disajikan sebuah kutipan cerpen, peserta didik dapat menentukan dialog sederhana berdasarkan kutipan cerpen tersebut.
46
Petunjuk lakuan dalam naskah drama
Disajikan sebuah kutipan naskah drama yang beberapa petunjuk lakuannya dirumpangkan, peserta didik dapat menentukan petunjuk lakuan  yang tepat untuk melengkapinya.
47
16.2. Menulis naskah drama berdasarkan peristiwa nyata.

IX/2
Naskah drama rumpang

Disajikan sebuah kutipan naskah drama yang beberapa dialognya dirumpangkan, peserta didik dapat menentukan dialog yang tepat untuk melengkapinya.
48
Menyunting naskah drama
Disajikan naskah drama petunjuk lakuannya tidak tepat, peserta didik dapat menentukan perbaikan petunjuk lakuan tersebut.
49
Naskah drama sesuai konteks
Disajikan ilustrasi berupa pengalaman yang mengesankan, peserta didik dapat menentukan naskah drama pendek yang sesuai ilustrasi tersebut.
50


No comments:

Post a Comment