Powered By Blogger

Monday 10 March 2014

KISI–KISI PENULISAN SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER 2 KELAS 9 SMP MATEMATIKA TAPEL 2013/2014 SMP PROVINSI DKI JAKARTA

KISI–KISI PENULISAN SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER 2 KELAS 9 TAPEL 2013/2014

SMP PROVINSI DKI JAKARTA


                                                    Mata Pelajaran            :  Matematika
                                                    Kurikulum                    :  Standar Isi
                                                    Alokasi  Waktu            :  120  menit
                                                    Banyak  Soal               :  40
                                                    Bentuk  Soal                :  Pilihan Ganda

No
SK/KD
Materi Pelajaran
Indikator soal
No Soal
1
5.1 Mengidentifikasi sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar
Bilangan berpangkat dan  bentuk akar
Peserta didik dapat menyatakan bentuk pecahan aljabar yang pembilang dan penyebutnya berpangkat negatif menjadi bentuk aljabar berpangkat positif.

1
Bilangan berpangkat dan  bentuk akar
Peserta didik dapat menentukan nilai dari  bentuk  dengan  a bilangan asli antara 2 dan 5, p, q, r bilangan asli dan t, u, v merupakan bilangan pecahan biasa.

2
Bilangan berpangkat dan  bentuk akar
Peserta didik dapat menuliskan bilangan dalam bentuk akar menjadi  bilangan berpangkat pecahan atau sebailknya.

3
Bilangan berpangkat dan  bentuk akar
Peserta didik dapat menuliskan (abp ´ bq )r dalam bentuk  paling sederhana   (a, p, q dan  r bilangan bulat positif dan negatif).

4
Bilangan berpangkat dan  bentuk akar
Peserta didik dapat menentukan hasil dari dengan a, b, m, dan n bilangan bulat selain nol dan satu.

5
2
5.2 Melakukan operasi aljabar yang melibatkan bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar

operasi aljabar yang  melibatkan bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar

Peserta didik dapat menentukan hasil  penjumlahan atau pengurangan bilangan bulat berpangkat bilangan bulat negatif.
6
operasi aljabar yang  melibatkan bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar

Peserta didik dapat menentukan hasil  penjumlahan atau pengurangan bilangan bulat berpangkat  bilangan pecahan.
Peserta didik dapat menentukan hasil penarikan akar dari bilangan bulat berpangkat bilangan pecahan.

Peserta didik  dapat menentukan hasil  operasi am :  an , (a bilangan bulat positif dan m, n bilangan bulat negatif).

Peserta didik dapat menentukan hasil  operasi an  a( a bilangan bulat positif, dan n, p bilangan bulat negatif)

Peserta didik dapat menentukan hasil  operasi (ak) h  (a  bilangan bulat positif, serta k, h keduanya bilangan bulat negatif.

Peserta didik dapat menentukan hasil  operasi ( bh) (b bilangan bulat positif,  h bilangan bulat positif serta t bilangan pecahan  negatif).

Peserta didik  dapat menyederhanakan  bentuk  akar menjadi bentuk paling  sederhana, dengan a bukan kuadrat sempurna.

Peserta didik dapat menyederhanakan  bentuk  pmenjadi bentuk paling  sederhana (a, dan b  bilangan bulat positif  berbeda ).

Peserta didik dapat menentukan hasil   dalam bentuk  akar paling sederhana.  (p, q dan  hasil perkaliannya bukan bilangan kuadrat sempurna)

Peserta didik dapat menentukan hasil   dengan a, p, q dan r bilangan bulat.

7


8


9


10


11



12


13



14


15


16

3
5.3 Memecahkan masalah sederhana yang berkaitan dengan bilangan berpangkat dan bentuk akar

Pemecahan masalah berkaitan dengan bilangan berpangkat dan bentuk akar

Peserta didik dapat merasionalkan bentuk   dengan  n pecahan campuran
17
Pemecahan masalah berkaitan dengan bilangan berpangkat dan bentuk akar

Peserta didik dapat merasionalkan bentuk    (a, p, q bilangan positif)

18
Pemecahan masalah berkaitan dengan bilangan berpangkat dan bentuk akar

Peserta didik dapat merasionalkan bentuk     (a, p, q bilangan positif).

Diketahui  = a dan  = b, Peserta didik dapat menentukan  nilai dari      - , ( dan  bentuk akar yang dapat disederhanakan).

Diketahui  , peserta didik dapat menentukan nilai x jika a, b, n, p, dan q bilangan positif.

19



20




21
4
6.1 Menentukan pola barisan bilangan sederhana
Pola bilangan
Diberikan 4 suku pertama pola bilangan segitiga atau fibonacci, peserta didik dapat menentukan tiga suku berikutnya.

Diberikan 4 suku pertama barisan bilangan (beda antar suku tidak sama), peserta didik dapat menentukan suku ke-n. ( n antara 8 dan 13).

Di berikan rumus Un ( bukan aritmatika maupun geometri), peserta didik dapat menentukan Ux , ( x antara 20 dan 30).

22


23


24

Gambar berpola
Diberikan gambar berpola yang terbentuk dari segitiga-segitiga sama sisi, peserta didik dapat menyelesaikan  soal yang berkaitan dengan banyak segitiga pada pola tertentu.

Peserta didik dapat menyelesaikan soal yang berkaitan dengan gambar berpola (pola persegipanjang).

25



26
5
6.2 Menentukan suku ke-n barisan aritmatika dan barisan geometri

Barisan aritmatika dan geometri




Barisan aritmatika dan geometri
Diberikan 4 suku pertama barisan aritmatika, peserta didik dapat menentukan suku ke-n ( 50 < n < 80 ) .

Diberikan 4 suku pertama barisan geometri, peserta didik dapat menentukan rumus suku ke-n.

Diberikan barisan aritmatika yang diketahui suku ke-p dan suku ke-q, peserta didik dapat menentukan suku ke-n. (20 < n< 30, p dan q bilangan bulat).


Diketahui suku ke-p dan suku ke-q barisan geometri, peserta didik dapat menentukan suku ke-n. (10 < n < 15, p dan q bilangan bulat).

Peserta didik dapat menyelesaikan soal cerita berkaitan dengan konsep barisan  aritmetika.

Peserta didik dapat menyelesaikan soal cerita berkaitan dengan konsep barisan  geometri.

27


28


29



30


31


32
6
6.3 Menentukan jumlah n suku pertama deret aritmatika dan deret geometri

Deret aritmatika dan geometri
Peserta didik dapat menentukan jumlah n suku pertama dari 5 suku pertama deret aritmatika  yang diberikan . (30 < n< 50).

Peserta didik dapat menentukan jumlah n suku pertama dari 5 suku pertama deret  geometri  yang diberikan . (8 < n< 13).

Diketahui suku ke-p dan suku ke-q barisan aritmatika, peserta didik dapat menentukan jumlah n suku pertama. (50 < n< 80, p dan q bilangan bulat).

Diketahui suku ke-p dan suku ke-q barisan geometri, peserta didik dapat menentukan jumlah n suku pertama. (8 < n < 13, p dan q bilangan bulat).

33


34


35


36
Masalah  berkaitan dengan deret


Peserta didik dapat menentukan jumlah bilangan kelipatan n dari  100 sampai  200 (2 < n<  7).

Peserta didik dapat menentukan jumlah bilangan kelipatan n antara  200 dan 300. (2 < n<  7).

37


38
7
6.4 Memecahkan masalah yang berkaitan dengan barisan dan deret

Masalah  berkaitan dengan deret
Peserta didik dapat menyelesaikan soal cerita menggunakan konsep deret  aritmetika.

39
Masalah  berkaitan dengan deret
Peserta didik dapat menyelesaikan soal cerita menggunakan konsep deret  geometri.

40

                                                                                                                                     

No comments:

Post a Comment