KISI-KISI UJIAN NASIONAL
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/MADRASAH TSANAWIYAH
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Level Kognitif
|
Membaca Nonsastra
|
Membaca Satra
|
Menulis Terbatas
|
Menyunting Kata, Kalimat,
Paragraf
|
Menyunting Ejaan
dan Tanda Baca
|
Pengetahuan dan pemahaman
· Mengidentifikasi
· Menentukan
· Memaknai
|
Siswa mampu
- menentukan makna
kata/kalimat pada teks
- menentukan informasi
tersurat teks
- menentukan bagian
teks
|
Siswa mampu
- menentukan makna kata
dalam cerpen dan fabel
- menentukan makna
tersurat dalam cerpen
dan fabel
- menentukan bagian
cerpen dan fabel
|
Siswa mampu
- melengkapi teks
dengan kata atau
kalimat
|
Siswa mampu
- menunjukkan kesalahan
penggunaan kata,
kalimat, kepaduan
paragraf
|
Siswa mampu
- menunjukkan
kesalahan
penggunaan ejaan
atau tanda baca
|
Aplikasi
· Menunjukkan bukti
· Menyimpulkan
· Menemukan ide
· Menginterpretasikan
· Menggunakan
· Menyusun
|
Siswa mampu
- menentukan ide pokok
teks
- menyimpulkan isi teks
- menyimpulkan
pendapat (pro/kontra)
- meringkas isi teks
|
Siswa mampu
- menyimpulkan makna
simbol dalam cerpen dan
fabel
- menyimpulkan isi tersirat
dalam cerpen/fabel
- menyimpulkan
sebab/akibat konflik
|
Siswa mampu
- menyusun urutan
kalimat berbagai jenis
teks
- melengkapi kata,
kalimat, paragraf
|
Siswa mampu
- menggunakan istilah
dalam kalimat
- menggunakan kata
bentukan (mengisi sesuai
kaidah bentukan kata)
|
Siswa mampu
- menggunakan ejaan
- menggunakan tanda
baca
|
Penalaran
· Mengevaluasi
· Membandingkan
· Menanggapi
· Merefleksi
|
Siswa mampu
- membandingkan
penggunaan bahasa
dan pola penyajian
beberapa jenis teks
- menilai keunggulan/
kelemahan karya sastra
|
Siswa mampu
- membandingkan pola
pengembangan cerpen
dan fabel
- membandingkan
penggunaan bahasa
cerpen dan fabel
- mengomentari isi, pola
pengembangan/ bahasa
|
Siswa mampu
- mengubah teks ke
dalam bentuk lain
- menulis teks singkat
sesuai dengan
konteks
|
Siswa mampu
- memperbaiki kesalahan
penggunaan kata,
kalimat, dan
ketidakpaduan paragraf
- menentukan alasan
kesalahan penggunaan
kata, kalimat, dan
ketidakpaduan paragraf
|
Siswa mampu
- memperbaiki
kesalahan
penggunaan ejaan
dan tanda baca
- menentukan alasan
kesalahan
penggunaan ejaan
dan tanda baca
|
|
|
Teks laporan, eksposisi, ulasan, biografi, prosedur, tanggapan kritis, cerpen, dan fabel
No comments:
Post a Comment