Contoh
Rubrik
Bacakanlah teks Pembukaan UUD 1945/teks Pancasila dengan
berpedoman pada intonasi dan pemenggalan, pelafalan, kelancaran, dan pernapasan.
Tampilanmu akan dinilai dengan menggunakan rubrik berikut.
Rubrik Penilaian
Kemampuan Membacakan Teks Pembukaan UUD 1945 dan Teks Pancasila
No
|
Aspek
|
Indikator
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Intonasi
dan pemenggalan
|
Apakah pengaturan jeda, tinggi rendahnya nada, keras
lunaknya suara, dan cepat lambatnya pembacaan memudahkan pendengar untuk
memahami isi teks Pembukaan UUD 1945/teks Pancasila?
|
|
|
2.
|
Lafal
|
Apakah setiap kata diucapkan secara jelas dan tepat?
|
|
|
3.
|
Kelancaran
|
Apakah teks Pembukaan UUD 1945/teks Pancasila dibaca
secara lancar?
|
|
|
4.
|
Pernapasan
|
Apakah pembaca dapat mengatur napas secara rapi/tidak
terengah-engah?
|
|
|
Penilaian
No.
|
Jumlah Jawaban
“Ya”
|
Nilai
|
Keterangan
|
1.
|
4
|
100
|
|
2.
|
3
|
75
|
|
3.
|
4
|
50
|
|
4.
|
1
|
25
|
|
Contoh Rubrik
Tampilkanlah
drama berdasarkan naskah drama tersaji! Tampilanmu akan dinilai dengan
menggunakan rubrik berikut.
Rubrik
Penilaian Pementasan Drama
Nama Kelompok : …………………………………….
Judul Drama
: ……………………………………
|
Nilai
|
||||
Komponen yang
Dinilai
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1.
|
Pelafalan
Dialog
a.
Kualitas ujaran (vokal)
b.
Kejelasan
c.
Ketepatan nada, jeda, intonasi
|
|
|
|
|
2.
|
Pemeranan
Pelaku
a.
Ekspresi/Penghayatan
b.
Kesesuaian gerak pemain dengan perannya
c. Posisi pemain di panggung
|
|
|
|
|
3.
|
Lain-lain
a.
Tata panggung/pentas
b.
Kostum (bila ada)
c. Ilustrasi
musik/suara (bila ada)
|
|
|
|
|
Keterangan:
1 = Kurang 3 = Baik
2 = Cukup 4 = Amat
Baik
|
|
|
|
|
Penilaian:
Rumus
Nilai Pementasan Drama = Jumlah Skor x 100 : 36
Contoh:
Asri mendapat skor 1a = 4, 1b = 3, 1c = 4, 2a = 4, 2b = 2,
2c = 3, 3a = 4, 3b = 4, 3c = 4
Nilai Asri = 32 x 100 : 36 = 88,89
Contoh Rubrik
Tampilkan
musikalisasi puisi dengan berpedoman pada kesesuaian isi puisi dengan irama,
intonasi, pelafalan, dan penampilan. Tampilanmu akan dinilai dengan menggunakan
rubrik berikut.
Rubrik Penilaian Musikalisasi
Puisi
No.
|
Aspek yang
Dinilai
|
Skor Maksimal
|
Skor Peserta
Didik
|
1.
|
Keselarasan isi puisi dengan irama musik
§ Irama musik
selaras dengan isi puisi.
§ Irama musik
kurang selaras dengan isi puisi.
§ Irama musik
tidak selaras dengan isi puisi.
|
5
3
1
|
|
2.
|
Intonasi
§ Irama, tekanan,
dan jeda bervariasi sesuai dengan isi puisi.
§ Irama, tekanan,
dan jeda kurang bervariasi.
§ Irama, tekanan,
dan jeda tidak bervariasi .
|
5
3
1
|
|
3.
|
Pelafalan
§ Ucapan jelas
dan tidak terjadi kesalahan pengucapan.
§ Ucapan jelas,
tetapi terjadi beberapa kesalahan pengucapan.
§ Ucapan tidak
jelas dan banyak terjadi kesalahan pengucapan.
|
5
3
1
|
|
4.
|
Penampilan
§ Ekspresif dan
gerak tubuh sesuai dengan isi puisi serta tidak grogi.
§ Ekspresif dan
gerak tubuh sesuai dengan isi puisi,
tetapi grogi.
§ Tidak
ekspresif, gerak tubuh dibuat-buat dan tidak sesuai dengan isi puisi serta
grogi.
|
5
3
1
|
|
Penilaian:
Rumus Nilai
Musikalisasi Puisi = Jumlah Skor x 100 : 20
Contoh: Asri mendapat
Skor
aspek 1 = 5, aspek 2 = 3,
aspek 3 = 3, dan aspek 4 = 5
Nilai Asri = 16 x
100 : 20 = 80,00
Contoh Rubrik
Tampilkan pidato
dengan berpedoman pada keselarasan hubungan isi antarbagian pidato, ketepatan
pengucapan kata, ekspresi, kelancaran, intonasi, dan gaya pengucapan.
Tampilanmu akan dinilai dengan menggunakan rubrik berikut.
Rubrik Penilaian
Berpidato
No.
|
Aspek yang
Dinilai
|
Skor
|
Ket.
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1.
|
Keselarasan
hubungan isi antarbagian pidato.
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Ketepatan
pengucapan kata.
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Kesesuaian
ekspresi dengan pesan yang diungkapkan.
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Kelancaran
dalam mengucapkan kalimat-kalimat.
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Kesesuaian
intonasi dengan isi pesan yang diungkapkan.
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
Gaya
pengucapan.
|
|
|
|
|
|
|
Total Skor
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
1 = tidak tepat
2 = kurang tepat
3 = agak tepat
4 = tepat
5 = sangat tepat
Penilaian:
Rumus
: Nilai Berpidato = Jumlah Skor x 100 : 30
Contoh:
Asri mendapat skor aspek
1 = 4, aspek 2 = 4, aspek 3 = 5, aspek 4 = 5, aspek 5 = 4, dan aspek 6 = 5
Nilai Susi = 27 x 100 : 30 = 90,00
Contoh Rubrik
Tampilkan
pembacaan puisi dengan berpedoman pada irama, nada, tekanan, ekspresi, dan
gerak penyerta. Tampilanmu akan dinilai dengan menggunakan rubrik berikut.
Rubrik Penilaian
Membacakan Puisi
No.
|
Aspek yang
Dinilai
|
Skor
|
Ket.
|
||
16 - 20
|
10 - 15
|
5 - 9
|
|||
1.
|
Penggunaan
irama.
|
|
|
|
|
2.
|
Penggunaan
nada.
|
|
|
|
|
3.
|
Penggunaan
tekanan.
|
|
|
|
|
4.
|
Penggunaan
ekspresi.
|
|
|
|
|
5.
|
Penggunaan
gerak penyerta.
|
|
|
|
|
Total Skor
|
|
|
|
|
Keterangan:
16 - 20 = jika penggunaan irama, nada, tekanan, ekspresi,
dan gerak penyerta sangat tepat.
10 - 15 = jika penggunaan irama, nada, tekanan, ekspresi,
dan gerak penyerta tepat.
5 - 9 = jika
penggunaan irama, nada, tekanan, ekspresi, dan gerak penyerta kurang tepat.
Penilaian:
Rumus
Nilai Membacakan Puisi = Jumlah Skor
Contoh:
Asri mendapat Skor aspek
1 = 15, aspek 2 = 20, aspek 3 = 15, aspek 4 = 10, dan aspek 5 = 15
Nilai Asri = 15 + 20 + 15 + 15 + 15 = 80,00
mksh byk pengetahuan cara membuat rubrik penilaian tes praktik
ReplyDeleteInfonya sangat bermanfaat, Pak. Terima kasih.
ReplyDeleteOke terimakasih
ReplyDelete