PANDUAN UJIAN PRAKTEK
SMP
MATA PELAJARAN : IPA
TAHUN 2014-2015
DINAS
PENDIDIKAN PROVINSI DKI JAKARTA
I.
PENDAHULUAN
Berdasarkan
peraturan menteri pendidikan nasional Indonesia no. 45 tahun 2010 pasal 1 ayat
2 yang menyatakan bahwa “ Ujian sekolah/madrasah selanjutnya disebut US/M
adalah kegiatan pengukuran dan penilaian kompetensi peserta didik yang
dilakukan oleh sekolah/madrasah untuk semua mata pelajaran pada kelompok ilmu pengetahuan
dan tehnologi “ ,maka satuan pendidikan (SMP/MTs) perlu mengadakan pengukuran
dan penilaian dalam kemampuan psikomotorik berupa kegiatan praktikum mata
pelajran Ilmu Pengtahuan Alam ( IPA ) , yang materi ujinya dari semester
1,2,3,4,5,dan 6.
Dalam
kegiatan pengukuran dan penilaian sebagaimana dimaksud diatas ,dengan ini Dinas
Pendidikan Provinsi DKI Jakarta memberi petunjuk tehnis dan panduan materi
praktikum yang dapat dipilih diantara daftar yang tersusun ini dengan mengacu
kepada kemampuan satuan pendidikan.
II.
SEBARAN
MATERI
Materi
meliputi seluruh jenjang kelas 7, 8 dan 9 sesuai KTSP pada mata pelajaran Ilmu
Pengetahuan Alam (IPA).
III.
KISI-KISI
MATERI
Materi
ujian dapat dipilh dari kompetensi yang ada dengan pola perbandingan kelas
7,kelas 8 dan kelas 9 adalah 2 : 3 : 5
IV.MEKANISME PELAKSANAAN
-
Setiap
siswa mendapatkan materi fisika, biologi dan kimia dengan pengaturannya
disesuaikan pada kebijakan sekolah masing-masing. Dalam panduan ini disediakan
materi-materi untuk diujikan dalam
praktek. Masing-masing sekolah dapat memilih materi ujian praktek yang sesuai
dengan alat yang dimilki sekolah.
-
Semua
alat dan bahan praktikum sebaiknya disediakan oleh sekolah ,untuk menjaga
kerahasian materi yang akan diujikan dalam praktikum.
-
Jika
alat dan bahan yang diperlukan tidak mencukupi maka ujian praktek dapat
dilakukan dengan system kerja kelompok
V.
TEKNIS
PELAKSANAAN
-
Ruang
pengujian didesain sedemikian rupa, sehingga peserta ujian dapat melakukan
kegiatan dengan tertib tidak terganggu oleh teman yang berada didekatnya.
-
Dalam
tiap ruang disiapkan 5 atau 6 jenis materi ujian praktek,maksimal tersedia sebanyak 4 set
untuk setiap materi ujian praktek.
-
Dalam
satu ruangan ujian praktek dapat menampung 20 peserta ujian
-
Setiap
sessi memerlukan waktu 90 menit
-
Peserta
ujian mengenakan jas lab ( kalau ada ) dan masuk ke dalam ruangan praktikum
hanya berbekal tanda peserta, alat tulis dan serbet.
-
Peserta
ujian wajib mengerjakan semua kegiatan yang tersedia dengan mengisi lembar kegiatan dan setiap mata
ujian praktek diselesaiakan dalam waktu 15 menit
VI.
PENGUJIAN
DAN PENILAIAN
-
Guru
bukan hanya bertindak sebagai pengawas ujian ,tetapi juga sebagai penilai dan
penguji dalam proses kegiatan ujian praktek.
-
Penguji
harus mengamati cara kerja dari persiapan hingga akhir dan memeriksa lembar
kegiatan masing-masing dengan skor yang sesuai dengan pedoman penskoran.
-
Penilaian
dapat dilakukan penskoran dari skor proses dan skor laporan kegiatan
praktikum..
-
Penilaian
berdasarkan pada rumus berikut ini :
NILAI = JUMLAH SKOR
VII.
PEDOMAN
PENSKORAN
No.
|
Aspek Yang Dinilai
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Persiapan:
1. Menyiapkan perangkat alat
dan bahan kegiatan ujian paktek
2. Merangkai / menyusun
perangkat alat dan bahan kegiatan ujian praktek
Proses :
1. Urutan langkah –langkah /prosedur
kegiatan praktikum
2. Menggunakan alat dan bahan
sesuai dengan fungsinya.
3. Hasil kegiatan ujian
praktek
Laporan :
1. Penulisan tujuan kegiatan
praktikum
2. Penulisan alat dan bahan
yang digunakan dalam praktikum
3. Menuliskan
langkah-langkah /prosedur kegiatan praktikum
4. Mengisi table atau hasil
pengamatan
5. Menjawab pertanyaan
6. Membuat kesimpulan
|
0 – 5
0 – 5
0 – 15
0 – 15
0 – 10
0 – 5
0 – 5
0 – 10
0 – 10
0 – 10
0 – 10
|
|
Jumlah Max
|
100
|
VIII.
MATERI
DAN JUDUL PRAKTIKUM
No.
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
JUDUL
PRAKTIKUM
|
1.
|
KELAS VII
1.
Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajarai benda-benda
alam dengan menggunakan peralatan
|
1.3
Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai
dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari
|
1.
Mengukur
dengan satuan baku dan tak baku secara baik dan benar
|
1.
Pengukuran
volum / massa / waktu
|
2.
|
2.Memahami kalsifikasi zat
|
2.2 Melakukan percobaan sederhana
dengan bahan-bahan yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari
|
2.Melakukan percobaan
untuk mengetahui sifat asam, basa di laboratorium dan alam misalnya dengan
menggunakan kembang sepatu
|
2.Mengelompokan
larutan asam, basa dan garam
|
3.
|
3.Memahami wujud
zat dan perubahannya
|
3.2.
Mendiskripsikan
konsep masa jenis dalam kehidupan sehari-hari
|
3. Merencanakan percobaan sederhana tentang
pengukuran masa jenis
|
3.
Menentukan masa jenis zat
|
4.
|
5.Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan
|
5.3 Menggunakan mikroskop dan peralatan pendukung lainnya untuk mengamati
gejala-gejala kehidupan
|
4.Menggunakan mikroskop
dengan benar (mengatur fokus, pencahayaan, menemukan objec Mikropis)
|
4.Menggunakan
mikroskop untuk pengamatan preparat segar atau preparat awetan
|
5.
|
6. Memahami keanekaragaman makhluk hidup
|
6.2 Mengklasifikasi-kan makhluk hidup berdasrkan
ciri-ciri yang dimiliki
|
5.Mengklasifikasi beberapa mahluk hidup di sekitar berdasar ciri yang
diamati
|
5.Mengklasifikasikan
hewan atau tumbuhan berdasarkan ciri-cirinya
|
6.
|
KELAS VIII
1.Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia
|
4.1 Mendeskripsikan sistem
pencernaan pada manusia dan dan hubungannya dengan kesehatan
|
6. Mendeskripsikan
jenis makanan berdasar kandungan zat yang ada di dalamnya
|
6. Melakukan uji
bahan makanan untuk mengetahui adanya amilum protein dan lemak yang tedapat pada
makanan tertentu
|
7.
|
2. Memahami sistem dalam kehidupan tumbuhan
|
2.2 Mendeskripsikan proses perolehan nutrisi dan transformasi energi
pada tumbuhan hijau
|
7. Melakukan dan membuat laporan hasil percobaan fotosintesis
|
7.Melakukan
percobaan fotosintesis
|
8.
|
5. Memahami
peranan usaha, gaya, dan energi dalam kehidupan sehari-hari
|
5.4 Melakukan percobaan tentang
pesawat sederhana dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
8. Melakukan kegiatan untuk menggolongkan alat-alat
yang disediakan kedalam jenis tuas,karol dan bidang miring
|
8. Menggolongkan tuas, katrol dan bidang miring
|
9.
|
6. Memahami konsep dan penerapan getaran, gelombang
dan optika dalam produk teknologi sehari-hari
|
6.3 Menyelidiki sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan
berbagai bentuk cermin dan lensa
|
9. Mendeskripsikan
proses pembentukan dan sifat-sifat bayangan pada cermin datar, cermin cekung
dan cermin cembung atau lensa cekung dan lensa
cembung
|
9.Menentukan
bayangan benda pada cermin atau lensa
|
10.
|
KELAS IX
1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia
|
1 .1 Mendeskripsikan
sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
|
10. Mendiskripsikan proses dan fungsi organ ekskresi pada
manusia
|
10. Menjelaskan proses dan fungsi organ ekskresi dengan
carta atau torso
|
11.
|
1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia
|
1.3.Mendeskripsikan sistem koordinasi dan alat
indera pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
|
11.Mendeskripsikan fungsi otak, fungsi sumsum
tulang belakang, dan sel saraf dalam sistem koordinasi
|
11.
Menentukan fungsi otak ,sumsum tulang belakang pada carta atau torso
|
12.
|
2. Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup
|
2.3 mendeskripsikan proses pewarisan
dan hasil pewarisan sifat beserta penerapannya
|
12.menentukan rasio hasil
persilangan persilangan monohibrida dan dihibrida
|
12.
Persilangan monohibrid
dan persilangan dihibrid
|
13.
|
3. Memahami konsep kelistrikan dan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
3.2 Menganalisis percobaan listrik dinamis
dalam suatu rangkaian serta
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
13. Membuat rangkaian komponen listrik dengan
berbagai variasi baik seri maupun paralel
|
13.
Menyusun rangkaian listrik seri / paralel
|
14.
|
3. Memahami konsep kelistrikan dan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
3.2 Menganalisis percobaan listrik dinamis
dalam suatu rangkaian serta
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
14.
Melakukan percobaan pengukuran kuat arus dan mengukur tegangan dengan
menggunakan alat ukur dalam suatu rangkaian
|
14.
Pengukuran kuat arus dan tegangan pada suatu rangkaian
|
15.
|
4. Memahami konsep
kemagnetan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
4.3 Menerapkan
konsep induksi elektromagnetik untuk menjelaskan prinsip kerja beberapa alat
yang memanfaatkan prinsip induksi elektromagnetik
|
15.
Menjelaskan hubungan antara
pergerakan garis medan magnetik dengan terjadinya gaya gerak listrik induksi
melalui percobaan
|
15.
Menyelidiki timbulnya GGL dan arus induksi
|
KOP
SEKOLAH
|
LAPORAN
KEGIATAN SISWA
UJIAN
PRAKTIK IPA
|
Standar
Kompetensi :3.
Memahami konsep kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Materi
: Listrik dinamis
Tujuan
:
…………………………………………………………… ( 5 )
Nomor
Praktikum : 13
Judul
Percobaan : Pengukuran kuat arus dan tegangan pada suatu
rangkaian
Alat
dan bahan : 1. ………………… ( 5 )
2…………………..
3…………………..
4. …………………
Langkah
Kerja : ( 10 )
1 . ……………………………….
2.
………………………………
3.
………………………………
4.
………………………………
5.
………………………………
Hasil/
Tabel Pengamatan : ( 10 )
………………………………………………………………..
………………………………………………………………..
………………………………………………………………..
Pertanyaan
: ( Berisi
pertanyaan yang sesuai ) ( 10 )
1…………………………………..
2…………………………………..
3…………………………………..
4…………………………………..
Kesimpulan
: ( 10 )
………………………………………………………………………….
....……………………………………………………………………….
………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………..
KOP
SEKOLAH
|
LAP0RAN
KEGIATAN SISWA
UJIAN
PRAKTIK IPA
|
Standar
Kompetensi : 2.
Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup
Materi
: Persilangan
monohybrid dan persilangan dihibrid
Tujuan
:
…………………………………………………………… ( 5 )
Nomor
Praktikum : 11
Judul
Percobaan : Persilangan monohibrid dan persilangan
dihibrid
Alat
dan bahan : 1. ………………… ( 5 )
2…………………..
3…………………..
4. …………………
Langkah
Kerja : ( 10 )
1 . ……………………………….
1.
………………………………
2.
………………………………
3.
………………………………
4.
………………………………
Hasil/
Tabel Percobaan: ( 10 )
………………………………………………………………..
………………………………………………………………..
………………………………………………………………..
Pertanyaan
: ( Berisi pertanyaan yang
sesuai ) ( 10 )
1…………………………………..
2…………………………………..
3…………………………………..
4…………………………………..
Kesimpulan
: ( 10 )
………………………………………………………………………….
....……………………………………………………………………….
………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………..
Terima kasih udah share mas,,salam kenal ya...
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
Deletesiiip...
DeleteTerima kasih atas pemberitahuannya
ReplyDeleteOK...
Deletecuma materi aja, gk ada soal nya ?
ReplyDeleteSoalnya menyesuaikan dengan materi...
DeleteTerima kasih sangat membantu :)) namun lebih membantu jika diberi 1 contoh untuk mengisi laporan ujiannya sprt tujuan, alat dan bahan, tabel, kesimpulan dll. Semoga diubah jd lebih baik dan bermanfaat yaaa!!
ReplyDelete