Powered By Blogger

Thursday 30 May 2013

ASAL MULA TUMBUHAN KEMUNGKINAN BEREVOLUSI DARI ALGA HIJAU YANG DISEBUT KAROFITA

ASAL MULA TUMBUHAN KEMUNGKINAN BEREVOLUSI DARI ALGA HIJAU YANG DISEBUT KAROFITA

Selama beberapa dekade, para ahli sistematika telah mengakui bahwa alga hijau adalah protista fotosintesik yang paling dekat kekerabatannya dengan tumbuhan katrena terdapat keanekaragaman yang sangat besar pada alga hijau, penelitian terbaru memfokuskan pada kelompok organisme akuantik yang merupakan kerabat alga terdekat bangi kingdom tumbuhan, sekarang sekali bukti yang mengarah pada alga hijau disebut karofita. dengan membandingkan ultrasruktur sel, biokimia dan informasi hereditas (DNA dan RNA serta produk proteinnya), para peneliti telah menemukan homologi antara karofta dan tumbuhan diantaranya :

1.      Kloroplas yang homoloh. Diantara semua protista fotosintetik, hanya alga hijau yang menyamai tumbuhan dalam hal memiliki klorofil b dan beta karoten sebagai pigmen asesoris, kloroplas alga hijau juga mirip dengan kloroplas tumbuhan dalam hal terdapatnya membran tilakoid yang menumpuk sebagai grana. Ketika para ahli sistematika molekuler membandingkan DNA kloroplas dan berbagai macam alga hijau dengan DNA Kloroplas pada tumbuhan, kesamaan yang paling dekat terdapat antara karofita dan tumbuhan.

2.      Kemiripan biokimiawi. Selulosa adalan komponen struktural dinsing sel pada sebagian besar alga hijau, suatu karakteristik yang juga dimiliki oleh tumbuhan. Diantara alga hijau, karofita adalah yang paling mirip dengan tumbuhan dalam komposisi dinding sel yaitu selulosanya menyusun 20-26% dari total bahan pembentuk dinsing sel baik pada karofita maupun pada tumbuhan, karofita juga merupakan satu-satunya alga yang memiliki peroksisom yang komposisi enzimnya sama dengan peoksisom pada tumbuhan .
3. 
     Kemiripan dalam mekanisme mitosis dan sitokinesis. Selama pembelahan sel pada klorofita dan tumbuhan seluruh selubung nukleus menyebar selama akhir profase, dan gelendong mitotik tetap bertahan  sampai sitokinesis melibatkan kerjasama dengan mikrotubul, mikrofilamen aktin dan vesikula dalam pembelahan suatu lempengan sel.
4.   
       Kemiripan dalam ultrastruktur sperma. Dalam rincian ultra struktur sperma, karofita lebih irip dengan tumbuhan tertentu daripada dengan alga hijau lainnya.
5.    
        Hubungan genetik. Para ahli sistematika molekuler telah memeriksa gen nekleus tertentu dan RNA ribosom pada karofita dan tumbuhan, dan data tersebut sesuai dengan bukti-bukti lainnya yang menempatkan karofita sebagai kerabat terdekat tumbuhan

Penting untuk memahami bahwa karofita modern, seperti yang ditunjukan pada gambar di atas, bukan nenek moyang tumbuhan, namun demikian, bukti-bukti yang ada mendukung hipotesis bahwa baik karofita modern maupun tumbuhan berevolusi dari suatu nenek moyang bersama yang kemungkinan akan diklasifikasikan sebagai karofita, para peneliti mungkin dapat mempelajari lebih banyak lago mengenai bagaimana tumbuhan bekerja, dengan cara mempelajari fisiologi kerabat dekatnya yang lebih sederhana, yaitu karofita.

No comments:

Post a Comment