Powered By Blogger

Friday 31 May 2013

EVOLUSI TUNGKAI

EVOLUSI TUNGKAI

Terdapat dua hipotesis mengenai asal mula empat tungkai pada hewan tetrapoda, yaitu apakah struktur tungkai tersebut merupakan modifikasi struktur sebelumnya ataukah sebuah bentuk baru. Perbedaan umum dari kedua hpotesis itu adalah asal mula elemen proksimal pada tungkai. Pada sirip pectoral ikan Rhipidistian, terlihat sebuah tulang dasar yang kita sebut humerus bersambungan di ujung awalnya dengan scapula dan di ujung akhirnya dengan sepasang radial yang kita sebut radius dan ulna. Hilangnya lembaran sirip dan modifikasi tulang radial radial menjadi radius dan ulna diasumsikan mempu membentuk rangka tetrapoda pertama.

Hipotesis lainnya mengenai asal mula tungkai diungkapkan berdasarkan hasil studi yang berkembang baru-baru ini. Perkembangan tungkai tetrapoda berbeda dari ikan bersirip lembaran. Tungkai tetrapoda memiliki sebuah periode pembelahan sel yang kedua di sisi kanan sumbu tungkai hingga bahu. Pembelahan kedua inilah yang menghasilakn pertumbuhan tulang-tulang jari. Pola tersebut mengesankan bahwa tulang jadi merupakan kompnen baru pada tetrapoda dan bukan modifikasi struktur yang telah ada sebelumnya. (modifikasi dari tulang radial yang membentuk tuang jari).

Anatomi perbandingan tulang sirip pectoral dan caudal dengan tulang tetrapoda pertama (amfibi). Disini rangkaian morfologi berasadl dari satu tipe vertebrata (ikan) ke tipe lainnya (amfibi) dan dari satu lingkungan (air) ke lingkungan lainnya yang berbeda (daratan).

No comments:

Post a Comment