Powered By Blogger

Friday 31 May 2013

POLA DASAR ARTERI

POLA DASAR ARTERI

Secara embrionik, seluruh vertebrata memiliki pola dasar arteri yang sama, yaitu :
1)        Aorta ventral
2)       Aorta dorsal
3)      Pola Dasar Arteri
4)         Enam pasang lengkung aorta, yang menghubungkan aorta ventral dengan aorta dorsal, dan merupakan struktur yang paling jelas termodifikasi (gambar 8 dan 9)
Gambar 28. Lengkung aorta pada perwakilan craniata dilihat dari sisi ventral. L:  batang aorta yang menuju ke tubuh bagian kiri;  P: lengkung pulmonaris (ke paru-paru); R: lengkung aorta ke tubuh bagian kanan; da: duktus arteriosus; duktus karotikus; ec external carotid artery; ic: internal carotid artery.

Berikut ini merupakan perkembangan arteri pada vertebrata :
-       Teleostei : Lengkung Aorta (LA) I dan LA II hilang, LA III-VI terputus di wilayah insang, arah aliran aorta dorsal ke belakang, aorta ventral ke depan.
-       Amphibi : LA I, II, dan V hilang, LA III arteri carotid communis, LA IV LA dexter dan LA sinister, LA VI arteri pulmonalis.
-       Reptil  : LA I, II, dan V hilang, LA III arteri carotid communis, LA IV LA dexter dan LA sinister, LA VI arteri pulmonalis.
-       Aves : LA I, II, dan V hilang, LA III arteri carotid communisinternal dan eksternal, LA IV LA dexter, LA VI arteri pulmonalis.
-       Mamalia : LA I, II, dan V hilang, LA III arteri carotid communis, LA IV LA sinister dan arteri subclavia, LA VI arteri pulmonalis.


No comments:

Post a Comment